Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambal Beton Yang Retak Dengan Tuntas

Postingan kali ini membahas tentang cara menambal beton yang retak. Kerusakan seperti ini seperti terlihat ringan, namun memiliki dampak yang besar jika tidak segera melakukan perbaikan. 

Jangan sepelekan kasus seperti ini. Bisa saja kerusakan semakin parah jika hanya dibiarkan begitu saja. Dengan kondisi retak, beton rentan akan kemasukan air. Jika air sudah meresap kedalam beton, tentu saja kasus ini bukan lagi masalah yang ringan.

Besi struktur akan berkarat jika sudah terkena air. Apalagi dalam waktu yang lama. Kekuatan besi struktur akan menjadi berkurang. Bukan itu saja, air yang meresap melalui retak lambat laun akan menembus beton. Dampaknya akan merusak bagian dalam bangunan.

Akan timbul banyak bercak, cat mengelupas, bau dan tumbuh jamur. Sangat disayangkan kejadian seperti ini banyak terjadi. Akibatnya rumah tampak kusam dan kumuh. Untuk mencegah hal ini terjadi pada anda, sebaiknya segera perbaiki bagian beton yang retak.

Cara Menambal Beton Yang Retak

Cara Menambal Beton Yang retak 

Ada beberapa cara untuk memperbaiki area beton yang mengalami retak. Bisa dengan menambalnya secara langsung, metode injeksi epoxy dan menggunakan epoxy lantai. 

Sebelum membahas cara menambal beton yang retak, ada baiknya mengetahui dahulu beberapa penyebab beton retak. Berikut ini beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab beton mengalami keretakan :
  1. Mutu Beton terlalu rendah. Sebaiknya perlu pengawasan dan menentukan mutu beton yang akan digunakan saat sedang membangun
  2. Penguapan beton terlalu tinggi saat dalam proses pengerasan
  3. Peletakan material saat beton belum cukup umur.
  4. Ketebalan beton
  5. Tidak dilakukan curing setelah pengecoran
  6. Selimut beton terlalu tipis
Jika sudah terjadi dan beton sudah terlanjur retak, segera perbaiki area tersebut. Jangan sampai retakan semakin membesar atau bertambah banyak. Berikut ini cara menambal beton retak menggunakan bahan epoxy resin.
  • Marking area yang retak kemudian cutting menggunakan mesin membentuk huruf V
  • Kucurkan material epoxy yang dicampur dengan semen
  • Biarkan material mengalir masuk ke dalam beton, tunggu sampai kering.
  • Setelah kering, biasanya akan ada penyusutan material. Tambal kembali bagian tersebut dengan campuran epoxy dan semen dengan ukuran lebih kental dari sebelumnya.
  • Lakukan pada setiap area yang mengalami retak struktur.
Untuk melakukan pekerjaan seperti diatas, sebaiknya gunakan epoxy khusus untuk perekat beton. Bisa menggunakan SIKADUR 752 atau conbextra EP 10 TG. Pilih salah satu aja. Kedua jenis material ini sangat encer sehingga memungkinkan material masuk ke dalam retakan. 

Jika ingin menggunakan material yang lebih padat, bisa memakai sikadur 31 CF. Material berbentuk pasta sehingga bisa langsung diaplikasikan. Tapi material ini tidak bisa meresap kedalam retakan karena material berbentuk pasta. Tapi hasilnya sangat kuat, cocok untuk menambal area retak yang sudah di cutting.

Sikadur 752, sikadur 31 CF ataupun conbextra EP 10 TG sudah di jual bebas. Banyak tersedia di toko online seperti tokopedia, lazada, JD ID ataupun Shopee. Silahkan beli sesuai dengan marketplace kesayangan anda. Link menuju market place kami sediakan dibawah postingan.

Selain dengan cara diatas, bisa juga menambal beton retak dengan menggunakan epoxy lantai. Dengan cara ini semua keretakan lantai akan tertutup oleh lapisan epoxy. Bangunan akan tampak lebih rapi dan bersih. 

Tahapan ID sudah pernah membuat postingan yang membahas tentang epoxy lantai. Silahkan baca melalui postingan berikut : Epoxy Lantai, Solusi Lantai Tahan Lama

Memperbaiki Beton Yang Retak Dengan Metode Injeksi

Dalam kondisi tertentu, kedua metode diatas tidak bisa digunakan demi menjaga kekuatan bangunan. Jika menginginkan material benar-benar mengisi bagian beton retak, sebaiknya gunakan metode injeksi untuk memperbaikinya.

Material injeksi epoxy dirancang khusus agar lebih cair sehingga bisa masuk kedalam celah beton yang kecil. Dengan kekuatan material yang baik memungkinkan menjadi sebagai pengikat antar beton yang retak. 

Ada dua jenis material yang paling sering digunakan untuk melakukan pekerjaan injeksi yaitu Sikadur 752 dan conbextra EP 10 TG. Kedua jenis material ini paling sering digunakan untuk memperbaiki area beton yang retak.

Untuk pembahasan tentang injeksi epoxy, saya sudah membuatkan postingan tersendiri. Silahkan baca melalui postingan berikut : Injeksi Epoxy, Solusi Lantai Retak

Selain dari metode di atas, ada juga yang menambal beton menggunakan semen. Biasanya pada area atap dak yang akan melakukan pekerjaan waterproofing. 

Sebelum menambal beton yang retak dengan semen, pastikan pembobokan cukup dalam agar semen benar-benar masuk kedalam. Setelah dilakukan penambalan, baru diaplikasikan waterproofing atau cat pelapis anti bocor.

Semoga postingan tentang cara menambal beton yang retak ini bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk memperbaiki atau menambah isi postingan ini,