Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Sikatop 107 | Solusi Bangunan Bebas Bocor

Update kali ini Tahapan ID membahas tentang kegunaan sika top 107. Karena masih sering mendapatkan pertanyaan tentang material waterproofing sika yang satu ini. Untuk orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia konstruksi, sika top 107 bukanlah material yang asing lagi.

Sika Top 107 terdiri dari dua komponen. Satu dalam bentuk powder atau semen khusus dan yang satunya lagi berbentuk cairan dalam satu jerigen. Kedua komponen ini bisa dicampur saat akan mengaplikasikan material tersebut.

Kegunaan Sika Top 107

Kegunaan Sikatop 107

Langsung saja ke topik pembahasan. Sika top berfungsi sebagai material yang berfungsi untuk membuat lapisan waterproofing. Pemasangan material ini bertujuan untuk melindungi bangunan dari masalah bocor.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sika top harus diaplikasikan dengan benar atau oleh orang yang berpengalaman dalam bidang pekerjaan waterproofing. Karena kali ini membahas tentang kegunaan sika top 107, rasanya kurang lengkap jika tidak membahas bagaimana cara mengaplikasikannya dengan benar.

Keunggulan Sika Top

Berikut ini beberapa keunggulan Sikatop 107 :
  • Cara aplikasi yang mudah dan sederhana
  • Daya rekat yang kuat
  • Memiliki elastisitas yang tinggi
  • Material mudah untuk didapatkan. Banyak tersedia di toko bangunan
  • Material tidak beracun

Cara Menggunakan Sika Top 107

Pada postingan sebelumnya, sudah banyak dibahas tentang bagaimana melakukan persiapan lokasi kerja sebelum melakukan pekerjaan waterproofing. Tapi tidak ada salahnya di ulang lagi.

Langkah Persiapan Aplikasi Sika Top 107

Sama seperti pekerjaan waterproofing pada umumnya, perlu melakukan persiapan lahan kerja sebelum melakukan pemasangan sika top 107. Adapun syarat lokasi untuk pemasangan material waterproofing adalah sebagai berikut :
  1. Lokasi harus bersih dari debu, air, minyak dan kotoran sisa beton. Sebaiknya periksa dengan teliti sebelum memasang waterproofing. 
  2. Beton tidak boleh ada yang retak, keropos atau berlubang. Jika masih banyak lokasi yang seperti ini, sebaiknya lakukan perbaikan terlebih dahulu dengan cara menambal atau dengan metode grouting dan injeksi.
  3. Setiap pertemuan dinding dan lantai harus dibuatkan champer. Tujuannya adalah untuk mencegah lapisan waterproofing patah setelah di aplikasi
  4. Pasang police line untuk mencegah pekerja lain melintasi area kerja
Jika semua syarat di atas sudah terpenuhi, lokasi sudah dinyatakan siap untuk dipasang sika top 107. Sebelum melakukan pekerjaan ini, sebaiknya persiapkan alat yang akan dibutuhkan untuk pekerjaan waterproofing coating.

Daftar alat yang dibutuhkan untuk melakukan pemasangan sikatop 107 

  • Kabel dan power listrik
  • Mixer untuk mengaduk sika top 107
  • Ember besar dan kecil
  • Sendok semen, kuas 4 inch, sarung tangan, palu, pahat beton dan sapu.

Cara Aplikasi Sikatop 107

  1. Pastikan kembali lokasi sudah benar benar bersih. Gunakan sapu untuk membersihkan area dan ketrik sisa beton yang masih tersisa.
  2. Jika lokasi kerja sudah bersih. Siapkan ember besar. Tuangkan cairan sika top 107 kedalam ember. Kemudian masukkan powder sikatop sambil diaduk menggunakan mixer. Aduk sampai mendapatkan campuran yang homogen dan tidak ada lagi butiran semen sika top yang menggumpal.
  3. Bagi campuran ke beberapa ember kecil untuk mempermudah pekerjaan.
  4. Gunakan kuas untuk mengaplikasikan campuran ke beton. Sebaiknya lakukan penguasan secara satu arah. Misalnya horizontal, maka semuanya harus dikuas dengan arah yang sama.
  5. Setelah selesai aplikasi yang pertama, biarkan material sampai kering sekitar 8 jam
  6. Untuk tahap berikutnya adalah aplikasi yang kedua sama saja seperti tahapan yang pertama. Perbedaannya cuma dari cara aplikasi. Pada lapisan kedua ini, harus diaplikasikan berlawanan arah dari cara yang pertama. Kalau yang pertama horizontal, maka lapisan yang kedua harus ke arah vertikal.
  7. Jika lapisan yang kedua sudah selesai. Biarkan material kering sempurna.
  8. Pada hari berikutnya, lakukan test rendam untuk memastikan pekerjaan waterproofing berhasil dengan baik. Pastikan tidak ada area yang bocor saat tes rendam. Jika ada area yang bocor, segera perbaiki dengan mengaplikasikan satu kali lagi.
  9. Jika test rendam sudah selesai dan tidak ada bocor. Langsung keringkan area tersebut kemudian pasang lapisan pelindung waterproofing. Karena Sika top tidak tahan terhadap sinar matahari. Perlindungan lapisan waterproofing dapat dilakukan menggunakan screed.
Sampai disini sudah cukup, pekerjaan sudah dianggap selesai. Semoga postingan tentang kegunaan sikatop 107 ini bermanfaat dan jangan lupa share ke media sosial untuk membagikan postingan ini.