Material Injeksi Beton Terbaik untuk Membrantas Bocor Dengan Cepat

Beranda
material injeksi beton
Material Injeksi Beton Terbaik untuk Membrantas Bocor Dengan Cepat
alat-suntik-beton



Dalam proses pembangunan ataupun perawatan sebuah gedung memerlukan metode tertentu sesuai dengan jenis kerusakannya. Salah satu kerusakan bangunan yang tidak bisa dianggap enteng adalah masalah bangunan bocor. Metode injeksi beton dan pemasangan waterproofing merupakan solusi terbaik untuk mengatasi bangunan bocor. Dan admin kali ini akan membahas tentang material injeksi beton. Dan anda dapat membedakan fungsi setiap material yang digunakan pada pekerjaan injeksi.

Sebelum mengenal jenis material injeksi beton, ada baiknya kita mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Secara umum, metode perbaikan beton bocor ini terbagi dalam 3 jenis yaitu injeksi epoxy, injeksi Semen dan Polyurethane.

Dari ketiga jenis injeksi ini akan admin bahas satu persatu. Jenis material apa saja yang kita perlukan untuk melakukan pekerjaan ini. Mari kita simak….

Material Injeksi semen

Untuk area beton yang mengalami masalah bocor cukup besar, bisa menggunakan injeksi semen sebagai solusinya. Sesuai namanya, pekerjaan ini berbahan dasar semen dan material lainnya sebagai bahan pendukung.

Pada postingan sebelumnya, admin sudah membahas apa itu injeksi semen dan bagaimana cara untuk melakukannya. Silahkan anda baca pada artikel ini : 

Injeksi Semen Solusi Terbaik Mengatasi Beton Bocor

Setelah membaca artikel tersebut, tentu anda sudah mengetahui bagaimana cara melakukan pekerjaan ini. Dan untuk melakukannya, kita membutuhkan material.

Tidak sulit untuk mempersiapkan semua material injeksi semen. Hampir sebagian besar toko bahan bangunan menyediakannya. Anda bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang akan anda lakukan. Berikut ini material yang anda harus siapkan.

Semen

Anda sudah pasti mengenal material ini. Karena menjadi bahan utama yang digunakan dalam proses pembuatan sebuah bangunan. Dan semen sangat mudah anda dapatkan, bisa anda beli pada setiap toko bahan bangunan.

Semen akan kita gunakan untuk bahan yang akan kita masukkan kedalam beton sekaligus sebagai perekat nepel injeksi.

Bahan Pengeras Semen

Dalam proses pemasangan titik injeksi semen, kita memerlukan water plug untuk merekatkan nepel atau titik injeksi. Karena area yang kita kerjakan berhubungan dengan air, maka kita memerlukan material yang mampu membuat semen menjadi cepat kering. 

Dan yang kita butuhkan adalah Sika Accelerator atau Quicksocrete. Pilih salah satu saja. Selain kedua jenis ini, masih banyak jenis material pengeras semen lainnya yang dapat anda gunakan. Pilih yang menurut anda paling mudah mendapatkannya dengan harga yang ekonomis.

Selain membeli bahan pengeras semen yang sudah jadi, anda bisa membuatnya jika menginginkan harga yang lebih murah. Anda dapat menggunakan calcium chloride ( cacl2 ) yang dapat anda beli di toko bahan kimia atau toko bahan bangunan yang khusus menjual produk waterproofing. Caranya membuatnya cukup mudah, hanya dengan menambahkan air saja. 1 kg cacl2 dapat dicampur dengan air 2 sampai 3 liter. Dan harga cacl2 sangat murah, sekitar 12.000/kg

Nepel Injeksi Semen

Material injeksi semen
Dalam proses penyuntikan material, kita menggunakan nepel agar material dapat masuk kedalam beton. Dan nepel dapat berupa pipa instalasi listrik ataupun selang. Gunakan sesuai dengan bahan yang menurut anda paling mudah anda dapatkan. Tapi saya sarankan lebih baik menggunakan pipa instalasi listrik karena harganya cukup murah dan mudah untuk mendapatkannya.

Selain itu, anda bisa menggunakan pipa besi ukuran kecil untuk anda gunakan sebagai nepel. Tapi saya tidak merekomendasikannya karena nantinya pipa akan menimbulkan karat dan akan menjadi masalah baru di kemudian hari.

Saat ini belum ada yang perusahaan yang memproduksi nepel khusus untuk injeksi semen, berbeda dengan injeksi epoxy dan polyurethane yang sudah banyak yang menyediakannya.

