Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waterproofing Coating | Solusi Terbaik Pelapis Anti Bocor

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]
Waterproofing Coating

Banyak cara untuk melindungi bangunan agar tidak terjadi masalah bocor. Salah satunya adalah mengaplikasikan waterproofing coating.
Dengan cara aplikasi yang sangat mudah dan harga waterproofing cukup terjangkau. Bukan itu saja, banyak keunggulan lainnya dan akan kita bahas dalam postingan ini.

Pengertian Waterproofing Coating

Secara umum, Coating Merupakan salah satu cara membuat lapisan kedap air pada permukaan beton dengan memanfaatkan material berbahan akrilik dalam wujud cairan polymer.

Lapisan hasil coating mampu mencegah terjadinya penetrasi air sehingga mengurangi resiko kerusakan beton.

Metode aplikasinya dapat menggunakan kuas ataupun menggunakan roll. Secara garis besar, itulah pengertian waterproof jenis coating.

Adapun Jenis coating sangat beragam. Mulai dari segi tampilan, kegunaan dan fungsi serta merk dagang yang sangat banyak menyediakan produk waterproofing jenis coating.

Jenis Coating

Seperti sudah admin singgung pada poin sebelumnya, banyak jenis waterproofing coating. Namun, admin akan membahas dua jenis saja berdasarkan sifat material dan fungsinya. Sehingga pembahasan tidak terlalu luas dan kita bisa menentukan jenis yang tepat sesuai dengan kondisi bangunan.

Berikut ini jenis coating yang banyak digunakan pada proyek konstruksi.

Coating exposed

Jenis waterproofing ini memiliki bahan dasar yang sangat baik. Dengan keunggulan tahan terhadap sinar matahari.

Sehingga mampu terpasang tanpa harus melakukan proteksi. Pelapis anti bocor seperti sangat baik untuk area dinding luar bangunan.

Coating exposed biasanya hanya satu komponen. Sehingga lebih terkenal sebagai cat anti bocor.

Contoh material jenis ini antara lain : Aquaproof, Drylok, Sikalastic, dan masih banyak produk sejenis lainnya yang dengan mudah anda temukan dan tersedia pada toko bangunan.

Coating Non Exposed

Jenis pelapis anti bocor ini belum tahan terhadap sinar matahari. Setelah aplikasi, jenis waterproofing ini membutuhkan lapisan pelindung agar tidak terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

Oleh sebab itulah, waterproof ini banyak terpasang pada area toilet, kamar mandi, kolam renang, ground tank dan area tertutup lainnya.

Biasanya harga waterproofing jenis ini lebih ekonomis. Sehingga lebih banyak yang menggunakannya sebagai solusi waterproofing terbaik dengan harga yang sangat terjangkau.

Keunggulan Pelapis Anti Bocor jenis coating

Dengan jumlah pemakai yang banyak, tentu material ini memiliki keunggulan tersendiri. Admin sudah merangkum beberapa keunggulan waterproofing coating, sehingga anda tidak usah ragu jika ingin menggunakannya untuk melapisi bagian bangunan anda.

Berikut ini keunggulannya :
  • Material mudah di dapat, bahkan tersedia pada toko bangunan
  • Cara aplikasi yang sederhana dan mudah
  • Harga yang ekonomis
  • Tersedia banyak pilihan produk dan merk
  • Mudah dalam mengatur dosis material sesuai dengan kebutuhan
  • Dapat menggunakan material tambahan agar lebih kuat, misalnya menggunakan serat fiber atau kain kasa
  • Tidak membutuhkan tukang dengan keahlian khusus seperti waterproofing membrane bakar
Dari berbagai keunggulan ini, tidak heran jenis pelapis anti bocor ini sangat laris.
Artikel Lainnya  Membrane bakar | Cara aplikasi agar berhasil tanpa bocor
Powered by Inline Related Posts
Karena produk laku, tidak heran jika banyak produsen berbondong-bondong memproduksi waterproofing, terutama dengan bahan yang tahan terhadap sinar matahari.

