Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Brushbond Flex | Solusi Bangunan Tanpa Bocor

Bangunan bebas bocor sudah menjadi standar nilai tersendiri. Oleh sebab itulah, bangunan membutuhkan lapisan pelindung untuk mencegah bocor. Postingan ini membahas salah satu produk milik PT Fosroc, yaitu brushbond flex.

Brushbond flex merupakan material waterproofing. Terdiri dari dua komponen yaitu powder dan liquid. Cara penggunaan menggunakan kuas dan diaplikasikan minimal 2 layer.

Lapisan yang dihasilkan berupa lembaran kedap air yang menjadi pelindung beton agar tidak terkontaminasi air. Brushbond sangat Cocok untuk  diaplikasikan pada kamar mandi, balkon, kolam renang, dan ground tank.

Brushbond flex menghasilkan lapisan yang sangat elastis dan merekat kuat pada beton. Bisa mengcover keretakan hampir sampai dengan 2 mm. Belum tahan terhadap sinar matahari, jadi harus dibuatkan lapisan pelindung berupa screed atau plesteran.

Material terdiri dari dua komponen yaitu powder dan liquid. Dengan dosis pemakaian sekitar 2 kg/m². Namun dapat diaplikasikan lebih tebal untuk mendapatkan lapisan waterproofing yang lebih tebal.

KEUNGGULAN BRUSHBOND FLEX

Keunggulan Brushbond Flex

Berikut ini keunggulan brushbond flex :

  1. Pelapis Anti bocor yang sangat baik
  2. Dapat diaplikasikan pada berbagai tempat termasuk area yang lembab
  3. Elastomeric
  4. Tidak memerlukan primer
  5. Kualitas tinggi dan tahan lama

DATA TEKNIS 
  • Konsumsi : 2kg/m² untuk 2 kali coating
  • Semen Base (powder)  25 Kg 
  • Liquid 10 kg
AREA APLIKASI
  • Kamar mandi
  • Kolam renang
  • Balkon dan teras
  • Terowongan
  • Ground reservoir

CARA APLIKASI BRUSHBOND FLEX

Sama seperti cara aplikasi waterproofing pada umumnya. Tahapan yang harus diperhatikan dalam persiapan lokasi yang akan di aplikasi brushbond flex. Demi hasil yang lebih baik dah tahan lama, sebaiknya persiapkan lokasi waterproofing. 

Berikut ini tahapan yang bisa dilakukan :

  1. Perbaiki area retak. Retak menjadi sumber utama penyebab bangunan bocor mengalami bocor. Dengan adanya retak memungkinkan air mengalir celah tersebut. Sebaiknya perbaiki area yang retak sebelum aplikasi brushbond flex. 
  2. Perbaikan retak dapat dilakukan dengan metode injeksi epoxy atau menambal dengan area retak dengan material injeksi epoxy. Pastikan semua area retak sudah diperbaiki.
  3. Repair beton keropos. Sangat penting untuk memperbaiki area keropos sebelum aplikasi waterproofing coating. Ciping semua area yang keropos sampai menemukan beton yang sehat. Kemudian lakukan grouting pada area yang keropos atau dapat juga dengan menambalnya dengan material semen.
  4. Lakukan pengecekan pada area sekitar pipa dan full drain karena area ini sering sekali mengalami masalah bocor. 
  5. Tutup semua sudut pertemuan lantai dan dinding. Champer bertujuan untuk mengurangi resiko lapisan waterproofing patah karena terlalu menekuk.
  6. Bersihkan semua area yang akan di aplikasi. Buang sisa beton , minyak atau sampah lainnya. Pastikan beton sudah benar-benar bersih. Sehingga material coating menempel sempurna pada beton.

Setelah langkah persiapan selesai, pasang police line agar tidak ada perkerja lain yang melintasi area pekerjaan waterproofing.

Berikut ini tahapan aplikasi Brushbond flex :
  1. Siapkan material sesuai kebutuhan
  2. Tuangkan liquid brushbond flex ke dalam ember besar
  3. Gunakan mixer untuk mengaduk material sambil menambahkan powder brushbond flex
  4. Aduk menggunakan mixer sampai mendapatkan lapisan yang homogen
  5. Lembabkan beton yang sebelum aplikasi. Pastikan tidak ada air yang menggenang. Hanya lembab saja
  6. Kuaskan campuran brushbond flex dalam satu arah. Misalnya vertikal atau horizontal
  7. Biarkan material kering sempurna
  8. Setelah kering, aplikasikan lapisan kedua dengan mengikuti seperti tahapan sebelumnya. Cara penguasan lapisan kedua harus berlawanan arah dari lapisan yang pertama.
  9. Biarkan sampai kering
  10. Lakukan test rendam pada hari berikutnya untuk memastikan keberhasilan pekerjaan waterproofing coating.
  11. Jika sudah tidak ada kebocoran, maka aplikasi brushbond flex sudah dianggap berhasil
  12. Pasang lapisan screed untuk melindungi lapisan waterproofing dari sinar matahari

Demi menjaga lapisan waterproofing yang sudah dibuat, sebaiknya hindari meletakkan material di atas area yang telah terpasang waterproofing. Dilarang menggunakan paku atau aktivitas lainnya yang dapat merusak lapisan waterproofing.

Semoga postingan tentang brushbond flex ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke media sosial. Terima kasih sudah membaca.