Waterproofing Membrane Bakar | Solusi Bangunan Bebas Bocor Dengan Pembahasan Lengkap

Beranda
Membrane Bakar
Waterproofing Membrane Bakar | Solusi Bangunan Bebas Bocor Dengan Pembahasan Lengkap
Waterproofing Membrane Bakar

Pada postingan sebelumnya Tahapan ID sudah membahas beberapa jenis waterproofing diantaranya adalah coating, waterproofing membrane bakar, integral, waterstop dan spray. Postingan kali ini Tahapan ID membahas salah satunya.

Waterproofing Membran bakar adalah lembaran waterproof berbahan dasar bitumen dan dalam bentuk lembaran. Pada umumnya, material berukuran 10 meter x 1 meter dan Ada dua jenis  yaitu ekspose ( granule ) dan non ekspose.

Membrane Bakar banyak digunakan pada atap dak beton, retaining wall dan lantai basement. Sistem aplikasinya dengan cara dibakar menggunakan torching waterproofing.

Secara umum, Material ini berupa gulungan dengan lebar 1 meter dan panjang 10 meter. Namun ada juga jenis membrane bakar yang berukuran kecil seperti geneng tinggal pasang. 

Ada banyak kelebihan waterproofing membrane bakar sehingga begitu banyak yang menggunakannya untuk melindungi bangunan mereka dari masalah bocor. Terutama pada gedung bertingkat di daerah perkotaan.

Jenis Waterproofing Membrane Bakar

Seperti sudah disinggung sebelumnya, ada dua jenis membran bakar yaitu ekspose dan non ekspose. Ada sedikit perbedaan dari segi fungsi dan juga harga material. 

Jika dihitung secara keseluruhan, maka keduanya hampir memiliki harga yang sama. Jika cuma dilihat dari harga materialnya saja, maka membrane non ekspose lebih ekonomis.

Waterproofing Membrane Exposed atau Granule

Granule memiliki sifat tahan terhadap sinar ultraviolet. Jadi bisa dibiarkan begitu saja setelah aplikasi. Tidak perlu dibuatkan lapisan proteksi dari sinar matahari. Keunggulan inilah yang menyebabkan granule sering digunakan pada area atap dak beton.

Karena granule bisa dibiarkan terbuka, tentu saja jenis ini memiliki pilihan warna yang menarik. Yang paling banyak digunakan adalah warna hijau dan merah.

Dengan tampilan yang menarik akan membuat atap dak beton tampak rapi dan menawan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Kita bisa menggunakan budget pasang keramik untuk keperluan lainnya. 

Dari segi perawatan, membrane granule lebih unggul. Karena granule dipasang tanpa lapisan proteksi, maka kita akan dengan mudah menemukan jika ada area yang mengalami kerusakan. Berbeda dengan membrane non expose yang sudah tertutup material pelindung waterproofing.

Kalau berbicara harga, granule lebih mahal sesuai dengan kelebihan yang dimiliki. Untuk yang non expose atau sering disebut membrane biasa akan mengeluarkan biaya tambahan karena harus memasang screeding sebagai pelindung material waterproofing

Kalau dihitung secara keseluruhan, harganya tidak jauh berbeda. Malah bisa lebih mahal membrane biasa karena biaya pemasangan dan material screed cukup banyak.

Granule sangat cocok diaplikasikan pada area atap dak beton, balkon dan area jemuran. Untuk keamanan material, pastikan tidak meletakkan barang yang bisa merusak material waterproofing. Atau berikan tatakan pada kaki-kaki tempat jemuran.

Untuk lebih jelasnya, bandingkan dengan poin berikutnya.

Waterproofing Membrane Bakar Non Expose

Jenis membrane bakar ini tidak memiliki sifat tidak tahan terhadap sinar matahari. Material akan cepat terkelupas dan rapuh jika dibiarkan terpapar sinar matahari. 

Pembuatan lapisan pelindung dapat dilakukan dengan memasang screed atau pelindung lainnya. Oleh sebab itulah, jenis  ini banyak diaplikasikan pada area basement dan dinding. Karena area ini tidak terpapar sinar matahari.

Jika ingin memasang pada atap dak, maka harus dibuatkan screed sebagai pelindung material waterproofing agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Membrane bakar non expose atau lebih sering disebut membrane biasa ini memiliki harga yang lebih ekonomis. Tapi memerlukan biaya tambahan untuk membuat lapisan proteksi.