Dengan kelebihan tahan terhadap sinar matahari, memungkinkan material ini menjadi pengganti cat pada bagian luar bangunan seperti area dinding dan atap dak.

Persiapan Lokasi Waterproofing Coating

Tahapan yang sangat penting dalam pekerjaan waterproofing agar mendapatkan hasil yang maksimal adalah melakukan persiapan lokasi kerja. Area kerja harus dicek dan melakukan perbaikan. 

Cek semua kondisi beton. Lakukan penambalan pada area yang keropos, tambal beton yang berlobang dan lakukan injeksi untuk area beton retak.

Buatkan champer pada setiap sudut pertemuan antara dinding dan lantai. Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko material waterproofing terlalu menekuk sehingga dapat menyebabkan material patah.

Kebersihan lokasi termasuk bagian yang sangat penting. Lokasi kerja harus bebas dari debu, kotoran sisa beton, air dan minyak. 

Yang terakhir, lokasi harus dipasang police line agar tidak ada pekerja lain melintasi area yang akan dikerjakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah lokasi kerja kotor kembali dan menjaga lapisan waterproofing tidak rusak oleh hal yang tidak diinginkan.

Cara Aplikasi Waterproofing Coating

Cara aplikasi yang sangat mudah menjadi keunggulan paling menonjol. Secara umum, coating dapat terpasang dengan dua cara yaitu menggunakan kuas dan roll.

Kita bahas satu persatu agar anda dapat menggunakan metode yang benar dan sesuai dengan peruntukannya.

Coating Kuas

Seperti namanya, tentu proses pengerjaanya menggunakan kuas. biasanya menggunakan kuas 4 inch. Penggunaan kuas lebih banyak terjadi pada waterproofing coating non exposed.

Karena jenis ini tidak mengutamakan tampilan. Nantinya akan ada pekerjaan finishing pada bagian atasnya. Baik itu menggunakan keramik ataupun hanya plesteran sebagai pelindungnya. Waterproofing yang menggunakan kuas biasanya terdapat pada area toilet, kamar mandi, ground tank dan kolam renang.

Pelapis anti bocor Menggunakan Roll

Jenis pelapis anti bocor yang menggunakan roll biasanya terdapat pada area luar bangunan yang terpapar langsung oleh sinar matahari.

Oleh sebab itulah area ini menggunakan waterproofing coating exposed.

Karena tidak ada pekerjaan lain lagi setelah pekerjaan ini, maka dibutuhkan hasil yang lebih baik dengan permukaan yang lebih menarik.

Penggunaan roll sangat tepat karena akan menghasilkan permukaan yang lebih halus jika berbanding dengan penggunaan kuas sebagai alat aplikasi.

Pekerjaan waterproofing dengan roll sangat cocok untuk area dinding luar bangunan dan atap dak yang akan memanfaatkan kelebihan waterproofing exposed yang dapat menjadi material pengganti cat.

Selain mempercepat proses pekerjaan, waterproofing exposed juga membantu mengurangi biaya pengeluaran karena tidak memerlukan pemasangan lapisan pelindung waterproofing.

Waterproofing Coating Sika

waterproofing coating sika

Jika berbicara tentang pelapis anti bocor, kurang lengkap jika kita belum mengenal produk waterproofing dari SIKA.

Saat ini terdapat puluhan jenis waterproofing sika yang terdapat dipasaran. Kita bahas tiga jenis saja sebagai rekomendasi dari admin untuk melindungi bangunan anda dari masalah bocor.

Sikatop 107

Material dua komponen yang terdiri dari cairan dan bubuk semen ini sangat banyak teraplikasi pada proyek konstruksi, baik itu gedung bertingkat ataupun rumah tinggal. Sikatop 107 banyak digunakan pada area toilet dan kamar mandi.

Cara aplikasi yang sangat mudah sehingga sangat cocok untuk area toilet dan kamar mandi yang terdapat banyak instalasi pipa.

