Panduan Lengkap: Cara Menggunakan Aquaproof untuk Melindungi Bangunan Anda

Beranda
waterproofing Coating
Panduan Lengkap: Cara Menggunakan Aquaproof untuk Melindungi Bangunan Anda

aquaproof

Pada postingan sebelumnya, Tahapan ID telah membahas tentang waterproofing coating. Dan postingan ini merupakan bagian dari pekerjaan tersebut. Aquaproof termasuk salah satu jenis waterproofing coating. Dan tentu saja material pelapis anti bocor ini sudah tahan terhadap sinar matahari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. kita bisa menggunakan material tambahan. Untuk itulah, saya buatkan secara khusus dan membahas secara detail tentang cara menggunakan aquaproof dengan serat fiber.

Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan lapisan waterproofing yang lebih kuat dan tahan lama. 

Cara Menggunakan Aquaproof dengan Serat Fiber

Cara Menggunakan Aquaproof Dengan Serat Fiber

Aquaproof merupakan cat dinding luar yang memiliki sifat waterproofing. Selain itu, material ini sudah tahan terhadap sinar ultraviolet sehingga dapat anda aplikasikan tanpa lapisan pelindung waterproofing. Untuk menambah kekuatan material ini, dapat menambahkan material pendukung seperti serat fiber.

Sebelum membahas tentang cara menggunakan aquaproof dengan tambahan serat fiber, ada baiknya kita mengetahui beberapa keunggulan dari material ini.

Proses Persiapan Lokasi Pemasangan Aquaproof Dengan Serat Fiber

Sebelum melakukan pemasangan aquaproof, ada proses yang harus anda kerjakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Persiapan lokasi pemasangan waterproofing sangat perlu kita lakukan.

Pasang Police line pada area kerja agar tidak ada pekerja lain yang melintas. Tujuannya untuk menjaga agar lokasi tetap bersih dan mencegah material rusak. Setelah itu, bersihkan area pemasangan aquaproof dari sampah, sisa beton, air,minyak dan material yang mengganggu.

Buatkan juga champer pada sudut pertemuan antara lantai dan dinding. Dan jangan lupa perbaiki area beton yang rusak karena retak ataupun keropos.

Saking pentingnya persiapan lokasi sebelum melakukan pekerjaan waterproofing, admin sudah pernah membuat postingan khusus yang membahas bagaimana cara untuk mempersiapkan lokasi waterproofing agar mendapatkan hasil pekerjaan yang maksimal. 

Silahkan sobat baca pada postingan ini :  Persiapan lokasi Waterproofing

Proses Aplikasi Aquaproof dengan Serat Fiber

Setelah persiapan lokasi sudah selesai, tiba saatnya kita mengaplikasikan materialnya. Sebenarnya proses pemasangan aquaproof dengan serat fiber sangat mudah. 

Hanya membutuhkan beberapa tahap dan menjaga jangan sampai serat fiber mengkerut dan harus menempel sempurna pada beton. Berikut ini tahapan menggunakan aquaproof dengan material tambahan serat fiber.

Pada tahapan ini kita bagi dalam 3 tahap untuk mempermudah cara aplikasi dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Tahapan pertama yaitu sebagai primer. Campur aquaproof dengan air sebesar 5 sampai 10 persen kemudian aplikasikan secara merata menggunakan kuas roll dan biarkan sampai kering.

Setelah kering sempurna, kita masuk ke tahapan kedua. Pada tahap ini kita akan merekatkan serat fiber pada media waterproofing Misalnya lantai atau dinding bangunan. Gunakan kuas roll untuk mengaplikasikan aquaproof kemudian ikuti dengan pemasangan serat fiber saat aquaproof masih basah.

Lakukan dengan hati-hati dan perkirakan pengaplikasian aquaproof jangan sampai kering sebelum terpasang serat fiber. Pada tahap ini aquaproof sudah tidak boleh dicampur dengan air. Lakukan tahapan ini sampai selesai dan biarkan sampai kering kemudian masuk pada tahapan selanjutnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Beton Lembab

Tahap ketiga yaitu Menutup serat fiber yang telah kita rekatkan sebelumnya. Gunakan kuas roll untuk mengaplikasikan aquaproof. Dan pastikan serat fiber tertutup sempurna. Dan untuk hasil yang maksimal dapat menambahkan dosis material pada tahap ini agar lapisan waterproofing yang terbentuk menjadi lebih tebal.