Membrane biasa hanya memiliki satu warna saja dengan lapisan pasir halus pada bagian atasnya. Pasir yang ada di bagian atas berfungsi sebagai ikatan untuk material pelindung. Jadi material bisa lebih merekat pada lapisan screeding.

Membrane bakar biasa ini sangat cocok diaplikasikan pada dinding luar area basement, dinding luar penampungan air, lantai basement, bagian luar kolam renang dan area lainnya yang tidak terpapar sinar matahari dan tidak memerlukan lapisan proteksi yang lainnya. 

Jika ingin menggunakan membrane bakar biasa pada atap dak beton, berarti anda harus mempersiapkan biaya ekstra untuk membuat lapisan proteksi. Misalnya dengan membuat screed sebagai pelindung material.

Proses Pemasangan Waterproofing Membrane Bakar

Waterproofing Membrane Bakar




Untuk mendapatkan hasil pekerjaan waterproofing yang masksimal, perlu banyak persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari penyediaan material, alat kerja dan kesiapan lahan yang akan dipasang lapisan waterproofing.

Alat Kerja Membrane

Untuk melakukan pekerjaan waterproofing membrane, kita membutuhkan torching sebagai alat untuk memasang dan merekatkan material. Torching adalah alat bakar berbentuk kompor yang berguna untuk melelehkan bagian bawah material sebelum ditempelkan ke media kerja.

Ada dua jenis torching yaitu bergagang pendek dan panjang. Alat bakar ini memiliki ujung yang berbeda dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kondisi area pemasangan membrane. Untuk mendapatkan api yang lebih besar, kita bisa menggunakan ujungnya dengan corong bakar yang besar.

Pada proses penyambungan overlap, biasanya menggunakan corong yang lebih kecil agar api tidak membakar bagian yang lainnya. Tapi bisa juga memanfaatkan corong torching yang  besar untuk membakar sambungan.

Berikut ini daftar alat pekerjaan Waterproofing Membrane Bakar :
  1. Alat bakar lengkap ( Tabung gas, regulator dan selang )
  2. Sarung tangan kain
  3. Pisau Cutter
  4. Sendok Semen
  5. Ember Kecil
  6. Kuas 
  7. Roll
  8. Palu dan Pahat
  9. Meteran
  10. APD dan Alat Pemadam kebakaran

Persiapan Lokasi 

Sebelum melakukan pekerjaan waterproofing, persiapan lahan atau lokasi pemasangan waterproofing sangat penting. Begitu juga dengan membrane bakar. Kita harus mempersiapkan lahan kerja agar layak untuk aplikasi. Tujuan dari persiapan lokasi ini adalah untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pemasangan waterproofing.

Jika preparasi atau persiapan lokasi waterproofing tidak dilakukan dengan benar, maka akan membuat pekerjaan ini menjadi tidak maksimal. Misalnya lokasi tetap mengalami masalah bocor setelah dipasang waterproofing. Hal seperti ini biasanya terjadi karena memaksakan pekerjaan waterproofing dengan kondisi lahan kerja belum layak diaplikasikan waterproofing.

Berikut ini Tips untuk mempersiapkan lahan pekerjaan waterproofing membrane bakar agar mendapatkan hasil maksimal. Bangunan menjadi bebas bocor bahkan disaat musim hujan.
  1. Periksa kondisi beton. Lakukan perbaikan pada area yang retak, keropos ataupun rapuh. Tambal juga area yang berlubang menggunakan semen.
  2. Buatkan Champer pada setiap sudut pertemuan lantai dan dinding atau area yang membentuk sudut 90 derajat. Tujuan pemasangan champer ini adalah untuk mencegah membrane patah setelah di aplikasikan. Pembuatan champer bisa menggunakan campuran semen dan pasir. 
  3. Bersihkan area kerja dari kotoran. Ketrik sisa beton, debu, air dan sisa material lainnya yang dapat mempengaruhi hasil dari pekerjaan waterproofing. Perlu diketahui, agar membrane dapat berfungsi dengan baik, material harus merekat kuat pada beton untuk mencegah lepasnya lapisan membrane yang bisa menyebabkan masalah bocor di kemudian hari.

