Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Material Waterproofing Lengkap | Kenali Jenisnya Sesuai Kondisi Bangunan

Pada postingan sebelumnya sudah banyak membahas tentang waterproofing. Kami rasa udah pada tau apa itu waterproofing. Jadi tidak perlu dibahas lagi. Dan kali ini, Tahapan ID mau membahas berbagai jenis material waterproofing dan apa saja fungsinya.

Sebelum membahas produk waterproofing satu persatu, ada baiknya kami sebutkan dulu beberapa produsen material pelapis anti bocor yang akan kita bahas.

Berikut ini daftarnya :

  1. Sika
  2. Fosroc
  3. BASF
  4. Ultrachem
  5. Casali
  6. Aquaproof

Selain perusahaan penyedia material waterproofing, ada baiknya sedikit mengenal jenis waterproofing terlebih dahulu. Berikut ini jenis waterproofing yang banyak digunakan pada proyek dan konstruksi bangunan :

  • Waterproofing membrane bakar yaitu pelapis anti bocor dengan bahan utama bitumen. Berbentuk lembaran warna hitam dan diaplikasikan dengan cara dibakar
  • Waterproofing coating adalah sebuah usaha untuk menciptakan lapisan anti bocor. Diaplikasikan menggunakan kuas, roller ataupun spray
  • Integral adalah sebuah tindakan untuk menciptakan beton kedap air. Biasanya diaplikasikan pada beton segar sebelum beton dituang pada media cor
  • Waterstop merupakan material yang digunakan pada setiap sambungan beton dengan tujuan mencegah air meresap melalui celah pada sambungan beton

Produk waterproofing yang akan dibahas berkaitan dengan jenis pelapis anti bocor diatas. Sedikit kami berikan keterangan agar tidak membingungkan. 

Jika ingin lebih lengkap, Tahapan ID sudah membuat postingan yang lebih lengkap tentang jenis waterproofing. Silahkan baca pada postingan berikut : Jenis Waterproofing 

Daftar Material Waterproofing

Jenis material waterproofing sangat beragam. Mulai dari harga yang ekonomis sampai dengan cukup mahal. Sesuai dengan manfaat dan fungsi yang akan didapatkan.

Untuk lebih jelasnya, Tahapan ID membahasnya untuk informasi waterproofing yang dibutuhkan. Berikut daftar material waterproofing yang akan menjadi solusi bangunan anda.

Waterproofing SIKA

material-waterproofing-sika










Produk SIKA sangat beragam, hampir semua jenis waterproofing dapat ditemukan pada produk mereka. Dengan banyaknya varian material mereka, tidak mengherankan hampir semua orang sudah mengenal produk mereka. 

Walaupun sudah familiar, tidak ada salahnya kita bahas agar dapat menentukan jenis material yang tepat sesuai dengan kondisi bangunan.

Bukan itu saja, SIKA memproduksi banyak jenis waterproofing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tahapan ID hanya membahas sebagian kecil dari jenis waterproofing sika yang beredar dipasaran. Walau tidak dibahas semua, kami yakin jenis material waterproofing berikut ini bisa menjadi pilihan untuk melindungi bangunan dari masalah bocor.

SIKALASTIC 560 DAN 590

Kedua jenis material waterproofing coating diatas termasuk jenis coating ekspose. Jadi bisa dibiarkan begitu saja setelah diaplikasi. Dengan tidak perlu memasang screeding atau pelindung, maka kedua jenis material ini sangat menguntungkan.

Area rekomendasi untuk pemakaian sikalastic antara lain balkon dan atap dak beton. Tidak rekomendasi untuk area dinding luar, karena harganya cukup mahal.

Untuk mendapatkan lapisan yang lebih kuat, bisa menambahkan kain kasa atau serat fiber sebagai material tambahan. Hasilnya bisa setara dengan membrane waterproofing. Pilihan warna sebagian besar putih dan abu-abu. 