Sika Raintite

Produk yang satu ini banyak terpasang pada dinding luar bangunan yang membutuhkan lapisan waterproofing.
Dengan harga material yang terjangkau tapi memiliki kualitas yang bagus sangat cocok bila ada menggunakan produk ini untuk melindungi bangunan anda.

Sikalastic 560

Sikalastic 560 sebenarnya sangat mirip dengan sika raintite. Perbedaanya hanya dari segi kualitas material.

Jika sika raintite terpasang pada area dinding, maka sikalastic 560 lebih cenderung digunakan pada area lantai atap dak.

Waterproofing Coating Fosroc

waterproofing coating fosroc

Salah satu perusahaan yang memproduksi pelapis anti bocor yang sudah sangat terkenal kualitasnya adalah Fosroc. Dengan menyediakan berbagai jenis waterproofing, epoxy dan masih banyak produk lainnya.


Salah satu produk Fosroc yang paling sering digunakan adalah brushbond. Ada dua jenis yaitu brushbond flex dan brushbond grey. Kedua jenis ini memiliki fungsi yang sama. Hanya saja brushbond flex lebih unggul.

Brushbond flex direkomendasikan untuk area atap dak, kolam renang, balkon,Stp, GWT dan jenis penampungan air lainnya. Sedangkan brushbond flex lebih sering dipasang pada area toilet dan kamar mandi.

Kalau dari segi harga, tentu saja brushbond grey lebih ekonomis. Sesuai dengan kualitasnya yang lebih rendah dari brushbond flex. 

Selain itu, untuk mendapatkan kekuatan material waterproofing, brushbond flex bisa dipakai dengan material tambahan seperti kain kasa dan serat fiber. Dengan material tambahan ini, brushbond flex sudah memiliki kekuatan seperti waterproofing membrane bakar.

Area Pemasangan Waterproofing Coating

Pada bagian atas artikel ini, admin sudah menyebutkan beberapa jenis coating yang dapat anda gunakan.

Pada bagian ini, admin akan menjelaskan jenis yang tepat sesuai dengan lokasi yang akan aplikasi waterproofing. Yuk kita simak penjelasannya

Atap Dak

Bagian atap dak sangat sering mengalami masalah bocor, terutama saat musim hujan. Oleh sebab itulah bagian ini sangat memerlukan pelapis anti bocor untuk mencegah hal yang tidak anda inginkan.

Ada dua jenis waterproofing yang dapat anda jadikan pilihan untuk atap dak beton yaitu coating dan membrane bakar. Untuk jenis membrane bakar sudah admin bahas pada postingan sebelumnya. Dan bisa anda lihat pada link yang telah disediakan.

Sedangkan untuk waterproofing coating, anda dapat memilih jenis coating yang tahan terhadap sinar matahari ataupun tidak.

Karena atap dak merupakan salah bagian bagian bangunan yang sangat berisiko mengalami masalah bocor, sebaiknya anda memakai material tambahan untuk menambah kekuatan saat memilih coating.

Gunakan kain kasa ataupun serat fiber sebagai bahan tambahan untuk memperkuat lapisan waterproofing.

Toilet dan kamar Mandi

Area kamar mandi dan toilet sangat memerlukan lapisan waterproofing karena area ini memiliki aktivitas yang cukup tinggi dalam menggunakan air.

Pilih coating non exposed karena area ini biasanya terpasang keramik. Gunakan sikatop atau brushbond sebagai material waterproofing yang sudah teruji kualitasnya.

Dinding luar

waterproofing coating dinding luar
Dengan semakin sempitnya lahan pemukiman penduduk pada kota besar, maka banyak pembangunan perumahan dengan dinding yang tanpa jarak bahkan kadang menjadi satu. Bagian dinding luar ini sangat beresiko mengalami masalah bocor.