Primer Membrane Bakar

Sebelum melakukan pemasangan membrane bakar, tahap selanjutnya yang tidak kalah penting adalah primer waterproofing. Pada tahap ini, diaplikasikan material sebagai perekat antara membrane dan beton.

Bukan itu saja, lapisan primer diharapkan menutup area yang mengalami retak dan kerusakan beton lainnya.

Salah satu contoh material primer adalah flinkote produk milih shell. Material ini cukup baik dan sangat melekat sempurna pada beton yang dipasang membrane. 

Sebaiknya gunakan primer yang dapat diencerkan dengan air. Selain aplikasi lebih mudah, primer waterproofing jenis ini lebih aman dari primer yang dicampur bensin atau sejenisnya.

Pastikan primer sudah kering sempurna ditandai dengan permukaan primer sudah bisa dipegang. Jika sudah tidak lengket di tangan, maka dapat dipastikan lapisan tersebut sudah kering 

Tahapan ID sudah membahas tentang primer waterproofing secara lengkap. Silahkan baca pada postingan berikut : Fungsi Primer Membrane Bakar

Pemasangan Membrane Bakar

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam proses pemasangan biar mendapatkan hasil yang maksimal yaitu tingkat kematangan, proses perekatan dan pembakaran overlapping.

Ketiga hal diatas harus sangat diperhatikan karena akan mempengaruhi hasil pekerjaan ini. Biasanya proses pemasangan hanya boleh dilakukan oleh tenaga yang ahli dalam bidang inni. Jangan berharap semua tukang bangunan bisa melakukan pekerjaan ini. 

Secara umum, proses pemasangan setelah lapisan primer benar-benar kering. Untuk tahapan aplikasi berbeda sesuai dengan kondisi area yang dipasang. Misalnya untuk area dinding dan lantai akan sangat jelas perbedaannya. 

Kalau proses pemasangan pada lantai dapat dilakukan dengan menggelar membrane sampai lebih dari 3 roll kemudian baru dilakukan proses pembakaran setelah material digulung kembali.

Berbeda jauh dengan area dinding. Pemasangan tidak bisa menggelar material sampai banyak. Hanya bisa satu persatu dan prosesnya juga memakan waktu.

Sebagai bonus, berikut ini proses pembakaran membrane : 


Pengetesan Hasil Pemasangan Waterproofing

Setelah selesai melakukan pemasangan membrane bakar, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah tes rendam. Karena dengan cara ini kita bisa mengetahui keberhasilan dari pekerjaan waterproofing. 

Jika masih terdapat area yang bocor, maka perlu diadakan perbaikan lagi pada area tersebut. Cek kondisi membrane yang sudah terpasang, apakah ada yang sobek, bolong atau rusak. Perbaiki area tersebut dengan mengganti atau menambalnya.

Proses tes rendam dilakukan selama 1 kali 24 jam untuk mendapatkan hasil. Nanti akan terlihat bagian membrane yang mengalami masalah.

Tidak semua area yang dipasang waterproofing bisa dilakukan tes. Misalnya area dinding akan sulit untuk melakukan pengetesan. Jika masih penasaran, bisa dilakukan dengan cara menyiram area tersebut dan tidak bisa dilakukan dengan cara tes genang.

Proteksi Waterproofing

Hal yang paling terakhir dilakukan dalam proses pekerjaan waterproofing membrane bakar adalah melakukan proteksi atau perlindungan material agar tidak cepat rusak. Bisa dilakukan dengan membuatkan screeding. Screed ini bertujuan untuk melindungi waterproofing dari hal yang merusak, misalnya aktivitas yang memungkinkan membuat lapisan waterproofing sobek. Screed juga melindungi material dari sinar matahari.

Untuk membrane granule, tidak perlu melakukan pemasangan proteksi karena material sudah memiliki sifat tahan terhadap matahari. Tapi pastikan bahwa aktivitas pada area yang terpasang waterproofing tidak memiliki resiko merusak material.

Jika ada penempatan benda tajam atau keras lainnya, sebaiknya berikan material pelindung saat sedang ada aktivitas dibagian atasnya.

Produk Waterproofing Membrane Bakar

Waterproofing Membrane Bakar

Saking pentingnya lapisan waterproofing untuk melindungi bangunan dari masalah bocor, banyak perusahaan yang memproduksi material ini. Setiap produk menawarkan berbagai keunggulan dan harga yang semakin menarik.

