Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Primer Pada waterproofing Membrane Bakar

Fungsi-Primer-Membrane-Bakar

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas tentang waterproofing membrane bakar. Salah satu item pekerjaannya ada aplikasi primer. Rasanya kurang lengkap, jadi saya buatkan artikel terpisah tentang fungsi primer membrane bakar.


Bagi yang belum paham tentang membrane bakar, bisa baca melalui postingan ini : Waterproofing Membrane Bakar

Fungsi Primer Membrane Bakar

Primer adalah jenis jenis waterproofing berbahan bitumen. Dengan ciri khas warna hitam pekat. Primer berfungsi sebagai perekat antara membrane dan beton. 


Bukan itu saja, primer berfungsi sebagai penutup retak beton yang akan di aplikasi membrane bakar. Sangat jelas sekali bahwa primer ini sangat penting untuk diaplikasikan.


Ada dua jenis primer, yaitu water base dan ada juga yang bisa dicampur dengan bensin. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Tapi saya lebih menyukai primer yang berjenis water base karena bahan pencampurnya bisa menggunakan air. Jadi tidak berbahaya. 


Berbeda dengan primer yang menggunakan bahan campuran bensin atau sejenisnya. Sangat berbahaya jika diaplikasi dalam ruangan tertutup. Apalagi saat membakar membrane menggunakan api yang besar.


Jika kurang hati-hati atau primer belum kering dengan kadar bensin yang masih tinggi akan menjadi mudah terbakar.


Sebagai aplikator waterproofing, kadang harus sedikit bisa berkreasi memanfaatkan material yang tersedia untuk memaksimalkan hasil pekerjaan. Salah satunya Primer ini. Saya sering memanfaatkannya untuk menutup retakan beton.


Biasanya, ada saja bagian beton yang retak dan segera akan di aplikasi membrane bakar. Untuk memperkecil resiko kebocoran, biasanya saya memperbaiki area retak tersebut dengan mengucurkan primer ke retakan dan membiarkan material tersebut meresap ke dalam retakannya.


Jika diperlukan, cutting sedikit biar lebih mudah untuk penuangan primer. Kalau di cutting, maka dapat dipastikan material pasti masuk dan menutup retakan dengan sempurna. 


Selain area yang retak, primer sebaiknya diaplikasikan lebih tebal pada area sudut pertemuan lantai dan dinding. Area ini selalu dibuatkan champer sebelum aplikasi membrane bakar. Untuk hasil yang lebih baik, aplikasikan primer lebih tebal pada area tersebut. Jika diperlukan, aplikasikan sebanyak 2 kali.


Area tempat pembuangan air atau full drain juga penting diaplikasikan primer menjadi lebih tebal. Mengingat area ini paling sering mengalami masalah bocor. Alih-alih memperkuat lapisan waterproofing, tidak ada salahnya jika area full drain dibuat perlakuan khusus.

Tips Aplikasi Primer Membrane

Sebelum memutuskan untuk melakukan primer pada lokasi waterproofing, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal :

  1. Pastikan lokasi sudah bersih. Bebas dari air, debu, sisa beton, minyak dan sampah yang bisa mempengaruhi hasil pekerjaan waterproofing

  2. Kerusakan beton harus sudah diperbaiki. Misalnya area yang retak, keropos ataupun berlubang.

  3. Sudut pertemuan lantai dan dinding sudah dibuatkan champer

  4. Perhatikan tingkat kemiringan lantai, usahakan lantai memiliki kemiringan yang cukup sehingga air hujan bisa langsung mengalir ke area full drain.

  5. Jika banyak pemasangan pipa yang tertanam di beton, biasanya area toilet. Sebaiknya aplikasikan primer menjadi lebih tebal dan berikan perhatian khusus pada area tersebut. Misalnya pembakaran membrane secara hati-hati dan lakukan pengecekan ulang. Karena area yang banyak terpasang pisa sering menjadi bagian bangunan yang sering mengalami masalah bocor.


Walau singkat, saya rasa cukup jelas fungsi dari primer membrane bakar sangat penting dalam proses pemasangan waterproofing membrane bakar.


Untuk pembelian primer waterproofing yang sudah dibahas, terdapat di Tokopedia. Kami merekomendasikan Marketplace ini karena tersedia berbagai promo yang menarik. Mulai dari cashback, gratis ongkos kirim bahkan discount untuk produk tertentu.


Saat belanja di Tokopedia, pastikan chat pemilik toko terlebih dahulu untuk memastikan stok barang dan waktu pengiriman sampai material waterproofing anda terima.