Lindungi dinding luar bangunan menggunakan waterproofing yang tahan terhadap sinar matahari dan tambahkan material pendukung untuk menambah kekuatan lapisan anti bocor. Anda dapat menggunakan serat fiber atau kain kasa.

Kolam Renang

Dengan penampungan air yang cukup banyak, tentu area kolam renang membutuhkan pelapis anti bocor.

Anda dapat menggunakan waterproofing coating untuk area kolam renang. Dan jangan lupa untuk menambahkan serat fiber agar lapisan waterproofing lebih kuat dan tahan lama.

Jika perlu, tambahkan dosis pemakaian material untuk mendapatkan lapisan waterproofing yang lebih kuat dan tebal.

Balkon

Area balkon sangat membutuhkan lapisan waterproofing karena area ini memiliki resiko yang sama dengan atap dak.

Cuma perbedaan luas area saja. Area balkon cenderung lebih kecil. Pelapis anti bocor jenis coating sangat cocok untuk area ini.

Ground tank

Bagian bangunan yang berada terpendam dalam tanam dan berguna untuk menampung banyak air, tentu area ground tank membutuhkan waterproofing.

Bagian ini biasanya mengkombinasikan beberapa jenis waterproofing sebagai pelapis anti bocor. Dan salah satunya adalah waterproo coating.

Anda bisa memilih coating yang non exposed karena area ini tidak terpapar sinar matahari dan cenderung menggunakan keramik sebagai finishingnya.

Tips  Memilih Aplikator Waterproofing Coating

Saat akan menggunakan jasa aplikator waterproofing, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut ini untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal.

Pilih aplikator yang satu kota, jika memungkinkan pilih yang terdekat

Pemilihan aplikator yang dekat bertujuan untuk mempermudah kedua belah pihak untuk saling komunikasi.

Jika suatu saat membutuhkan untuk datang langsung ke lokasi, tentu hal ini akan sangat mempermudah jika jarak antara kantor aplikator dan proyek berdekatan

Pengalaman dalam pekerjaan waterproofing

Tidak semua pekerja proyek mampu mengerjakan pekerjaan waterproofing dengan baik. Membutuhkan tukang yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mintalah data proyek yang pernah mereka kerjakan untuk meyakinkan bahwa mereka adalah aplikator yang kita inginkan.

Minta Penawaran Harga untuk beberapa material untuk perbandingan

Saat meminta penawaran harga, minta beberapa jenis material yang berbeda untuk menjadi bahan pertimbangan anda. Agar anda bisa memilih jenis material yang anda inginkan atau harga yang lebih ekonomis

Minta Alamat Kantor

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama, sebaiknya anda pastikan alamat kantor mereka. Jangan sampai anda terjebak dengan aplikator yang tidak memiliki alamat kantor yang jelas.

Harga Waterproofing Coating

Harga coating sebenarnya tidak baku. Luas are dan kondisi area kerja dapat mempengaruhi harganya. Semakin kecil area akan semakin mahal harganya. Apalagi jika areanya kerjanya masih berantakan.

Kondisi beton juga memberi pengaruh karena memerlukan perbaikan pada area yang keropos retak dan kerusakan lainnya.

Sebaiknya gunakan aplikator waterproofing yang satu area dengan lokasi anda untuk mendapatkan harga waterproofing yang lebih ekonomis.

JIka aplikator berada jauh dengan daerah anda, tentu akan menambah harga terpasang waterproofing karena membutuhkan biaya tambahan untuk pengiriman material, alat dan tenaga kerja.

Dalam kondisi normal, harga waterproofing bergantung dengan jenis material dan merk yang ingin anda gunakan. Mintalah pihak aplikator memberikan penawaran dengan beberapa jenis materiall waterproofing coating untuk mendapatkan perbandingan harga.

Dan anda dapat memilih sesuai dengan kondisi bangunan dan budget. Untuk mendapatkan harga waterproofing secara rinci, anda dapat menghubungi admin kami melalui email.

Kami akan segera memberikan rincian harga sesuai dengan kondisi bangunan anda.