Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Dampak bangunan bocor yang harus di waspadai !

Dampak bangunan bocor

Dampak bangunan bocor sangat banyak, baik untuk bangunan itu sendiri ataupun penghuninya. Dan cara memperbaikinya pun sangat beragam. Salah satunya dengan melakukan injeksi beton atau lebih dikenal dengan sebutan suntik beton. 

Dampak Bangunan Bocor

Injeksi beton adalah metode perbaikan pada bangunan bocor dengan cara menyuntikkan sejumlah material untuk menghentikan aliran air yang terdapat dalam beton.

Metode suntik beton ini adalah cara paling efektif untuk mengatasi bagian bangunan yang mengalami kerusakan yang berakibat bocor.

Banyak kontraktor yang menyediakan jasa perbaikan untuk beton yang mengalami bocor. Dengan berbagai macam cara yang berbeda. Mulai dari melakukan injeksi dan pemasangan waterproofing yang baru.

Disini saya tidak akan membahas metode perbaikan pada beton bocor karena saya sudah membahasnya di artikel : Injeksi beton untuk mengatasi bangunan bocor dengan cepat.

Pembahasan kali lebih ke dampak dari membiarkan bangunan dalam keadaan bocor dalam jangka waktu yang lama.

Bangunan akan tampak Kusam dan Bau
Dampak bangunan bocor yang pertama akan membuat kusam dan bau karena banyaknya tumbuh jamur. Jamur bisa tumbuh di plafon , dinding dan bagian yang terkena rembesan air.

Keadaan seperti ini akan membuat kenyamanan penghuninya akan terganggu. Selain itu, bangunan bocor sangat tidak baik untuk kesehatan.

Bayangkan jika harus tinggal di bangunan yang berjamur dan kotor, berasa seperti tinggal di rumah angker.

Membuat Beton Menjadi Rapuh
Air yang meresap dalam beton dan terjebak di dalamnya dalam jangka waktu yang lama akan mengurangi kekuatan beton bahkan bisa menjadi rapuh. Apalagi jika kondisinya yang berubah-ubah. Kadang kering, basah dan lembab.

Merusak Struktur Beton
Air yang mengalir menembus beton ataupun yang terjebak di dalamnya akan memuat besi struktural menjadi berkarat. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menjadi semakin lebar. Besi struktur yang berkarat ini akan semakin berkurang kekuatannya.

Kerusakan Semakin Luas
Beton yang mengalami kebocoran cenderung akan bertambah. Hal ini disebabkan karena struktur beton semakin lemah. Besi tulangan yang berkarat dan bertambah banyak akan menyebabkan kebocoran yang semakin luas.

Merusak Perabot dalam Bangunan
Saat bangunan mengalami bocor, dampak langsung terasa adalah rusaknya perabot di dalam bangunan karena terkena tetesan air yang menembus beton.

Nilai Jual Akan Berkurang 
Tak kalah pentingnya, dampak bangunan bocor akan mengurangi nilai jual sebuah bangunan. Untuk anda yang berkecimpung dalam bisnis ini, tentu keadaan seperti ini sudah dipahami.

Sebaiknya segera perbaiki area bangunan yang bocor untuk mencegah kerusakan semakin berlanjut.

Merusak Cat Dan tembok bangunan
Bangunan bocor memiliki berbagai dampak yang sangat merugikan. Salah satunya adalah rusaknya cat dan interior bangunan. Keadaan seperti ini adalah hal yang paling sering terjadi pada bangunan bocor

Menyebabkan Kebakaran
Hmmmmzzz.... Kok kebakaran sih ?!!
Tapi memang benar. Air rembesan karena bocor yang mengenai instalasi listrik dapat menyebabkan konslet. Percikan api dari kabel listrik konslet inilah yang menyebabkan kebakaran pada bangunan bocor.

Sebaiknya segera perbaiki bangunan anda yang bocor baik dengan cara injeksi beton ataupun melakukan pemasangan lapisan waterproofing untuk melindungi bangunan dari masalah bocor.

Itulah beberapa dampak bangunan bocor yang mungkin saja terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat