Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikalastic 590 Deck Seal | Waterproofing Terbaik untuk Dak Baton

Sikalastic 590 By Tahapan ID
Pada postingan sebelumnya, Tahapan ID sudah membahas tentang cara membuat dak beton tidak bocor. Mengingat begitu banyak material yang menjadi pilihan, maka Tahapan ID akan mengulas salah satunya yaitu Sikalastic 590. Mengingat penggunaan pelapis anti bocor harus tepat sesuai dengan fungsi material agar mendapatkan hasil yang masimal. Maka informasi ini sangat berguna, apalagi jika berniat ingin membeli sikalastic 590. 

Sebelum ke pokok pembahasan, ada baiknya sedikit mengulang tentang pentingnya membuat lapisan waterproofing pada dak beton agar tidak mengalami masalah bocor.

Dengan menggunakan lapisan waterproofing, diharapkan bisa membuat umur dak beton menjadi lebih panjang, menghindari kerusakan besi struktur karena terkontaminasi air, mencegah kerusakan cat interior bangunan, menghindari beton lembab dan mencegah timbulnya flek pada cat interior. 

Jika dilihat dari manfaat waterproofing di atas, rasanya sangat penting untuk menggunakan waterproofing pada setiap bagian bangunan. Salah satu yang terpenting adalah bagian atap dak beton.

Deskripsi:
Sikalastic - 590 adalah waterproofing satu komponen yang tahan terhadap paparan sinar ultraviolet. Dengan bahan polyurethane-acrylic dispersi dan mempunyai daya rekat yang sangat baik serta elastisitas yang tinggi. Cocok diaplikasikan pada area atap dak beton.

Keunggulan Sikalastic 590 Deck Seal

Sikalastic 590 Deck Seal
Sebelum memutuskan jenis waterproofing yang akan digunakan, ada baiknya mengetahui dahulu apa saja keunggulan dari material tersebut. Jangan sampai salah dalam menentukan material waterproofing. Dampak salah pilih material ini cukup merepotkan. Dampak bangunan bocor sangat merugikan seperti yang sudah Tahapan ID sebutkan pada poin sebelumnya.

Berikut ini keunggulan sikalastic 590 :
Material tahan terhadap sinar Ultraviolet sehingga material bisa dibiarkan terbuka setelah aplikasi. Tidak memerlukan lapisan pelindung. Sifat material yang sudah tahan terhadap sinar matahari membuat material tidak cepat menguning serta tidak cepat berjamur.

Material sangat elastis. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai pelapis anti bocor. Karena sifatnya yang elastis mampu melindungi beton jika terjadi keretakan. Air tidak akan langsung meresap melalui retakan karena terhalang material waterproofing.

Penggunaan material juga cukup aman karena berbasis air dan tidak beracun. 

Sikalastic 590 merupakan material satu komponen. Jadi mempermudah pemakaian karena tidak perlu menambahkan campuran apapun. Jika menginginkan material menjadi lebih encer, bisa juga ditambahkan air sebesar 10 persen.

Memiliki daya rekat yang baik. Sehingga cocok untuk diaplikasikan pada beton yang berpori ataupun tidak. Hasil aplikasi akan membentuk lapisan waterproofing coating yang mulus. Tahan air, elastis, dan tahan terhadap sinar matahari.

Terdapat dua pilihan warna yaitu white dan grey. Pilih sesuai dengan kebutuhan desain bangunan anda.

Persiapan Lokasi Pemasangan Sikalastic 590 Deck Seal

Sebelum aplikasi material, sebaiknya lakukan pengecekan kondisi lokasi yang akan dikerjakan agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Berikut ini beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum aplikasi Sikalastic 590 :
Umur beton sudah layak untuk di aplikasi waterproofing yaitu sekitar 28 hari. Tujuannya untuk menghindari penguapan beton yang berlebihan dan mencegah kerusakan material karena penyusutan beton. Sering Terjadi, beton mengalami retak yang cukup parah sehingga material tidak mampu mengcover kerusakan tersebut.

Kebersihan beton harus diperhatikan. Buang semua sisa beton, air, bahan kimia, minyak dan sisa material lainnya yang dapat mempengaruhi hasil aplikasi material waterproofing.

Lakukan perbaikan area beton yang rusak. Misalnya menambal area yang berlubang, memperbaiki beton keropos dan retak. Lakukan secara optimal pada tahap ini. Jangan sampai ada area yang tertinggal sehingga masih dalam keadaan rusak saat aplikasi material.

Tutup setiap sudut pertemuan antara dinding dan lantai. Buatkan champer untuk mencegah lapisan waterproofing yang dihasilkan terlalu menekuk sehingga beresiko menimbulkan masalah bocor.

Cara Penggunaan Sikalastic 590

Sebelum menggunakan material, sebaiknya aduk menggunakan mixer selama satu menit untuk mencegah material yang menggumpal. Pastikan material sudah tercampur rata dan tidak ada yang mengendap

Sikalastic 590 dapat dicampur dengan air maksimal 10 persen jika menginginkan material menjadi lebih encer. Biasanya digunakan sebagai primer untuk merekatkan sikameet atau material tambahan lainnya ( kain kasa atau serat fiber )

Aplikasikan material menggunakan kuas roll atau mesin sprayer tekanan tinggi. Dosis pemakaian material dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin banyak pemakaian material maka semakin tebal lapisan waterproofing yang akan didapatkan. 

Jika memerlukan data Teknis Sikalastic 590, silahkan download dengan cara KLIK DISINI

Rekomendasi Pemakaian dosis 1,6 kg/m² - 1,9 kg/m²

Semoga artikel tentang Sikalastic 590 bermanfaat dan dapat menjadi sebagai panduan untuk mengaplikasikannya sebagai cat pelapis anti bocor untuk melindungi bangunan anda dari masalah bocor. Selamat mencoba
Fadli
Fadli Walau masih perlu banyak belajar, tidak ada salahnya berbagi apa yang saya ketahui. Karena sehari-hari bekerja sebagai aplikator waterproofing, maka sebagian besar isi blog akan membahas seputar pekerjaan yang saya tekuni terutama waterproofing coating dan membrane bakar. Selain itu, injeksi beton juga sangat menarik untuk dibahas.