Cebex

Cebex termasuk material yang berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan semen juga. Selain itu, material ini mampu meningkatkan kualitas semen menjadi lebih kuat. Cebex digunakan untuk mencampur semen yang akan kita suntikkan ke dalam beton. Anda bisa mendapatkan material ini pada toko bangunan tertentu khususnya yang menjual produk waterproofing.

Air

Air termasuk material yang kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan injeksi semen. Karena air ini akan kita pakai untuk campuran semen untuk membuat pasta yang akan kita suntikkan ke dalam beton. Anda harus mempersiapkan material ini sesuai dengan kebutuhan. Tidak harus air bersih, minimal airnya tidak mengandung lumpur.

Admin rasa cuma itu saja material yang anda harus siapkan jika ingin melakukan pekerjaan injeksi semen. Sesuai namanya, tentu saja jenis pekerjaan ini berbahan utama semen yang sangat mudah anda dapatkan. Banyak keunggulan yang anda dapatkan jika menggunakan metode ini untuk mengatasi masalah bangunan bocor.

Bahan Untuk Injeksi Epoxy

Metode ini merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki beton yang mengalami retak struktur. Dengan bahan yang sangat halus memungkinkan material masuk kedalam retakan beton dan mengisi celah kosongnya. Dengan kualitas material yang baik, tentunya injeksi epoxy mampu menjadi perekat yang baik untuk beton yang mengalami masalah retak.

Untuk melakukan pekerjaan ini dengan baik anda harus menyiapkan material yang dibutuhkan untuk pekerjaan injeksi epoxy. Admin sudah merangkumnya untuk anda.

Nepel Injeksi Epoxy

Berbeda dengan injeksi semen yang tidak memiliki nepel khusus. Injeksi epoxy harus menggunakan nepel khusu untuk mempermudah pekerjaan. Baik dari segi pemasangan ataupun dalam proses penyuntikan material.

Anda dapat membeli nepel injeksi pada toko atau distributor material waterproofing. Dan Penjualan nepel ini biasanya dalam bentuk kemasan 100 pcs per kantong. Dengan harga yang berbeda setiap jenis nepel sesuai dengan kualitas materialnya.

Perekat Nepel

Untuk merekatkan nepel pada area yang akan dilakukan penyuntikan, anda membutuhkan lem atau perekat khusus pekerjaan ini. Admin merekomendasikan memakai SIKADUR 31CF atau Nitobond EC. Keduanya memiliki kualitas dan fungsi yang sama. Cuma berbeda perusahaan saja.

Material Utama Injeksi Epoxy

Sebagai bahan yang akan menjadi pengisi beton, anda pilih material injeksi epoxy yang berkualitas tinggi dan sudah terbukti. Admin merekomendasikan memakai material dari PT SIKA atau PT FOSROC. Pilih salah satunya. Karena kedua perusahaan ini sudah terbukti berhasil melakukan jenis pekerjaan ini. Sikadur 752 untuk material yang dari sika dan Conbextra EP10TG untuk material yang diproduksi oleh PT FOSROC.

Untuk pekerjaan injeksi epoxy, anda cukup mempersiapkan material utama seperti yang admin sebutkan. Tapi boleh menambahkan thinner sebagai pelengkap. Thinner akan kita pergunakan untuk membersihkan alat-alat injeksi dan sisa material yang tumpah saat proses pekerjaan penyuntikan.

Material Injeksi Polyurethane

Pekerjaan injeksi polyurethane bisa menjadi pilihan jika menginginkan proses pekerjaan yang membutuhkan kecepatan. Berbeda dengan dua tipe cara perbaikan beton sebelumnya. Metode ini tidak memerlukan lem atau material tambahan untuk merekatkan nepel. 

Karena nepelnya sudah terbuat sedemikian rupa sehingga memungkinkan dapat terpasang pada beton tanpa harus menggunakan material tambahan. Oleh sebab itulah pekerjaan injeksi polyurethane lebih cepat dari jenis injeksi lainnya.

Berikut ini material yang perlu anda siapkan untuk melakukan pekerjaan injeksi polyurethane.

Packer Injeksi Beton

Packer Injeksi Beton

Packer adalah nepel khusus injeksi polyurethane. Dengan karet tambahan sehingga nepel ini dapat digunakan tanpa perekat tambahan. Karet yang ada di nepel berfungsi menjepit packer dalam lobang injeksi.

