Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sika Coat | Keunggulan dan Cara Penggunaan

Dinding pembatas atau tembok luar bangunan merupakan bagian yang penting untuk dilapisi waterproofing atau cat pelapis anti bocor. Postingan kali ini membahas tentang sika coat yang cocok banget untuk digunakan sebagai pelindung bangunan dari masalah bocor.

Sika Coat Merupakan Membran cair berbasis akrilik fleksibel serbaguna satu komponen. Material dapat diterapkan pada dinding tembok pembatas, dinding luar, dll.

Keunggulan Sika Coat

Keunggulan Sika Coat

Jika akan menggunakan produk waterproofing coating atau lainnya, pasti yang ingin diketahui adalah kelebihan dari produk tersebut. Tahapan ID sudah merangkum beberapa keunggulan Sika Coat. Berikut keunggulannya :
  1. Aplikasi mudah
  2. Kekuatan  yang sangat baik
  3. Produk thixotropic
  4. Elastisitas tinggi
  5. Stabilitas UV yang sangat baik
  6. Kedap air
  7. Kemampuan menjembatani retak sampai dengan 2 mm
  8. Dapat diencerkan dengan 10% air (hanya merekomendasikan untuk cat dasar).
  9. Konsumsi rendah hanya 0,3 kg/m² untuk sekali coating. Minimal aplikasi 2 layer.

Pemakaian Material

SikaCoat digunakan untuk plesteran dan beton sebagai lapisan waterproofing sekaligus cat eksternal, menutup sambungan penyekat, pangkuan dan sekrup atap pada berbagai jenis atap (genteng, asbes, seng). Produk juga sangat bagus digunakan untuk cat dinding tembok pembatas dan dinding luar bangunan. Sebelum menggunakan sika coat, sebaiknya pastikan beton sudah berumur 28 hari dengan kadar air kurang 11% dan pH kurang 7

Informasi Kemasan
Tersedia dalam dua varian yaitu 20 kg dan 4 kg. Jadi bisa beli sesuai kebutuhan karena tersedia kemasan kecil. Sedangkan pilihan warna terdapat 3 jenis yaitu : abu-abu dan Abu-abu Batu, Putih, dan Latte.

Masa pakai material cukup panjang yaitu 12 bulan dari tanggal produksi. Sebaiknya cek tanggal produksi jika membeli produk ini untuk memastikan kualitas material masih bagus.

Kondisi penyimpanan
Penting untuk diperhatikan, simpan material ditempat yang tidak terkena sinar matahari dan Suhu penyimpanan antara +5 ° C dan +30 ° C. Kemasan harus tertutup rapat. Kemasan yang terbuka dapat membuat material menjadi setting dan mengeras. Massa jenis~ 1,3 ± 0,05 kg / L (pada +30 ° C)

Waktu pengeringan
Sika coat kering dalam waktu lebih dari 3 jam tergantung kondisi cuaca dan kelembaban udara. Waktu pengeringan ini bisa dijadikan patokan untuk waktu aplikasi antara lapisan pertama dan kedua. Sebaiknya berikan waktu tenggang minimal 3 jam setelah aplikasi lapisan pertama.

Produk dapat juga diaplikasikan dengan membrane tambahan, kain kasa ataupun serat fiber. Konsumsi lapisan pertama adalah 0,3 kg/m². Dosis yang sama juga berlaku untuk lapisan kedua jika diaplikasi tanpa membrane. 

Jika menggunakan membrane tambahan, pastikan membrane tertutup sempurna dan terlihat halus. Jika masih ada bayangan bekas membrane, sebaiknya diaplikasikan sati layer lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Persiapan Aplikasi Sika Coat

Permukaan harus bersih, tidak ada retak, keropos dan kotoran sisa beton yang menempel. Bersihkan permukaan yang akan di coating menggunakan sikat kawat. Jika area aplikasi adalah baja dan besi, pastikan sudah bebas dari karat agar material dapat merekat kuat pada media.

Pastikan media aplikasi sudah layak aplikasi. Tutup juga setiap sudut pertemuan lantai dan dinding untuk mencegah lapisan yang dihasilkan terlalu menekuk.

APLIKASI
Tahapan ID membagi cara aplikasi produk sika coat sesuai dengan kebutuhan. Baik yang menggunakan material tambahan ataupun tanpa material tambahan.


Untuk Dinding (Tanpa Membran):
Untuk substrat berpori, aplikasikan lapisan pertama yang diencerkan dengan 10% air sebagai lapisan primer. Biarkan waktu pengeringan yang cukup (> 3 jam).

Aplikasikan SikaCoat dalam dua lapis (0,3 kg / m2 / lapis), dengan kuas atau roller.

Untuk Area Detailing (Dengan Membran):
Untuk substrat berpori, aplikasikan lapisan pertama yang diencerkan dengan 10% air sebagai lapisan primer. Biarkan waktu pengeringan yang cukup (> 3 jam).

Aplikasikan lapisan pertama (0,8 - 1 kg / m2) Sika Coat dengan kuas atau roller.

Tempelkan membran Sika/kain kasa/ serat fiber ke dalam lapisan pertama saat masih basah. Pastikan membran benar-benar tertanam dan kelancaran semua kantong udara dan lipatan. Tumpang tindih membran yang berdekatan harus minimal 50 mm.

Segera aplikasikan lapisan kedua (0,8 - 1 kg / m2) SikaCoat saat lapisan pertama masih basah, untuk menjenuhkan seluruh membran dari kedua sisi.

Setelah kering, aplikasikan lapisan atas akhir (~ 0,4 kg / m2) untuk menyelesaikan aplikasi. Lindungi dari hujan sampai kering.

Perawatan
Bersihkan permukaan Sika Coat secara berkala agar lapisan waterproofing tetap awet. Gunakan sikat halus dan air untuk membersihkan permukaan. Jangan biarkan permukaan ditumbuhi rumput dan lumut karena akan mempengaruhi kinerja lapisan waterproofing

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke media sosial untuk membagikan artikel ini. 

Download TDS Sika Coat, KLIK DISINI

Fadli
Fadli Walau masih perlu banyak belajar, tidak ada salahnya berbagi apa yang saya ketahui. Karena sehari-hari bekerja sebagai aplikator waterproofing, maka sebagian besar isi blog akan membahas seputar pekerjaan yang saya tekuni terutama waterproofing coating dan membrane bakar. Selain itu, injeksi beton juga sangat menarik untuk dibahas.