Mengatasi Tantangan Kelembaban | Panduan Lengkap Mengenai Waterproofing Coating

Beranda
waterproofing Coating
Mengatasi Tantangan Kelembaban | Panduan Lengkap Mengenai Waterproofing Coating
Waterproofing Coating | Versi Tahapan ID
Banyak cara untuk melindungi bangunan agar tidak terjadi bocor. Salah satunya adalah mengaplikasikan waterproofing.

Pelapis anti bocor jenis ini sangat mudah diaplikasikan. Baik menggunakan kuas ataupun roll. Produk Waterproof ini juga sangat beragam, baik satu ataupun dua komponen. Ada juga yang tahan terhadap sinar UV ataupun tidak. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas jenis waterproofing yang satu ini.

Pengertian Waterproofing Coating

Waterproofing Coating
Waterproofing coating adalah suatu sistem perlindungan bangunan yang dirancang khusus untuk mencegah penetrasi air ke dalam struktur. Konsep dasar di balik waterproofing coating adalah menciptakan lapisan yang tahan air, mengisolasi bangunan dari dampak buruk air hujan, kelembaban tanah, atau air permukaan.

Tujuan utama dari penggunaan waterproofing coating adalah menjaga keutuhan struktural bangunan, mencegah korosi, dan mengurangi risiko kerusakan akibat kelembaban.

Ketahanan terhadap air merupakan elemen kunci dalam konstruksi, terutama pada elemen-elemen seperti dinding, atap, dan lantai yang rentan terhadap penetrasi air.

Waterproofing coating tidak hanya menghindari masuknya air, tetapi juga membantu melindungi material konstruksi dari efek negatif kelembaban, seperti pertumbuhan jamur atau kerusakan struktural akibat pembekuan dan pencairan air.

Waterproofing coating dapat diterapkan pada berbagai tipe bangunan, termasuk rumah tinggal, gedung perkantoran, pabrik, dan infrastruktur seperti jembatan atau terowongan.

Keunggulan penggunaan waterproofing coating melibatkan peningkatan umur bangunan, pengurangan biaya perawatan, dan memastikan kenyamanan penghuni atau pengguna bangunan dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan demikian, waterproofing coating bukan hanya investasi dalam perlindungan bangunan, tetapi juga langkah proaktif untuk mempertahankan nilai dan fungsi bangunan.

Baca juga : Daftar Material Waterproofing

Jenis Waterproofing Coating

Terdapat beragam jenis waterproofing coating, masing-masing dirancang dengan karakteristik khusus untuk memenuhi kebutuhan dan kondisi bangunan yang berbeda.

Pemilihan jenis coating harus didasarkan pada faktor seperti tipe struktur, lokasi geografis, dan jenis material konstruksi. Berikut adalah beberapa jenis utama:

Bitumen Coating

Merupakan salah satu jenis yang umum digunakan. Bitumen, bahan dasar dari aspal, memberikan ketahanan tinggi terhadap air. Coating ini sering digunakan pada atap, dinding bawah tanah, dan fondasi.

Acrylic Coating

Cocok untuk aplikasi di berbagai permukaan, termasuk beton, kayu, dan logam. Acrylic coating memberikan lapisan elastis yang tahan cuaca baik, sehingga cocok untuk iklim yang berubah-ubah.

Polyurethane Coating

Dikenal karena fleksibilitasnya yang tinggi. Polyurethane coating cocok untuk permukaan yang mengalami pergerakan atau ekspansi, seperti atap dan dinding.

Epoxy Coating

Umumnya digunakan untuk lantai atau permukaan horizontal lainnya. Epoxy coating menawarkan ketahanan tinggi terhadap air dan bahan kimia, membuatnya ideal untuk area dengan risiko tumpahan cairan.

Cementitious Coating

Berbahan dasar semen, coating ini efektif untuk melindungi beton. Cocok untuk struktur bawah tanah dan dinding retakan.