Dengan karet khusus seperti ini menjadikan packer memiliki keunggulan tersendiri. Packer sangat membantu dalam proses mempercepat pekerjaan injeksi.

Proses finishing bekas injeksi menjadi lebih mudah karena hanya menambal lobang bekas pemasangan packer. Selain itu, pemasangan packer tidak membobok beton. Hanya membuat lobang sesuai ukuran packer. Jadi tidak akan merusak struktur beton.

Pemasangan packer juga sangat jarang gagal. Packer akan mengikat kuat dalam lobang injeksi sehingga tingkat keberhasilan lebih tinggi.

Ada dua jenis ukuran packer yang banyak dijual yaitu 8 mm dan 10 mm. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Packer 10 mm bisa lebih baik untuk beton yang lebih tebal.

Material Injeksi Beton

Polyurethane

Sebagai material utama yang disuntikkan dalam pada beton bocor. Polyurethane memiliki keunggulan sehingga banyak yang menggunakannya. 

Polyurethane akan bereaksi dalam beberapa menit setelah terkena air atau dicampurkan antara kedua komponen.  Ada dua jenis PU yaitu satu komponen dan dua komponen. Secara fungsi, tidak ada perbedaan antara keduanya.

Kalau dilihat dari segi penggunaan, polyurethane sat atau dua komponen memiliki kelebihan masing-masing. Hal mendasar yang membuat saya lebih menyukai PU satu komponen adalah dari segi alat injeksi beton yang digunakan.

Saya menggunakan mesin injeksi beton satu tabung. Jadi akan sangat repot jika menggunakan polyurethane dua komponen. Takut material setting di mesin injeksi sebelum disuntikkan. Mengingat material dua komponen cepat bereaksi jika sudah tercampur.

Bagi pengguna mesin injeksi yang memiliki 2 tabung, maka tidak akan masalah menggunakan material satu atau dua komponen. Disinilah terlihat jelas keunggulan mesin injeksi dua tabung dalam satu mesin.Sesuai dengan harga mesin injeksi tersebut yang cenderung lebih mahal.

Sebagai Tips saja, pastikan penggunaan material yang akan dipakai sebelum memutuskan untuk membeli mesin injeksi. Jika ada kemungkinan sering menggunakan produk polyurethane dua komponen, maka sebaiknya beli mesin injeksi dengan dua tabung. Berlaku sebaliknya.

Kalau memperhitungkan biaya, sebaiknya beli mesin injeksi beton dengan satu tabung karena harganya lebih murah. Begitu juga dengan harga polyurethane satu komponen, cenderung lebih murah dan mudah didapatkan.

Selain alat yang digunakan, ada beberapa keunggulan penggunaan polyurethane sebagai material injeksi beton. Berikut ini keunggulannya :

Material mudah dibersihkan. Saat melakukan penyuntikan, maka akan ada material yang tumpah. Tidak perlu buru-buru dibersihkan. Diamkan sampai material setting dan mengembang biar mudah untuk dibersihkan.

Waktu setting material sangat cepat sehingga bisa langsung dilihat perkembangan hasil injeksi. Biasanya, untuk area bocor yang besar akan terlihat dalam beberapa menit hasilnya. Air bocor akan berhenti mengalir.

Finishing pekerjaan mudah. Hanya membersihkan material yang tercecer, membuka packer injeksi kemudian menambal lobang bekas titik injeksi

Dengan menggunakan PU, tidak dilakukan pembobokan sehingga tidak merusak tampilan atau struktur beton.

Tidak membuat area pekerjaan berantakan, berbeda dengan injeksi semen yang membuat area kerja tampak berantakan

Proses pekerjaan sangat cepat. Mengingat polyurethane cepat bereaksi setelah penyuntikan. Ditambah lagi penggunaan packer yang tidak memerlukan perekat tambahan dan tidak ada pembobokan beton

Material injeksi beton ini dapat digunakan untuk semua jenis kebocoran beton. Baik itu bocor karena beton retak, keropos ataupun pada sambungan beton.


Dari keunggulan yang disebutkan diatas, wajar saja jika banyak yang menggunakannya. Tapi ada sedikit kekurangan yaitu material lebih lembut dari beton sehingga tidak bisa digunakan untuk memperbaiki struktur beton. Hanya untuk mengatasi masalah bocor.

Jika menginginkan injeksi yang bisa memperbaiki struktur beton bisa menggunakan metode injeksi epoxy. Tapi jenis injeksi ini kurang efektif jika digunakan untuk mengatasi masalah bocor.