Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waterproofing | Penjelasan Lengkap

Selamat Datang di Tahapan ID. Halaman ini merupakan ringkasan dari seluruh postingan yang membahas tentang waterproofing. Untuk informasi detail tentang waterproofing yang dicari, dapat anda mengunjungi setiap link yang kami sediakan.


Pengertian Waterproofing

waterproofing adalah sebuah usaha untuk melindungi bangunan dari masalah bocor dengan cara mengaplikasikan pelapis anti bocor ataupun membuat beton menjadi kedap air.

Material waterproofing yang digunakan sangat beragam, begitu juga dengan cara aplikasinya. Banyak cara yang dapat dilakukan.

Pada halaman ini, Tahapan ID hanya membahas secara garis besar tentang apa itu waterproofing. 

Untuk detailnya, bisa dibaca pada postingan pendukung halaman ini. Tinggal klik pada link yang disediakan, biasanya tulisan berwarna biru.


Jenis waterproofing

Jenis Waterproofing
Jenis waterproofing dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu : 

Waterproofing exposed 
Jenis waterproofing ini sudah tahan terhadap paparan sinar matahari sehingga bisa dibiarkan begitu saja setelah aplikasi. Tidak membutuhkan lapisan screed sebagai pelindung. 

Waterproofing non exposed 
Berlaku kebalikan dari exposed. Jenis waterproofing dalam kategori ini membutuhkan lapisan pelindung agar tidak terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. 

Berdasarkan jenis material yang digunakan, waterproofing dapat dibagi dalam beberapa bagian yaitu: 

Cara aplikasinya dapat dilakukan dengan kuas atau roll. Baik dengan cara vertikal, horizontal atau gabungan dari keduanya. 

Keuntungan utama menggunakan jenis waterproofing ini adalah cara aplikasi yang mudah dan harga yang terjangkau. Selain itu, material mudah didapatkan dan banyak pilihan produk.

Kekurangan utama produk ini adalah lapisan waterproof yang dihasilkan cenderung tipis dan mudah untuk dimanipulasi dosisnya. Ketelitian pekerja sangat mempengaruhi hasil pekerjaan ini.

Merupakan waterproofing dalam bentuk lembaran dengan bahan bitumen dan diaplikasikan dengan cara dibakar dengan alat khusus berupa torching. 

Membrane bakar banyak digunakan pada proyek gedung bertingkat atau perumahan menengah keatas.

Keunggulan utama membrane bakar adalah kekuatannya. Material lebih kuat dan ketebalan lapisan waterproof bisa seragam. Dosis pemakaian juga susah untuk dimanipulasi.

Kekurangan dari waterproofing membrane bakar adalah harga material cukup mahal. Apalagi untuk area yang kecil, harga akan semakin tinggi karena produk dijual dalam bentuk 10 meter. 

Sistem aplikasi juga cukup ribet karena menggunakan sistem bakar. Dibutuhkan tenaga kerja yang benar-benar berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Produk membrane bakar juga tidak tersedia bebas. Hanya toko tertentu yang menyediakan dan menjualnya.

Adalah upaya untuk mencegah beton mengalami bocor dengan cara membuat beton kedap air. 

Sistem aplikasi dicampur pada truk beton. Dibutuhkan kekompakan semua pekerja agar bisa mendapatkan beton yang tahan air. 

Berikut ini beberapa tips untuk memaksimalkan pekerjaan integral waterproofing :
  • Begisting cor tidak boleh bocor
  • Kualitas beton
  • Pemadatan beton saat pengecoran
  • Penuangan material integral harus sesuai dosis yang disepakati

Waterstop adalah material yang dipasang pada sambungan beton dengan tujuan menghalangi air mengalir melalui sambungan beton. 

Secara garis besar, ada 2 jenis waterstop yang paling banyak digunakan yaitu waterstop PVC dan swellable waterstop ( waterstop dodol ). Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu mencegah air meresap melalui sambungam beton.

Metode ini termasuk waterproofing coating, hanya saja menggunakan alat spray untuk melakukannya.