Setiap jenis waterproofing coating memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu, dan pemilihan yang tepat sangat penting. Memahami karakteristik setiap jenis membantu memastikan bahwa lapisan pelindung yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan spesifik bangunan dan lingkungan sekitarnya.


Keunggulan Waterproofing Coating

Waterproofing coating menawarkan sejumlah keunggulan yang krusial untuk mempertahankan integritas dan daya tahan bangunan terhadap pengaruh air. Beberapa keunggulan utama melibatkan:

Tahan Air

Keunggulan utama dari waterproofing coating adalah kemampuannya untuk mencegah masuknya air ke dalam struktur bangunan. Hal ini melibatkan pembentukan lapisan yang rapat dan tahan terhadap penetrasi air hujan atau kelembaban tanah, menghindari risiko kerusakan akibat air.

Fleksibilitas

Beberapa jenis coating, seperti polyurethane dan acrylic, menawarkan tingkat elastisitas yang tinggi. Ini memungkinkan lapisan untuk menyesuaikan diri dengan pergerakan struktural dan perubahan suhu, menghindari retak atau pecah.

Daya Tahan Cuaca

Waterproofing coating dirancang untuk menghadapi ekstremitas cuaca. Mereka mampu melindungi bangunan dari dampak buruk sinar UV, hujan deras, angin kencang, dan perubahan suhu ekstrem.

Perlindungan Material Konstruksi

Coating ini bukan hanya melindungi bangunan dari air, tetapi juga membantu menjaga integritas material konstruksi. Ini termasuk mengurangi risiko korosi pada logam, pembengkokan pada kayu, atau pembentukan retak pada beton.

Peningkatan Umur Bangunan

Dengan efektivitas dalam mencegah kerusakan akibat air, penggunaan waterproofing coating dapat signifikan memperpanjang umur bangunan. Ini mengurangi biaya perawatan jangka panjang dan memastikan keberlanjutan fungsi bangunan.

Keunggulan-keunggulan ini membuat waterproofing coating menjadi langkah proaktif yang tidak hanya melindungi investasi properti tetapi juga memastikan keamanan dan kenyamanan penghuni atau pengguna bangunan dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan menjaga bangunan dari dampak buruk air, waterproofing coating menjadi investasi yang strategis dalam pemeliharaan dan perawatan properti.


Persiapan Lokasi Sebelum Aplikasi

Persiapan lokasi sebelum aplikasi waterproofing coating merupakan tahap krusial untuk memastikan hasil yang optimal.

Langkah-langkah ini tidak hanya memastikan adherensi yang baik antara lapisan dan permukaan bangunan tetapi juga membantu mengidentifikasi dan menangani masalah potensial.

Berikut adalah beberapa aspek persiapan yang perlu diperhatikan:

Pembersihan Permukaan

Sebelum mengaplikasikan coating, permukaan bangunan harus dibersihkan secara menyeluruh dari debu, kotoran, dan residu lainnya. Pembersihan intensif memastikan adhesi yang baik dan menghilangkan faktor-faktor yang dapat mengganggu proses aplikasi.

Perbaikan Retak dan Kerusakan

Identifikasi serta perbaikan retak atau kerusakan pada permukaan bangunan sangat penting. Retak kecil dapat menjadi jalur bagi air masuk, sehingga perlu diisi atau diperbaiki sebelum aplikasi coating. Pada tahap ini, pemeriksaan struktur lebih lanjut dapat mengidentifikasi kerusakan potensial yang memerlukan perbaikan.

Pengaplikasian Primer

Penggunaan primer sebelum lapisan waterproofing coating dapat meningkatkan daya lekat dan efektivitas coating. Primer membantu meratakan permukaan dan meningkatkan penyerapan coating, sehingga hasilnya lebih tahan lama.

Pertimbangan Cuaca

Cuaca dapat memengaruhi proses aplikasi. Idealnya, aplikasi dilakukan pada hari yang kering dan bebas hujan. Kelembaban atau curah hujan dapat mengganggu adherensi dan kualitas akhir lapisan.

