Waterproofing Integral untuk Mencegah Bangunan Bocor

Beranda
Integral
Waterproofing Integral untuk Mencegah Bangunan Bocor
Waterproofing integral

Anda sedang mencari solusi terbaik tentang pelapis anti bocor ? Atau ingin melindungi bangunan dengan material waterproof tapi belum bisa menentukan material waterproofing yang pas dengan kondisi bangunan ? Anda wajib coba aplikasi waterproofing integral.

Anda berada di website yang tepat, karena kami membahas berbagai jenis pelapis anti bocor yang akan kami rekomendasikan untuk setiap sudut bangunan.

Dari harga waterproofing yang paling ekonomis sampai dengan material super mahal sesuai dengan kebutuhan bangunan yang anda miliki.

Waterproofing adalah suatu proses untuk mencegah bangunan agar terhindar dari masalah bocor. Baik dengan membuat lapisan waterproof ataupun membuat beton menjadi kedap air atau tahan terhadap air.

Contoh waterproofing dengan membuat lapisan waterproof agar beton tidak terhubung langsung dengan air adalah waterproofing coating dan Membrane bakar.

Sedangkan contoh proses pembuatan beton kedap air adalah integral waterproofing yang akan dibahas pada artikel ini.

Pengertian waterproofing Integral

Waterproofing integral adalah suatu proses pembuatan beton yang bersifat waterproof serta meningkatkan mutu beton menjadi lebih baik. Proses pekerjaan jenis waterproofing ini dilakukan pada saat beton masih basah. Pencampuran dalam volume besar dapat dicampur dalam truk mixer saat mobil sudah tiba di lokasi proyek.

Waterproofing integral ada yang mempengaruhi slump beton dan ada juga yang tidak berpengaruh. Tergantung merek dan jenis yang dipakai. Salah satu contoh material waterproofing yang mempengaruhi slump beton adalah Conplast WP 421 ex Fosroc.

Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Integral Waterproofing

Ada banyak kelebihan dari sistem integral waterproofing antara lain:
  • Memberikan pencegahan terhadap atap atau permukaan lain yang bocor.
  • membuat beton lebih kokoh, tidak mudah rusak, dan tidak mudah berlumut.
  • Bisa dikombinasikan dengan metode waterproofing lain untuk keamanan maksimal, seperti dengan membrane bakar atau coating.
  • Khusus untuk integral crystaline, ia dapat membuat beton lebih tahan lama dan tidak mudah terkena korosi.
  • Mengurangi kemungkinan beton yang keropos.
  • Pengaplikasian waterproofing integral ini tidak memakan waktu lama, bahkan bisa dilakukan saat proses pengadukan beton
  • Prosesnya tidak memerlukan peralatan khusus.
Sementara itu, ada beberapa kekurangan dari integral waterproofing yang patut untuk diperhatikan Proses ini tidak bisa diulang, karena ia dilakukan saat beton diaduk.Anda harus cermat dalam mencari beton yang sudah dilakukan injeksi dengan cairan integral. 

Cairan integral yang digunakan tidak boleh terlalu sedikit, karena hal tersebut dapat membuat proses waterproofing tidak berjalan secara maksimal. Proses pengadukan harus merata supaya semua bagian beton betul-betul waterproof.

Merk Waterproofing integral

Saat ini sudah sangat banyak perusahaan yang memproduksi material integral yang dapat digunakan pada semua jenis proyek. Semua produk memiliki keunggulan dan sifat material yang berbeda dan harga yang saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan.

Berikut ini beberapa perusahaan yang mengeluarkan produk integral waterproofing berikut namanya :
  1. Fosroc : Conplast WP 421
  2. SIKA : Sika : ViscoCrete-3115N dan Sika WT-110 P-id
  3. Basf : Master Life WP 3760
  4. Cormix : H2O Stop
  5. ULtrachem : ULTRACHEM INTEGRAL KRISTALIN
  6. DLL
Masih banyak perusahaan lain yang memproduksi jenis material ini. Tak jarang dalam satu perusahaan memproduksi beberapa jenis material integral waterproofing untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen mereka.

Rekomendasikan area 

Semua area yang berhubungan dengan air sebenarnya boleh saja diaplikasikan jenis material ini. Untuk menghemat biaya anggaran proyek, biasanya pihak pengelola gedung memilih beberapa bagian saja untuk diaplikasikan waterproofing jenis ini.