Untuk jenis waterproofing seperti ini cocok untuk area dinding dan atap dak. Material yang digunakan biasanya bersifat non eksposed.

 

Produk Waterproofing

Material Waterproofing

Produk waterproofing sangat beragam, bahkan sangat banyak. Secara perlahan, tahapan ID akan bahas satu persatu. 

Produk Yang satu ini sangat familiar. Bahkan hampir setiap toko material menjualnya. Ada banyak pilihan ukuran sesuai dengan kebutuhan. 

Aquaproof sangat cocok untuj area dinding luar. Jika ingin mendapatkan lapisan waterproof yang lebih kuat, dapat dikombinasikan dengan kain kassa atau serat fiber.

Selain itu, aquaproof sudah mengeluarkan produk membrane untuk melengkapi jenis material yang mereka pasarkan.

Produk Waterproofing jenis sika sangat beragam. Mulai dari membrane bakar, waterproofing coating, integral, waterstop, dan material injeksi beton. 

Berikut ini Produk Sika yang sudah Tahapan ID bahas : 

Sikalastic 560 
Sangat mirip dengan sikalastic 590, tapi lebih murah. Material satu komponen ini sangat cocok untuk atap dak dan balkon.
Mungkin ini adalah next generasi dari sikalastic 560. Sama-sama material satu komponen dan termasuk waterproofing exposed sehingga bisa dipasang pada area terbuka. 
Waterproofing dua komponen yang sangat cocok untuk area kamar mandi, ground tank dan penampungan air lainnya. Material ini membutuhkan lapisan pelindung agar tidak terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.
Bingung juga, sika banyak mengeluarkan produk yang mirip. Sikacoat dapat dipasang pada area terbuka. Kalau dari harga, sikacoat cenderung lebih murah dari sikalastic.
Hampir sama dengan sikacoat. Material ini sangat banyak di toko bahan bangunan.

Tidak mau kalah dari Sika, Fosroc juga banyak menyediakan produk agar bangunan tidak mengalami masalah bocor.  Salah satu produk yang diandalkan adalah Brushbond Flex.

Selain itu, terdapat juga material membrane bakar, epoxy lantai dan injeksi beton. Saya pemasaran mereka tidak menyasar toko bahan bangunan sehingga material fosroc cukup sulit untuk ditemukan.

Tidak seperti produsen yang lain. Damdex memiliki produk yang terbatas. Namun, produknya sangat multi fungsi. 

Damdex dapat digunakan sebagai waterproofing, waterplug dan sebagai campuran meningkatkan mutu beton.

Damdex memiliki berbagai ukuran dan warna. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Produk ini dapat ditemukan hampir diseluruh toko bahan bangunan. 

No drop memiliki produk yang sangat bisa diandalkan. Tahapan ID sudah membahasnya dalam postingan lainnya. Silahkan baca melalui link yang tersedia.

Cat no drop sangat baik digunakan sebagai lapisan pelindung agar bangunan tidak mengalami masalah bocor. Dengan berbagai warna yang menarik sehingga rumah anda akan tampak lebih menarik.

Produk ini cukup laris dan tersedia di setiap toko bahan bangunan. Harga cukup ekonomis dibandingkan dengan produk lainnya.

Walau lebih terkenal dengan material epoxy, BASF juga banyak memproduksi material waterproofing dan concrete repair lainnya.

Banyak produk waterproofing yang bisa didapatkan antara lain : membrane bakar, coating, integral dan waterstop.

Salah satu cat anti bocor yang banyak terdapat di ACE HARDWARE. Produk ini cukup diunggulkan oleh mereka.

Cara Pemasangan Waterproofing 

Tahapan ID sudah banyak membahas yang satu ini, mulai dari cara agar atap dak tidak bocor, cara pemasangan waterproofing membrane bakar, waterproofing coating dan lainnya.Silahkan baca sesuai link yang tersedia pada halaman ini. 

Jasa Waterproofing

Tahapan id melayani berbagai jasa pemasangan waterproofing antara lain : Jasa Membrane Bakar, Waterproofing Coating, Jasa Aplikasi Integral dan waterstop, Jasa Floor Hardener, Jasa Injeksi Beton. 