Pemantauan Drainase

Pastikan sistem drainase berfungsi dengan baik. Air yang terjebak atau menggenang dapat mengurangi efektivitas waterproofing coating. Pemantauan sistem drainase membantu memastikan air dapat dialirkan dengan baik.

Persiapan yang cermat sebelum aplikasi waterproofing coating adalah kunci keberhasilan dalam melindungi bangunan dari masalah yang terkait dengan kelembaban. Dengan memprioritaskan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan efektivitas dan daya tahan lapisan pelindung, serta memperpanjang umur bangunan secara keseluruhan.


Alat Kerja Pekerjaan Waterproofing

Alat kerja waterproofing coating
Memastikan pemilihan dan penggunaan alat yang tepat dalam pekerjaan waterproofing merupakan langkah penting untuk mencapai hasil yang berkualitas. Alat-alat ini tidak hanya mempermudah proses aplikasi tetapi juga memberikan kontrol yang baik dalam mendistribusikan coating secara merata.

Berikut adalah beberapa alat kerja yang umum digunakan dalam pekerjaan waterproofing:

Sikat atau Kuas

Sikat atau kuas digunakan untuk mengaplikasikan coating pada permukaan bangunan. Pemilihan sikat harus sesuai dengan jenis dan tekstur coating yang digunakan, memastikan lapisan meresap dengan baik.

Rol

Rol dapat digunakan untuk aplikasi pada permukaan yang lebih besar, seperti dinding atau atap. Rol yang dirancang khusus untuk waterproofing coating membantu menciptakan lapisan yang merata dan tipis.

Sprayer atau Semprotan

Sprayer dapat mempercepat proses aplikasi, terutama pada proyek dengan area besar. Penggunaan semprotan memungkinkan distribusi coating secara cepat dan konsisten.

Alat Aplikator Khusus

Beberapa jenis coating mungkin memerlukan alat aplikator khusus, seperti spatula atau alat pengecatan khusus. Pastikan untuk memahami persyaratan khusus setiap jenis coating yang digunakan.

Peralatan Pengukur

Alat pengukur, seperti meteran atau alat pengukur ketebalan lapisan, membantu memastikan bahwa coating diterapkan sesuai dengan rekomendasi produsen. Ketebalan yang konsisten penting untuk mencapai kinerja yang diinginkan.

Pelindung Diri dan Pakaian

Termasuk dalam alat kerja adalah perlindungan diri yang mencakup penggunaan pakaian pelindung, sarung tangan, dan kacamata. Beberapa jenis coating dapat bersifat kimia, sehingga perlindungan diri sangat penting untuk keselamatan pekerja.

Pemilihan alat yang sesuai dan pemahaman tentang cara menggunakan mereka dengan efektif dapat mempercepat proses aplikasi, mengoptimalkan penggunaan coating, dan menghasilkan lapisan yang tahan lama.

Memastikan bahwa pekerja dilengkapi dengan alat yang tepat juga menjadi faktor kunci dalam mencapai hasil yang berkualitas dalam proyek waterproofing.


Cara Aplikasi Waterproofing Coating

Proses aplikasi waterproofing coating memerlukan perhatian khusus untuk memastikan hasil yang efektif dan tahan lama.

Langkah-langkah berikut membantu memandu cara aplikasi coating dengan benar

Pemilihan Cuaca yang Tepat

Aplikasi sebaiknya dilakukan pada cuaca kering dan cerah. Kelembaban atau hujan dapat mempengaruhi kemampuan lapisan untuk mengering dan menempel dengan baik.

Pembersihan Permukaan

Bersihkan permukaan bangunan dari debu, kotoran, dan kontaminan lainnya. Pastikan permukaan kering sebelum memulai aplikasi.

Pengaplikasian Primer

Jika direkomendasikan, aplikasikan primer sesuai petunjuk produsen. Primer membantu meningkatkan daya lekat dan penyerapan coating.

Aplikasi Lapisan Pertama

Mulailah aplikasi dengan menggulung atau menyikat lapisan pertama coating. Pastikan distribusi merata dan perhatikan ketebalan lapisan sesuai rekomendasi produsen.