Berikut area rekomendasi untuk diaplikasikan waterproofing integral :

  • Lantai dan dinding Basement
  • Lantai dan dinding area pengolahan air limbah dan air bersih ( GWT, STP dan sejenisnya )
  • Kolam Renang
  • Terowongan
  • Dan Lain-lain area yang terhubung langsung dengan tanah dan air.

Pekerjaan Terkait Dengan Waterproofing integral

Pekerjaan waterproofing integral sangat berkaitan dengan pekerjaan lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah dengan pekerja konstruksi. Kebersihan lokasi kerja dan pemadatan beton saat melakukan pengecoran juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

Selain tenaga kerja yang saling berhubungan, integral waterproofing juga berkaitan dengan pemasangan material lainnya. Salah satunya adalah waterstop. Waterstop selalu disandingkan dengan pekerjaan waterproofing integral. Seperti sudah satu paket.

Waterstop adalah material yang berfungsi menjadi penghalang rembesan air yang terjadi pada setiap sambungan beton. Material ini sebagai waterproof yang mampu menahan rembesan air diantara kedua sambungan beton.

Metode Aplikasi waterproofing integral

Ini adalah waterproofing yang paling mudah diaplikasikan namun memiliki dampak yang besar terhadap perlindungan bangunan dari masalah bocor. Metode aplikasi cukup mudah, namun harus memperhatikan slump beton sesuai dengan kesepakatan awal mengikuti jenis material waterproofing yang dipakai.

Waterproofing Integral

Metode Aplikasi pekerjaan waterproofing integral secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Pencampuran material pada saat proeses cor
  2. Cek Slump beton saat truk mixer tiba. Slump beton harus sesuai dengan kesepakatan.
  3. Setelah cek Slump sudah selesai, Lakukan pencampuran material waterproofing integral dengan beton.
  4. Aduk beton dengan kecepatan maksimal pada mobil beton. Pastikan Beton dan material integral tercampur sempurna
  5. Cek Slump kembali jika material waterproofing mempengaruhi slump agar dapat memastikan slump beton yang diinginkan. Jika material integral tidak mempengaruhi slump, lewati tahapan ini
  6. Setelah Material sudah dicampur dalam truck beton, beton sudah siap dituangkan ke lokasi pengecoran.
  7. Pastikan pemadatan beton dilakukan dengan baik oleh pekerja cor untuk mencegah beton keropos.
  8. Selesai

Langkah Pencegahan Kegagalan aplikasi

Keberhasilan Pekerjaan Waterproofing integral sangat tergantung bagaimana kerja sama semua pekerja proyek. Pengawas pekerjaan harus benar-benar memperhatikan proses pekerjaan penuangan beton ke lokasi sampai dengan pemadatan beton.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat di ambil untuk mengurangi resiko kegagalan aplikasi waterproofing integral :
  • Pastikan Semua lokasi pengecoran bebas dari sampah dan kotoran lainnya.
  • Selalu pastikan pemadatan beton menggunakan vibrator dapat berjalan dengan baik untuk mencegah beton keropos.
  • Perhatikan kualitas dan tingkat kekentalan beton saat melakukan pengecoran. Hindari penambahan air pada beton.
  • Penuangan beton harus continue. Atur kedatangan beton sedemikian rupa agar beton selalu tepat waktu.
Pengawasan pekerjaan cor harus selalu dilakukan untuk mencegah hal-hal diatas. Kerja sama antar semua team sangat diperlukan untuk selalu menjaga prosedur pekerjaan agar sesuai dengan kesepakatan dengan pihak pemberi pekerjaan.

Repair Akibat kegagalan Aplikasi

Kegagalan aplikasi waterproofing integral menyebabkan adanya bagian bangunan yang mengalami kebocoran atau rembes. Untuk memperbaiki semua masalah bocor dapat dilakukan dengan metode injeksi. Saya sudah membahas cara perbaikan beton pada artikel sebelumnya. 

Penutup

Pekerjaan waterproofing ataupun pekerjaan lainnya membutuhkan kerja sama antar semua team pekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Waterproofing integral mampu membuat beton tahan terhadap air, namun material ini tidak akan bekerja pada beton retak atau keropos. Oleh sebab itulah, pengawas pekerjaan ini harus bekerja extra untuk memastikan semua aspek pekerjaan sudah sesuai dengan prosedur kerja.

Sebagai bonus artikel, kami merekomendasikan untuk memakai tenaga ahli dalam melakukan pekerjaan ini. Salah satunya adalah CV. INDONITRO yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak tenaga profesional.

Silahkan hubungi melalui banner berikut ini untuk melihat detail informasi perusahaan yang bergerak dibidang waterproofing selama lebih dari 5 tahun.