Postingan tentang sikalastic lebih lengkap bisa dibaca melalui postingan ini : Sikalastic 590

SIKA RAINTITE

Sebenarnya material ini hampir sama dengan sikalastic, tapi harganya lebih ekonomis. Dan area pemasangan sangat direkomendasikan untuk dinding luar bangunan. Harga lebih murah dari sikalastic. Untuk hasil yang maksimal, dapat menggunakan material tambahan juga.

Kalau untuk atap dak, lebih baik menggunakan sikalastic. Tapi ada juga permintaan yang ingin aplikasi jenis material ini untuk bagian balkon. 

Sika BituSeal T-130 SG

Salah satu jenis waterproofing membrane bakar sika ini sangat banyak digunakan. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Sistem aplikasi dengan cara dibakar menggunakan alat bakar khusus atau torching waterproofing. Berbahan dasar APP (Atactic Polypropylene) modifikasi bitumen, yang diperkuat dengan bahan Polyester non woven.

Sika Viscocrete 3115

Material waterproofing integral digunakan untuk melakukan menciptakan beton kedap air agar terhindar dari masalah bocor. Sistem aplikasi Sika Viscocrete 3115 dilakukan pada saat mesin masih segar disaat melakukan pengecoran. Pencampuran dapat dilakukan dalam mobil mixer beton.

Tahapan ID sudah membuat postingan yang lebih lengkap membahas tentang integral waterproofing. Silahkan baca melalui postingan berikut : Integral Waterproofing

Waterstop PVC Sikawaterbars

Material yang satu ini biasanya digunakan bersandingan dengan integral waterproofing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada beton yang sudah di integral, maka dipasang waterstop pada setiap sambungan beton.Ada dua jenis waterstop yaitu swallable waterstop dan PVC. Dan sika waterbars merupakan jenis PVC.

Masih banyak material waterproofing sika lainnya yang belum dibahas. Tapi yang sudah kita bahas diatas sudah cukup untuk mewakili beberapa jenis waterproofing. Kalau dibahas semua, nantinya postingan ini menjadi sangat panjang. 

Jika belum puas dengan material waterproofing di atas, bisa lanjut ke poin berikutnya sebagai perbandingan. 

Fosroc

material-waterproofing-fosroc

Jenis material pelapis anti bocor yang satu ini tidak kalah dengan produk sika. Sangat banyak digunakan pada proyek konstruksi gedung bertingkat dan perumahan khususnya untuk rumah kalangan menengah keatas.

PT Fosroc Indonesia juga banyak memproduksi berbagai jenis waterproofing yang dapat menjadi solusi bangunan bebas bocor. Berikut ini daftar material waterproofing fosroc yang paling banyak digunakan.

Brushbond

Salah satu material waterproofing coating yang banyak digunakan pada proyek konstruksi, terutama proyek gedung bertingkat. Ada dua jenis brushbond yaitu brushbond flex dan brushbond Grey.

Brushbond grey lebih direkomendasi untuk area toilet, balkon atau area yang tidak membutuhkan perlindungan lebih. Sedangkan untuk atap dak, STP, GWT dan kolam renang lebih diarahkan untuk menggunakan brushbond flex. Brushbond flex lebih elastis dan kuat.

Kedua produk waterproofing fosroc ini tidak tahan terhadap sinar matahari. Harus dipasang lapisan pelindung setelah aplikasi.

Postingan tentang Keunggulan Brushbond Flex bisa baca DISINI

Conplast WP 421

Material waterproofing yang satu ini digunakan untuk meningkatkan mutu beton dan membuat beton menjadi kedap air. Proses pencampuran dilakukan pada saat beton masih segar sebelum dituangkan pada media cor. Proses pencampuran seperti ini disebut sebagai waterproofing integral.

Conplast WP 421 dapat mempengaruhi slump beton dan membuat beton menjadi lebih encer. Dengan kelebihan sifat material seperti ini dapat mempermudah aplikasi beton karena menjadi lebih encer.

SW 10

Sebagai material pendamping pada pekerjaan integral waterproofing, Swellable waterstop dipasang pada setiap sambungan beton.

