Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikadur 752 | Penjelasan Lengkap dan Cara Menggunakannya

Pada postingan sebelumnya, tahapan ID sudah membahas tentang injeksi epoxy. Dan salah satu material yang bisa digunakan adalah sikadur 752 sebagai material yang disuntikkan ke dalam beton. Sedangkan Sikadur 31 CF sebagai lem untuk merekatkan nepel injeksi.

Sebagai kelanjutannya, postingan ini membahas material injeksi epoxy tersebut. Biar lebih detail agar bisa menjadi rekomendasi saat ingin menentukan material yang tepat untuk melakukan injeksi beton retak. Apalagi jika ingin beli SIKADUR 752, ada baiknya mengetahui dahulu detail material secara rinci. 

SIKADUR 752

Sikadur 752

Deskripsi
Sikadur 752 merupakan epoxy bebas Solvent yang sangat encer. Dengan 2 komponen material berguna untuk mengisi celah retak pada beton. Material sangat kuat tetapi tidak rapuh. 

Keunggulan
Berikut ini keunggulan sikadur 752 :
  • Penutup retak pada beton yang sangat bagus
  • Material sangat encer sehingga mudah masuk ke celah beton yang kecil
  • Dapat diaplikasikan pada area kering dan lembab
  • Daya rekat yang baik dan kuat
  • Keras dan tidak rapuh
  • Tidak ada penyusutan material
Konsumsi
Tidak bisa dipastikan dosis pemakaian secara tepat. Karena banyaknya material yang digunakan sesuai dengan tingkat besar dan kecilnya retakan. Secara teoritis 9,25 liter volume/ 10 kg set

Data Teknis
Sebelum memutuskan ubtuk beli sikadur 752, ada baiknya mengetahui dahulu spesifikasi material agar mendapatkan sesuai dengan yang diinginkan :
  • Sikadur memiliki warna kekuningan. Perbandingan saat mencampur material adalah (A : B = 2 : 1)
  • Berat Jenis  : +- 1.08 kg /ltr
  • Kekentalan   : 180 ± 25 cps Pot Life 30 o C
  • Awal Pengerasan 30 derajat Celcius atau sekitar 25 menit
Untuk data teknis lengkap, bisa download versi pdf DISINI

Fungsi dan Kegunaan Sikasur 752

Sikadur 752 merupakan material utama pekerjaan injeksi epoxy. Material inilah yang akan mengisi setiap rongga kerusakan beton. Dengan sifat material yang sangat kuat memungkinkan menjadi sebagai perekat antar kedua beton yang terpisah karena retak.

Selain sebagai bahan injeksi, Sikadur 752 bisa digunakan dengan cara hanya menuangkan pada bagian beton yang retak. Tapi metode ini hanya bisa digunakan untuk memperbaiki lantai beton.

Caranya cukup mudah, cukup dengan memotong beton membentuk huruf V kemudian langsung bisa dituang dengan campuran sikadur 752. Tuangkan secara perlahan karena material akan mengalir ke dalam rongga beton. Terus tambahkan sampai material tidak turun lagi.

Tips Penggunaan Sikadur 752

Waktu setting material tergolong cepat. Untuk itulah, buat campuran sedikit demi sedikit. Perkirakan penggunaan campuran habis dalam waktu 15-20 menit karena jika sampai 25 menit, biasanya material sudah setting dan mulai panas lalu akan langsung kering dalam beberapa menit.

Saat melakukan penyuntikan, isi air pada tabung injeksi epoxy dan gunakan gelas plastik atau botol lain sebagai tempat material injeksi. Biarkan material mengambang diatas air dan berada dalam gelas plastik.

Cara ini dilakukan untuk antisipasi jika tabung injeksi tidak kuat karena tekanan sudah cukup tinggi. Jika tabung pecah, maka yang akan keluar lebih dulu adalah air. Jadi lebih mudah  mudah dibersihkan. Biasanya material tidak akan ikut keluar saat tabung pecah.

Selain itu, penggunaan air di bagian bawah tabung ini berfungsi mudah mengganti wadah material injeksi. Jika material tiba-tiba setting, langsung bisa menggantinya dengan wadah baru tanpa harus mengganti tabung.

Ada satu lagi, siapkan sabun colek untuk mencuci beton yang kena tumpahan material injeksi. Lakukan saat material belum setting. Pekerjaan ini mempermudah untuk membersihkan tumpahan sikadur 752. 

Jika dibiarkan sampai kering, maka pembersihan tumpahan material akan menjadi sangat sulit. Harus menggunakan mesin gerinda. Sikadur 752 yang sudah setting akan sangat keras dan merekat kuat pada beton.

Semoga postingan tentang sikadur 752 ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke media sosial anda.