Test Rendam Aquaproof 

Test rendam aquaproof


Untuk membuktikan pekerjaan ini berhasil dengan sempurna, sebaiknya lakukan test rendam. Jika pemasangan aquaproof dengan serat fiber ini anda lakukan pada dinding, cukup menyirami area tersebut dengan air sebagai langkah pengetesan. 

Karena area dinding tidak memungkinkan melakukan test rendam, berbeda dengan area lantai. Pada area dinding anda cukup melakukannya dengan mengalirkan air pada area tersebut.


Keunggulan Aquaproof

Saat memutuskan untuk menggunakan produk Waterproofing, tentu saja perlu memperhatikan keunggulan dari produk tersebut. Tahapan ID sudah merangkum beberapa keunggulan aquaproof yang memungkinkan anda tertarik menggunakan produk ini.

Cara Penggunaan Yang Mudah
Aplikasi aquaproof sangat mudah. Pengerjaan dapat anda lakukan dengan menggunakan kuat ataupun roll. Cara penggunaan pun tidak berbeda jauh dengan pengecatan.

Material Satu Komponen
Dengan material satu komponen, anda tidak perlu repot melakukan pencampuran. Tidak usah bingung memikirkan takaran dan perbandingan materialnya.

Tersedia Secara Umum
Aquaproof hampir terdapat pada semua toko bangunan dengan berbagai ukuran. Mulai dari ukuran ½ kilogram sampai dengan kemasan 20 KG.

Harga Yang Terjangkau
Mengenai harga, aquaproof termasuk ekonomis dengan kualitas material yang cukup bagus.

Tahan Terhadap Cuaca
Dan ini merupakan keunggulan yang utama dari aquaproof. Dengan daya tahan yang kuat sehingga cocok untuk berbagai kondisi dan cuaca.

Aquaproof juga bisa digunakan sebagai material untuk mengatasi beton lembab. Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan material pada area beton yang mengalami masalah.

Tampilan Bangunan Semakin Menarik
Aquaproof memiliki warna yang dapat anda pilih menyesuaikan dengan desain bangunan anda.

Bagaimana ? Anda tertarik menggunakan produk ini untuk melindungi bangunan anda dari masalah bocor ?


Tips Waterproofing Coating Aquaproof dengan Serat FIber

tips pemasangan aquaproof

Pemasangan waterproofing pada sebuah bangunan untuk mencegah masalah bocor sangat penting. Salah satunya dengan aplikasi aquaproof. Baik itu dengan material tambah seperti serat fiber dan dapat juga tanpa material tambahan. Semua tergantung kebutuhan. Jika ingin lebih kuat dan tahan lama, maka sebaiknya lakukan dengan material tambahan.

Selain itu, keberhasilan pemasangan waterproofing sangat tergantung bagaimana anda melakukan persiapan sebelum melakukan pekerjaan waterproofing.

Pada tahapan ini anda harus memperbaiki semua area beton yang tidak sehat seperti retak, keropos dan berlubang. Perbaikan beton ini sangat penting karena agar material waterproofing dapat merekat sempurna pada beton.

Perbaikan kerusakan beton dapat anda lakukan dengan cara melakukan penambalan. Untuk area yang mengalami retak sampai dalam atau retak struktural dapat anda perbaiki dengan metode injeksi. Ciri retak struktur apabila retakan cukup besar atau lebih dari 3 mm.

Area yang keropos dapat anda perbaiki dengan cara patching atau penambalan. Tapi harus anda buang dahulu area beton yang keropos sampai menemukan beton yang sehat.

Lakukan pembobokan pada area keropos sampai menemukan beton sehat kemudian lakukan penambalan. Jika beton keropos cukup parah, anda dapat memperbaikinya dengan metode grouting.