Waterstop SW10 yang dipasang pada sambungan beton berfungsi menghentikan air yang akan meresap melalui celah yang terdapat pada sambungan tersebut. Jadi sangat pas jika dikombinasikan dengan integral waterproofing yang mampu menciptakan beton kedap air.

PROOFEX TORCHSEAL 3P

Proofex torchseal 3P adalah material waterproofing membrane bakar. Sangat cocok untuk area atap dak atau dinding bangunan yang terpendam dalam tanah. 

Keunggulan Proofex Torchseal 3P

  1. Daya Rekat kuat
  2. Elastisitas tinggi
  3. Tahan cuaca extrim
  4. Kuat dan Tahan lama

Sebagai aplikator waterproofing atau penyedia jasa waterproofing, saya sangat menyukai membrane fosroc karena lebih mudah meleleh saat dibakar dan material lebih lentur. Ini versi saya, tapi bisa saja aplikator lain menyukai material tertentu karena sudah terbiasa memasang material waterproofing tersebut.

Casali

Kalau produk yang satu ini lebih terkenal ke membrane bakarnya. Ada dua jenis waterproofing membrane bakar casali yang cukup familiar. 

Membrane bakar yang eksposed sering disebut membrane granule. Dengan lapisan pasir khusus pada bagian atasnya sehingga tidak perlu dipasang screen. Bisa dibiarkan begitu saja setelah aplikasi.

Sedangkan tipe yang kedua adalah non exposed. Material waterproofing ini tidak tahan sinar matahari sehingga memerlukan lapisan pelindung biar tidak terpapar sinar matahari dalam jangka yang lama.

Aquaproof

material-waterproofing

Aquaproof sangat familiar dan dijual bebas pada toko bahan bangunan. Berbeda dengan beberapa jenis material waterproofing yang sudah dibahas sebelumnya. Dan sepertinya, aquaproof memang lebih fokus ke pengembangan retail mereka. Sehingga masyarakat lebih mengenal jenis material ini. Sama seperti produk avian atau sejenisnya.

Awalnya, aquaproof memang fokus dengan jenis waterproofing coating. Tapi akhir-akhirnya mengeluarkan produk baru yang berjenis membrane bakar. Namanya asphathene. Sayang saya belum pernah aplikasi membrane yang satu ini. Semoga kedepannya saya bisa mencobanya.

Kalau dilihat dari spesifikasi, sepertinya sama dengan membrane bakar pada umumnya. Dengan ketebalan 3 mm dan panjang 10 meter serta lebar 1 meter. Dengan bahan bitumen dengan serat khusus pada bagian dalamnya.

Untuk aquaproof jenis coating, sudah dibahas pada postingan sebelumnya. 

Baca :  Cara Menggunakan Aquaproof

Semua jenis material waterproofing yang Tahapan ID sudah bahas tadi, semuanya tersedia di Tokopedia. Jika anda beruntung, banyak promo dari Tokopedia untuk pembelanjaan dengan nominal tertentu. Bukan itu saja, bahkan ada promo gratis ongkos kirim. *Syarat dan ketentuan berlaku.

Tips : Saat belanja Produk waterproofing, sebaiknya chat admin toko terlebih dahulu untuk memastikan stok material waterproofing tersedia. Jangan sampai terlambat pengiriman karena stok sedang tidak tersedia.

Bagi yang mau belanja material waterproof yang telah kita bahas diatas, kami sediakan link yang langsung bisa anda gunakan untuk langsung masuk aplikasi tokopedia. Silahkan klik link atau ikonnya.




Saya rasa cukup dulu pembahasan tentang material waterproofing ini. Untuk kedepannya, akan saya tambahkan secara bertahap tentang produk waterproofing lainnya yang belum dibahas. 

Next Update : BASF, PENTENS, AVIAN, dan lain lain

Tag : material waterproofing, waterproifing Sika, produk waterproofing fosroc, aquaproof