Waktu Pengeringan

Biarkan lapisan pertama mengering sepenuhnya sebelum mengaplikasikan lapisan berikutnya. Waktu pengeringan dapat bervariasi tergantung pada jenis coating dan kondisi cuaca.

Aplikasi Lapisan Berikutnya

Lanjutkan proses aplikasi dengan mengaplikasikan lapisan berikutnya sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan. Pastikan untuk mencapai ketebalan yang diinginkan.

Pemantauan Ketebalan

Gunakan alat pengukur ketebalan untuk memastikan bahwa lapisan mencapai ketebalan yang diinginkan. Ketebalan yang konsisten penting untuk kinerja coating yang optimal.

Periksa Retakan atau Kekurangan

Setelah aplikasi selesai, periksa apakah ada retakan atau area yang terlewat. Retakan dapat menyebabkan masalah di masa mendatang dan harus segera diperbaiki.

Pemantauan Proses Pengeringan

Amati proses pengeringan dengan cermat. Hindari paparan air atau kondisi cuaca yang dapat mengganggu proses pengeringan.

Pemeliharaan Rutin

Setelah aplikasi selesai, lakukan pemeliharaan rutin sesuai dengan petunjuk produsen. Ini dapat melibatkan pembersihan permukaan secara berkala atau pemeriksaan periodik.

Memahami dan mengikuti langkah-langkah ini secara hati-hati membantu memastikan bahwa waterproofing coating diterapkan dengan benar, meningkatkan daya tahan bangunan terhadap air, dan memberikan perlindungan jangka panjang.


Produk Waterproofing Coating

Dalam dunia konstruksi, jumlah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis cat pelapis anti bocor yang dapat diaplikasi dengan metode coating semakin melimpah. Oleh karena itu, menjadi penting untuk membuat pilihan yang tepat saat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kami telah menyusun daftar produk Waterproofing Coating yang sering digunakan dalam industri konstruksi, sehingga Anda dapat membandingkan dan memilih produk yang paling sesuai dengan desain dan tujuan Anda. Berikut adalah beberapa produk Waterproofing yang paling populer menurut Tahapan ID.

Dengan menggunakan daftar ini sebagai panduan, Anda dapat memperoleh informasi yang lebih baik tentang produk-produk terbaik yang ada di pasaran, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dalam proyek konstruksi Anda.

Produk Waterproofing Sika

waterproofing coating sika

Ketika kita berbicara tentang pelapis anti bocor, tidak lengkap tanpa mengenal produk-produk dari Sika.

Saat ini, tersedia puluhan jenis Waterproofing Sika yang beredar di pasaran. Kami akan membahas tiga jenis sebagai rekomendasi dari kami untuk melindungi bangunan Anda dari masalah kebocoran.

Berikut adalah beberapa jenis produk Waterproofing Coating Sika yang bisa menjadi solusi untuk bangunan Anda:

Sikatop 107

Sikatop 107 adalah bahan dua komponen yang terdiri dari cairan dan bubuk semen. Produk ini sering digunakan dalam proyek konstruksi, termasuk gedung bertingkat dan rumah tinggal.

Sikatop 107 sangat populer di area toilet dan kamar mandi karena aplikasinya yang sangat mudah, cocok untuk area dengan banyak instalasi pipa.

Baca juga :

Sikatop adalah contoh yang baik dari material Waterproofing Coating yang terjangkau dengan berbagai keunggulan. Anda dapat membaca pembahasan lengkap tentang Sikatop 107 melalui tautan di atas.

Sika Raintite

Produk Waterproofing Coating ini sering digunakan pada dinding luar bangunan yang membutuhkan perlindungan dari kebocoran.

Meskipun harganya terjangkau, Sika Raintite menawarkan kualitas yang baik untuk melindungi dinding dari masalah kebocoran. Informasi lebih lanjut bisa ditemukan di tautan yang telah disediakan.

Baca juga:Sika Raintite

Sikalastic 560

Sikalastic 560 memiliki penggunaan yang serupa dengan Sika Raintite, tetapi dengan kualitas material yang lebih tinggi.

Produk ini cenderung digunakan pada area lantai atap dak. Jika Anda mencari informasi lebih lanjut, kami merekomendasikan membaca artikel berikut : Sikalastic 590 Deck Seal

Sika Coat

Sika Coat sangat cocok untuk aplikasi pada dinding luar. Harganya lebih ekonomis, memiliki sistem aplikasi yang mudah, dan dosis pemakaian material yang irit, dengan hanya 0,3 kg/m² untuk satu lapisan.

Produk ini juga dapat dicampur dengan air untuk lapisan primer, sehingga lebih efisien dalam penggunaan material.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Sika Coat, silakan baca detailnya melalui artikel yang telah kami sediakan tentang Keunggulan Sika Coat.

Baca juga :Keunggulan Sika Coat

Dengan informasi ini, Anda dapat memilih produk Waterproofing Coating Sika yang paling sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi Anda.

Waterproofing Fosroc

waterproofing coating fosroc

Fosroc adalah salah satu produsen terkemuka yang dikenal dengan kualitas pelapis anti bocor yang sangat baik. Mereka menyediakan beragam jenis produk Waterproofing Coating, epoxy, dan berbagai produk lainnya yang cocok untuk berbagai kebutuhan konstruksi.

Salah satu produk unggulan dari Fosroc yang sering digunakan adalah Brushbond. Brushbond hadir dalam dua jenis, yaitu Brushbond Flex dan Brushbond Grey. Kedua jenis ini memiliki fungsi yang sama, namun Brushbond Flex memiliki keunggulan tertentu.

Brushbond Flex direkomendasikan untuk area seperti atap, kolam renang, balkon, STP (Sewage Treatment Plant), GWT (Ground Water Tank), dan berbagai jenis penampungan air lainnya.

Sementara, Brushbond Grey Lebih sering digunakan pada area seperti toilet dan kamar mandi. Dari segi harga, Brushbond Grey lebih ekonomis, sesuai dengan kualitasnya yang lebih rendah dibandingkan dengan brushbond flex.Selain itu, untuk meningkatkan kekuatan material Waterproofing, brushbond flex dapat digunakan dengan material tambahan seperti kain kasa dan serat fiber. Dengan penambahan material ini, Brushbond Flex dapat memberikan kekuatan yang setara dengan membrane bakar.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai keunggulan dan aplikasi produk ini, Anda dapat membaca artikel detailnya melalui tautan yang telah kami sediakan tentang Keunggulan Brushbond Flex

Baca juga : Keunggulan Brushbond Flex

Dengan pilihan produk berkualitas dari Fosroc, Anda dapat menjaga bangunan Anda terlindungi dari risiko kebocoran air.

Waterproofing BASF

Material waterproofing coating by basf

BASF merupakan salah satu produsen material Waterproofing Coating yang sangat dihormati. Produk unggulannya adalah Masterseal 555, yang memiliki beberapa keunggulan luar biasa.

Jenis Waterproofing ini adalah formula dua komponen yang istimewa karena memiliki elastisitas yang tinggi, daya rekat yang kuat, dan menghasilkan permukaan yang halus.

Masterseal 555 sangat efektif untuk menutup retakan dengan lebar hingga 2 mm. Ini dapat diaplikasikan pada beton yang masih dalam kondisi segar dan melekat dengan baik pada setiap permukaan beton.

Keunggulan lainnya adalah kemampuan untuk diaplikasikan tanpa sambungan. Untuk memperkuat lapisan, Anda dapat menggabungkannya dengan kain kasa atau serat fiber.

Masterseal 555 terbuat dari bahan resin sintetis dan semen khusus yang membuatnya sangat cocok untuk aplikasi pada berbagai area, termasuk atap dak, bak air, kolam renang, balkon, dapur, dan kamar mandi.