Untuk mendapatkan material waterproofing yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan pihak yang berpengalaman dalam bidang ini. Karena semua produk pasti akan menjelaskan keunggulan material yang mereka tawarkan.

Berikut ini daftar merk Waterproofing membrane bakar :
  1. PROOFEX TORCHSEAL 3P By Fosroc
  2. Sika BituSeal T-130 SG By Sika
  3. Boscoseal TOM By Bostik
  4. Casali
  5. Masterpren By BASF
  6. Ultrachem
  7. Mapei 
  8. Dan Masih banyak lagi produsen yang memproduksi jenis waterproofing bakar Lainnya

Alat Membran Bakar

Untuk dapat melakukan pekerjaan membrane bakar, kita membutuhkan alat khusus. Kompor bakar yang sering disebut torching membrane inilah yang digunakan untuk membakar lembaran membrane agar bisa menempel kuat pada media aplikasi.

Untuk informasi tentang alat bakar membrane, bisa baca pada postingan ini : Alat Bakar Membran

Kelebihan Dan Kekurangan Waterproofing Membrane Bakar

Sebelum memutuskan untuk memilih membrane bakar sebagai lapisan waterproofing bangunan anda, ada baiknya mempertimbangkan beberapa poin yang kami rangkum untuk anda.

Kelebihan Waterproofing Membrane Bakar

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari membrane bakar. Pertama, metode ini ampuh mencegah kebocoran atap. Bagaimana tidak? Ia betul-betul melekat kuat pada beton dan tidak dapat ditembus oleh air.

Dibandingkan coating jenis lain seperti cat misalnya, coating waterproof ini memiliki durabilitas yang lebih baik. 

Pengelola gedung tentu akan sangat diuntungkan oleh keadaan ini, karena mereka tidak perlu melakukan renovasi berulang kali dalam jarak waktu yang dekat.

Selain itu, bahan membrane bakar juga memiliki kualitas yang baik dan kuat. Ia tahan terhadap cuaca dingin sekaligus panas matahari, tahan terhadap lumut, jamur, dan berbagai bahan kimia yang membuat atap mudah lapuk.

Gedung-gedung bertingkat cenderung memilih metode yang satu ini karena ia juga tahan terhadap benturan dan tekanan yang berat.

Pemasangan material relatif cepat sehingga cocok untuk proyek dengan skala besar.

Kekurangan Metode Waterproofing Membrane Bakar

Meskipun menawarkan berbagai macam kelebihan, ada beberapa kekurangan dari metode ini yang layak untuk diwaspadai.

Pertama, metode pelapisan membrane bakar memakan waktu cukup lama. Setelah menggelar lapisan membran, proses pembakaran harus segera dilakukan supaya lapisan bisa melekat pada atap beton.

Proses pembakaran ini dilakukan oleh para profesional dengan menggunakan semprotan khusus. Anda tidak bisa melakukan proses ini sendirian karena risikonya sangat tinggi.

Kedua, proses ini memakan biaya yang cukup besar. Harga lapisan bitumen per meter persegi variatif, antara Rp80.000,00-Rp150.000,00. 

Maka dari itu, semakin luas atap yang akan dilapisi, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Biaya ini belum termasuk harga jasa pemasangan, yang notabene dikerjakan oleh lebih dari satu orang.

Ketiga, proses pemasangan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Kesalahan dalam mengukur luas membran untuk melapisi atap akan membuat beberapa bagian atap menjadi tidak kedap air.

Namun, kecil kemungkinan penyedia jasa coating profesional akan melakukan kesalahan semacam ini.

Jadi, Apakah Anda Membutuhkan Metode Pelapisan Membran Bakar?

Pada dasarnya, metode pelapisan yang satu ini sangat kuat dan tahan lama. Namun, Anda harus menyesuaikan pilihan metode coating dengan kebutuhan. 

Membrane bakar terlalu berlebihan jika digunakan untuk rumah pribadi yang tidak terlalu besar. Ia lebih cocok dipakai untuk gedung perkantoran, hotel, atau penginapan.

Waterproofing coating memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk membrane bakar. 

Sebelum memilih, pastikan Anda sudah menghitung bujet dan menganalisis jenis bangunan yang akan dilapisi.

Semoga postingan tentang waterproofing membrane bakar ini bermanfaat dan bisa memberikan solusi untuk anda yang sedang mencari informasi seputar waterproofing. Terima kasih sudah membaca…..