Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Injeksi Beton Retak | Jangan Salah Pilih !

Pada proyek konstruksi, baik itu rumah tinggal, gedung bertingkat dan pembangunan jalan sangat sering ditemukan kondisi beton mengalami masalah retak. Banyak hal yang menjadi penyebabnya. Begitu juga dengan cara memperbaikinya. Dan salah satu metode yang populer untuk memperbaiki masalah beton retak adalah dengan metode injeksi beton.

Bahan Injeksi Beton Retak

Postingan kali ini kita bahas tentang bahan injeksi beton retak. Material apa saja yang bisa digunakan pekerjaan memperbaiki kerusakan beton yang berupa retak. 

Sikadur 752

Sikadur 752 berupa epoxy yang sangat cair sehingga dapat masuk kedalam celah retak beton. Material ini jauh lebih encer dari epoxy yang banyak digunakan untuk pekerjaan lantai. Selain lebih encer, sikadur 752 sangat keras jika sudah setting sehingga sangat baik untuk mengisi celah retak pada beton.

Sikadur 752 dapat digunakan sebagai bahan utama untuk pekerjaan injeksi epoxy. Bukan itu saja, material ini dapat digunakan sebagai primer untuk menutup semua retakan kecil yang terdapat pada beton.

Selain untuk injeksi beton, sikadur dapat juga dikucurkan langsung pada bagian beton yang retak. Sebaiknya, cutting terlebih dahulu beton yang mengalami retak. Cuttingan dibuat berbentuk huruf V. 

Pada metode tuang, pastikan sikadur 752 masuk kedalam area retakan. Jika menggunakan metode tuang, biasanya pekerjaan ini tidak dapat dilakukan cukup sekali seperti metode injeksi. Metode tuang ini akan menghabiskan banyak waktu karena harus menunggu material meresap ke dalam retakan kemudian dituangkan kembali setelah volume material berkurang pada area permukaan beton.

Untuk hasil yang lebih maksimal dan memastikan material masuk ke bagian dalam, sebaiknya gunakan metode injeksi epoxy.

Sikadur 31 CF

Material ini digunakan sebagai perekat nepel pada pekerjaan injeksi epoxy. Dengan tingkat kekerasan lebih tinggi dari beton dan memiliki daya rekat yang sangat baik. 

Selain sebagai perekat nepel injeksi epoxy, sikadur 31 CF sering digunakan untuk menambal area beton yang retak. Untuk memastikan material mengenai retakan yang ditambal, biasanya beton di cutting terlebih dahulu mengikuti retakan.

Kedua produk diatas diproduksi oleh PT SIKA dan dijual bebas dipasaran. Selain jenis SIKA, ada juga FOsroc yang memproduksi jenis material yang sama. Cara penggunaannya juga sama.

Nitobond EC

Nitobond EC memiliki fungsi yang sama seperti sikadur 31 CF. Material ini digunakan untuk merekatkan nepel injeksi epoxy dan dapat juga digunakan untuk menambal area beton yang retak. 

Selain Itu, nitobond EC dapat digunakan sebagai perekat saat memasang waterstop. TIngkat kekerasan material ini sangat baik dan tentu saja daya rekatnya juga bagus. Nitobond EC lebih halus dari Sikadur 31 CF. Kalau sikadur 31 CF memiliki pasir silika sebagai campuran. Sehingga akan tampak lebih kasar dari nitobond EC.

Conbextra EP 10 TG

Material ini setara dengan Sikadur 752 milik SIka. Kalau conbextra milik fosroc, sedangkan sikadur milik Sika. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Menjadi material utama untuk pekerjaan injeksi epoxy sekaligus dapat digunakan untuk merekatkan area beton yang mengalami masalah retak.

Fosroc dan SIKA seperti persaingan yang ketat dalam hal memproduksi material injeksi beton dan waterproofing. Dengan persaingan yang ketat ini, tentu saja keduanya sudah memiliki pasar dan pelanggan masing-masing.