Dosis pemakaiannya berkisar antara 1,8 hingga 2 kg/m² untuk dua kali pelapisan. Produk ini tersedia dalam satu set dengan total berat 45 kg, terdiri dari Bagian A seberat 20 kg dan Bagian B seberat 25 kg.

Dengan menggunakan materi tahan air dari BASF seperti Masterseal 555, Anda dapat memastikan perlindungan maksimal untuk bangunan Anda dan mencegah kebocoran air yang merugikan.

No Drop By Avian Paint

Cat pelapis anti bocor no drop

No Drop merupakan cat yang bisa digunakan sebagai waterproofing. Cat pelapis anti bocor yang satu ini bisa digunakan untuk dinding luar. Dengan berbagai warna yang menarik serta banyak pilihan. Wajar saja kalau No drop banyak yang menggunakannya. No Drop dapat diaplikasikan tanpa lapisan pelindung seperti waterproofing coating ekspose lainnya. Banyak keunggulan yang ditawarkan. Misalnya sudah tahan air, tahan cuaca buruk, memiliki tingkat elastis yang cukup baik, tahan lama, kuat, cara penggunaan yang mudah dan tak kalah penting masalah warna yang sangat beragam sehingga bisa menyesuaikan dengan desain warna bangunan. Tahapan ID sudah membahas versi lengkapnya secara terpisah.
Silahkan baca Melalui artikel berikut : No Drop | Cat Pelapis Anti Bocor

Aquaproof

Solusi Bangunan Bebas Bocor memakai waterproofing coating

Aquaproof salah satu cat pelapis anti bocor yang sangat mudah didapatkan. Hampir semua toko bahan bangunan menjual produk yang satu ini. Dengan keunggulan memiliki daya rekat yang sangat baik, tahan sinar matahari dan sangat mudah diaplikasikan. Sangat direkomendasikan untuk area dinding luar karena material bersifat sebagai waterproofing. Kemasan produk juga sangat beragam, mulai dari ukuran 1kg sampai dengan 20 kg. Jadi bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih detailnya, Tahapan ID sudah membuat postingan terpisah tentang produk ini. Silahkan Baca melalui postingan berikut :



Area Aplikasi Material Waterproofing Coating


Pada bagian atas artikel ini, admin sudah menyebutkan beberapa jenis coating yang dapat anda gunakan.

Pada bagian ini, admin akan menjelaskan jenis yang tepat sesuai dengan lokasi yang akan aplikasi. Yuk kita simak penjelasannya.

Atap Dak

Bagian atap dak sangat sering mengalami masalah bocor, terutama saat musim hujan. Oleh sebab itulah bagian ini sangat memerlukan cat pelapis anti bocor untuk dak beton.

Ada dua jenis yang dapat anda jadikan pilihan untuk atap dak beton yaitu coating dan membrane bakar. Untuk jenis membrane bakar sudah admin bahas pada postingan sebelumnya. Dan bisa anda lihat pada link yang telah disediakan.

Sedangkan untuk waterproofing coating, anda dapat memilih jenis coating yang tahan terhadap sinar matahari ataupun tidak.

Karena atap dak merupakan salah bagian bagian bangunan yang sangat berisiko mengalami masalah bocor, sebaiknya anda memakai material tambahan untuk menambah kekuatan saat memilih coating.

Gunakan kain kasa ataupun serat fiber sebagai bahan tambahan untuk memperkuat cat pelapis anti bocor untuk dak beton.

Toilet dan kamar Mandi

Area kamar mandi dan toilet sangat memerlukan lapisan waterproofing karena area ini memiliki aktivitas yang cukup tinggi dalam menggunakan air.

Pilih coating non exposed karena area ini biasanya terpasang keramik. Gunakan sikatop atau brushbond sebagai material yang sudah teruji kualitasnya.

Dinding luar

waterproofing coating dinding luar sangat diperlukan saat ini. Dengan semakin sempitnya lahan pemukiman penduduk pada kota besar, maka banyak pembangunan perumahan dengan dinding yang tanpa jarak bahkan kadang menjadi satu. Bagian dinding luar ini sangat beresiko mengalami masalah bocor.

