Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polyurethane Untuk Injeksi Beton | Ada Kemasan 1 KG

Polyurethane Injeksi Beton

Jenis Polyurethane sangat beragam dan digunakan untuk berbagai keperluan. Karena Tahapan ID banyak membahas tentang injeksi beton bocor, maka polyurethane yang akan dibahas ini adalah PU khusus untuk pekerjaan injeksi beton bocor.

Ada dua jenis PU injeksi beton yaitu polyurethane satu komponen dan dua komponen. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menghentikan aliran air yang berada dalam beton.

Walau memiliki fungsi yang sama, ada perbedaan dari cara penggunaanya saat melakukan injeksi beton. Untuk lebih jelasnya, Tahapan ID bahas satu persatu saja.

Polyurethane Satu Komponen

PU satu komponen akan bereaksi jika terkena udara dalam jangka yang lama dan langsung bereaksi saat terkena air. Jika PU ditempatkan pada wadah yang tertutup rapat, material tidak akan bereaksi apapun. 

Dengan sifat seperti diatas, sangat menguntungkan untuk pekerja injeksi. Tidak perlu terlalu khawatir material setting dalam mesin injeksi. 

Saat menyimpan sisa material, sebaiknya pastikan wadah tertutup rapat dan tidak ada udara yang masuk untuk mencegah material setting.

Dari segi penggunaan saat penyuntikan material, polyurethane satu komponen dapat menggunakan mesin satu ataupun dua tabung. Jika menggunakan mesin yang dua tabung, tinggal isi saja kedua tabung tersebut.

Dari segi harga material, PU satu komponen cenderung lebih ekonomis dibandingkan dengan yang dua komponen. Sebagai pemakai material PU untuk pekerjaan injeksi, saya lebih menyukai Polyurethane satu komponen dengan.

Berikut ini keunggulan Polyurethane satu komponen ( Versi Tahapan ID ) :
  • Tidak Khawatir material setting di selang injeksi ataupun tabung injeksi
  • Harga Material lebih ekonomis dan mudah didapatkan
  • Harga mesin injeksi lebih murah

PU dua Komponen

Ada beberapa produk PU injeksi beton yang menyediakan produk ini. Sebenarnya tidak ada bedanya dengan PU satu komponen. Tapi sedikit ada kekurangan sekaligus banyak juga kelebihannya.

Polyurethane dua komponen sebaiknya diaplikasikan dengan mesin dua tabung. Jika dipaksakan menggunakan mesin satu tabung, maka akan sangat merepotkan. Besar resiko material mengembang di dalam mesin injeksi.

Ada perbedaan harga material yang beredar di pasaran. Pu dua komponen cenderung lebih màhal termasuk harga mesin injeksinya juga lebih mahal dari yang satu tabung.

Keunggulannya, material pasti setting jika sudah disuntikkan dalam beton. Karena penyuntikan ini sudah pasti akan membuat material tercampur. 

Kalau PU satu komponen, bisa saja tidak setting jika area yang disuntik tidak terdapat air dan kedap udara. Saya pernah beberapa kali menemukan PU satu komponen belum setting saat membuka packer. 

Setelah saya perhatikan, biasanya pemasangan titiknya tidak mengenai retak ataupun bocor. Sehingga lobang packer kedap udara dan kering. Jadi wajar saja kalau materialnya tidak setting. Berbeda dengan PU dua komponen, dengan kasus yang sama seperti ini, material tetap akan mengembang.

Dari berbagai keunggulan PU satu komponen ataupun dua komponen, Polyurethane mana yang paling sering anda gunakan ? Atau anda lebih menyukai yang mana ?

Kalau saya secara pribadi, lebih menyukai PU satu komponen. Karena mesin yang saya miliki cuma satu tabung. Dan memang diakui, sudah terbiasa dengan material yang satu komponen.

Kadang ada saja pelanggan yang meminta menggunakan polyurethane dengan merk tertentu yang dua komponen. Mau apalagi, pelanggan adalah raja. Saya tetap akan melakukan pekerjaan tersebut.

Di akhir postingan, Tahapan ID menyediakan material Polyurethane satu komponen dan dijual dengan paket hemat yaitu paket persatu kilogram dan 5 kilogram. Berbeda dengan kemasan polyurethane pada umumnya yang 20 kg per kemasan.

Dengan kemasan dan ukuran mini ini sangat cocok untuk pekerjaan anda yang volumenya tinggal sedikit atau nanggung. Sayang kalau harus beli yang kemasan 20 kg.

Polyurethane kemasan 1 Kg kami jual melalui Tahapan ID STORE. Silahkan klik disini jika tertarik dengan Produk : Polyurethane Untuk Injeksi Beton

Bukan hanya Polyurethane, Tahapan ID Store juga menyediakan mesin injeksi beton dan juga spare partnya.