Silahkan hubungi Tahapan ID melalui tombol whatsapp yang tersedia untuk informasi detail produk dan layanan gratis melalui chat konsultasi seputar produk waterproofing.

Harga Waterproofing

Kalau bahas harga waterproofing, sedikit agak harus hati-hati karena banyak hal yang mempengaruhinya. 

Mulai dari jenis matetial yang digunakan, lokasi pemasangan, tingkat kesulitan dan lokasi proyek yang akan dikerjakan.

Sebagai tips agar mendapatkan harga waterproofing murah, sebaiknya pilih aplikator waterproofing yang paling dekat dengan lokasi yang akan dikerjakan. 

Selain itu, tanyakan rekomendasi beberapa harga waterproofing sesuai dengan jenisnya.

Jika diperlukan, sebaiknya minta survey lokasi terlebih dahulu untuk mendapatkan harga waterproofing sesuai dengan daerah masing-masing.

Silahkan hubungi kami melalui tombol whatsapp yang kami sediakan untuk mendapatkan estimasi harga waterproofing. Kami memberikan layanan chat gratis konsultasi seputar produk waterproofing.

Alat Waterproofing Yang Perlu dipersiapkan

Hal yang sangat penting untuk dipersiapkan saat ingin melakukan pekerjaan, termasuk juga saat aplikasi waterproofing. 

Berikut ini alat yang sering digunakan dalam pekerjaan waterproofing 

Torching waterproofing digunakan sebagai alat bakar pada proses pemasangan membrane bakar. 

Mesin Gerinda
Ada dua jenis ukuran mesin gerinda yang sering digunakan yaitu 2 inch dan 4 inch. Gerinda digunakan untuk mengupas permukaan beton yang akan dipasang waterproofing atau untuk memotong besi atau benda lainnya yang mungkin mengganggu atau mempengaruhi keberhasilan pemasangan waterproofing.

Mixer 
Mixer digunakan untuk mengaduk material waterproofing agar tercampur sempurna dan homogen. 
  • Kabel Roll 
  • Palu Pahat 
  • Jack hammer drill
  • Kuas
  • Kuas roller
  • Lakban kertas
  • Ember besar dan kecil
  • APD ( helm, sepatu, kacama bening dan lain sebagainya )
  • Sarung tangan karet
  • Sarung tangan kain

Area Pemasangan Waterproofing

Sangat penting untuk diperhatikan karena area berikut ini sering menyebabkan masalah bocor. Untuk mencegahnya diperlukan pemasangan lapisan anti bocor. 

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan biaya ekonomis, kita harus mengetahui jenis material yang tepat sesuai dengan lokasi yang dipasang material anti bocor.

Berikut ini bagian bangunan yang membutuhkan waterproofing sebagai pelindung agar terhindar dari masalah bocor.

Karena terhubung dengan air dan tanah, basement memerlukan perlindungan khusus agar tidak mengalami bocor.

Banyak jenis waterproofing yang bisa digunakan pada area basement seperti : integral, waterstop dan membrane bakar.

Pemilihan jenis material waterproofing harus benar-benar diperhatikan untuk area ini karena basement merupakan area yang paling rentan mengalami masalah bocor.

Sangat banyak produk waterproofing yang dapat dipasang pada area atap dak. Mulai dari jenis membrane bakar, coating dan spray. Pilih produk sesuai kebutuhan.

Jenis Waterproofing atap dak sangat beraneka ragam. Ada yang exposed dan ada juga yang non exposed. Pelapis anti bocor yang di rekomendasikan dapat berupa membrane bakar dan waterproof jenis coating.

Area ini membutuhkan waterproofing exposed. Waterproofing coating lebih direkomendasikan untuk dipasang. 

Dari segi cara pemasangan lebih mudah dan harga material lebih terjangkau dibandingkan dengan membrane bakar.

Ground Tank
Stp, GWT dan penampungan air dalam tanah lainnya sangat membutuhkan waterproofing. Apalagi untuk bak penampungan air bersih, harus dipastikan air tanah tidak masuk.

Jenis waterproofing yang digunakan dapat berupa integral, waterstop, membrane bakar dan bahkan coating. Pastikan setiap sisi ground tank dipasang pelapis anti bocor. Baik itu sisi dalam ataupun luar.

Pemasangan waterproofing pada sisi luar bertujuan agar air tanah tidak masuk kedalam, sedangkan pemasangan pada sisi dalam bertujuan untuk mencegah air yang ada didalam bak penampungan tidak mengalir keluar.

Kamar mandi memiliki intensitas yang tinggi dan selalu terhubung dengan air. Oleh sebab itulah sangat membutuhkan matetial pelapis anti boor untuk melindunginya. 

Balkon
Lokasi cenderung lebih kecil dari atap dak. Tapi area ini tetap membutuhkan waterproofing. Pilih jenis pelapis anti bocor dua komponen untuk mendapatkan harga waterproofing yang lebih ekonomis.

Sambungan Beton
Perlu diketahui, area ini sangat membutuhkan material yang bisa menghalangi air mengalir kedalamnya. Waterstop merupakan salah satu material waterproofing yang paling tepat untuk area sambungan beton.

Sambungan beton akan sangat mudah bocor dan dilewati air jika tidak terpasang material waterproofing. Celah antara sambungan beton inilah yang membuat beton menjadi sangat rentan mengalami bocor. Baik itu sambungan beton pada basement ataupun atap dak.

Kolam Renang dan Kolam Ikan
Area ini selalu terisi air penuh. Oleh sebab itulah, diperlukan waterproofing sebagai pencegah bocor. 

Banyak pelapis anti bocor yang dapat dipasang pada kolam renang. Misalnya waterproofing coating, membrane bakar, integral, waterstop bahkan hampir semua jenis waterproofing non eksposed cocok untuk area ini.

Tips dan Trik Seputar Waterproofing

Bukan hanya material waterproofing saja yang harus berkualitas baik, ada beberapa poin pekerjaan yang dapat dilakukan untuk membantu agar hasil pekerjaan waterproofing menjadi lebih baik. 

Demi mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan waterproofing, perlu diadakan persiapan lokasi yang akan dikerjakan. 

Perbaiki area beton yang rusak dan pastikan area bebas dari debu, minyak dan sisa-sisa material yang tidak terpakai.

Pada area keropos, sebaiknya dilakukan pembobokan serta perbaikan sebelum dipasang waterproofing. Tindakan ini untuk memperkecil resiko bocor dikemudian hari.

Untuk area retak, sebaiknya lakukan injeksi atau lakukan cutting pada retakan kemudiam ditambal menggunakan material berbahan epoxy ataupun waterproofing.

Selain itu, pastikan area yang akan dilapisi waterproof benar-benar bersih. Tidak ada bekas adukan, debu, minyak dan air. 

Semakin baik persiapan lokasi yang akan di aplikasi, maka hasil pelapisan waterproof akan semakin baik. Berlaku sebaliknya. 

Saat melakukan pekerjaan waterproofing, pastikan area sudut pertemuan dinding dan lantai ditutup dengan campuran semen dan pasir. Area ini memerlukan perlakuan khusus untuk mencegah masalah bocor.

Champer dapat berupa campuran semen dan pasir atau bisa juga menggunakan mortar yang mengandung bahan epoxy. 

Pada pekerjaan waterproofing membrane bakar, diperlukan primer waterproofing. Tahap ini termasuk langkah persiapan yang harus dilakukan sebelum pembakaran membrane. 

Untuk memastikan waterproofing yang sudah terpasang bekerja dengan baik, harus dilakukan pengujian. Test rendam merupakan salah satu cara untuk memastikan waterproofing sudah bekerja secara maksimal.

Tags : Waterproofing, coating, aquaproof, sika, pelapis anti bocor, waterproofing adalah,waterproof, membrane bakar,  fosroc, BASF, damdex, jenis waterproofing, integral, waterstop, no drop, harga waterproofing, pengertian waterproofing, produk waterproofing, material waterproofing, membrane bakar.