Lindungi dinding luar bangunan menggunakan pelapis anti bocor yang tahan terhadap sinar matahari dan tambahkan material pendukung untuk menambah kekuatan lapisan anti bocor. Anda dapat menggunakan serat fiber atau kain kasa.

Banyak jenis waterproofing untuk dinding yang bisa digunakan. Salah satunya adalah sika raintite. Tahapan ID sudah membahas pada postingan sebelumnya.

Kolam Renang

Dengan penampungan air yang cukup banyak, tentu area kolam renang membutuhkan pelapis anti bocor.

Anda dapat menggunakan waterproofing coating untuk area kolam renang. Dan jangan lupa untuk menambahkan serat fiber agar lebih kuat dan tahan lama.

Jika perlu, tambahkan dosis pemakaian material untuk mendapatkan lapisan yang lebih kuat dan tebal.

Balkon

Area balkon sangat membutuhkan lapisan waterproofing karena area ini memiliki resiko yang sama dengan atap dak.

Cuma perbedaan luas area saja. Area balkon cenderung lebih kecil. Pelapis anti bocor jenis coating sangat cocok untuk area ini.

Ground tank

Bagian bangunan yang berada terpendam dalam tanam dan berguna untuk menampung banyak air, tentu area ground tank membutuhkan lapisan anti bocor.

Bagian ini biasanya mengkombinasikan beberapa jenis sebagai pelapis anti bocor. Dan salah satunya adalah waterproofing coating.

Anda bisa memilih coating yang non exposed karena area ini tidak terpapar sinar matahari dan cenderung menggunakan keramik sebagai finishingnya.

Tips Memilih Aplikator Waterproofing

Saat akan menggunakan jasa aplikator waterproofing, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal.

Pilih Yang Terdekat

Pemilihan aplikator yang dekat bertujuan untuk mempermudah kedua belah pihak untuk saling komunikasi.

Jika suatu saat membutuhkan untuk datang langsung ke lokasi, tentu hal ini akan sangat mempermudah jika jarak antara kantor aplikator dan proyek berdekatan

Berpengalaman Dalam Bidang Waterproofing

Tidak semua pekerja proyek mampu mengerjakan pekerjaan waterproofing dengan baik. Membutuhkan tukang yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mintalah data proyek yang pernah mereka kerjakan untuk meyakinkan bahwa mereka adalah aplikator yang kita inginkan.

Minta Penawaran Harga 

Saat meminta penawaran harga, minta beberapa jenis material yang berbeda untuk menjadi bahan pertimbangan anda. Agar anda bisa memilih jenis material yang anda inginkan atau harga yang lebih ekonomis

Minta Alamat Kantor

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama, sebaiknya anda pastikan alamat kantor mereka. Jangan sampai anda terjebak dengan aplikator yang tidak memiliki alamat kantor yang jelas.

Harga Waterproofing Coating

Harga coating sebenarnya tidak baku. Luas area dan kondisi area kerja dapat mempengaruhi harganya. Semakin kecil area akan semakin mahal harganya. Apalagi jika areanya kerjanya masih berantakan.

Kondisi beton juga memberi pengaruh karena memerlukan perbaikan pada area yang keropos retak dan kerusakan lainnya.

Sebaiknya gunakan aplikator yang satu area dengan lokasi anda untuk mendapatkan harga yang lebih ekonomis.

Jika aplikator berada jauh dengan daerah anda, tentu akan menambah harga karena membutuhkan biaya tambahan untuk pengiriman material, alat dan tenaga kerja.

Dalam kondisi normal, harga waterproofing bergantung dengan jenis material yang ingin anda gunakan. Mintalah pihak aplikator memberikan penawaran dengan beberapa jenis material coating untuk mendapatkan perbandingan harga.

Dan anda dapat memilih sesuai dengan kondisi bangunan dan budget. Untuk mendapatkan harga secara rinci, anda dapat menghubungi admin kami melalui email.