Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

No Drop | Cat Pelapis Anti Bocor Dari Avian Paint

Penggunaan waterproofing pada bangunan sangat banyak jenisnya. Fungsi utamanya adalah untuk mencegah bangunan agar tidak mengalami masalah bocor. Selain mencegah bocor, waterproofing dapat berfungsi sebagai material untuk mempercantik bangunan. Oleh sebab itulah, banyak produsen waterproofing menciptakan cat pelapis anti bocor yang multi fungsi. Salah satunya adalah No Drop.

Tahapan ID kali ini membahas tentang No Drop milik Avian Paint. Sangat menarik untuk kita bahas agar anda bisa menentukan jenis cat pelapis anti bocor untuk berbagai bagian bangunan yang sering mengalami masalah bocor.

No Drop merupakan cat sekaligus berfungsi sebagai cat waterproofing coating. Material memiliki sifat yang sangat elastis, tahan air dan cuaca sehingga sangat cocok untuk melindungi bangunan dari masalah bocor saat musim hujan. No Drop tersedia secara umum di toko material. Jadi mudah untuk didapatkan.

No Drop | Cat Pelapis Anti Bocor Dari Avian Paint

Cat Pelapis Anti Bocor

Salah satu produk dari avian paint yang cukup menggoda. No Drop menjadi salah satu produk andalan dan cukup laris dipasaran. 

Sebagai material pelapis anti bocor, No Drop memiliki beberapa keunggulan. Tahapan ID sudah merangkumnya untuk anda. Berikut keistimewaannya :

  1. Sebagai cat yang kedap air sekaligus mempercantik bangunan
  2. Material tahan terhadap cuaca sehingga sangat cocok untuk iklim Indonesia
  3. No Drop Sangat elastis sehingga mampu menutup area retak beton
  4. Material tahan lama dan tidak mudah rapuh
  5. Memiliki warna yang menarik sehingga sangat bagus untuk semua jenis bangunan
  6. Material kuat sehingga cocok untuk dinding luar
  7. No Drop terdiri dari satu komponen sehingga mudah untuk digunakan

Sebelum memutuskan untuk menggunakan No Drop, ada baiknya mengetahui data teknis yang bisa dijadikan acuan untuk mencocokkan material yang akan digunakan. 

No Drop



Data Teknis No Drop :

Hasil dari aplikasi memiliki tampilan semiGloss dan memiliki aneka warna sebagai pilihan. Cocok banget jika ingin memiliki warna bangunan sesuai dengan selera. 

Kekentalan (temp 30°C) sekitar 200 - 300 Poise untuk no drop yang memiliki warna dan 130 - 140 pada jenis tampilan transparan

No Drop dapat diencerkan menggunakan air. Biasanya dilakukan untuk lapisan pertama. Pencampuran air jangan sampai lebih dari 20 persen.

Ada minimal pemakaian cat agar memiliki fungsi yang optimal. Baik dari warna atau sebagai waterproofing. Minimal ketebalan aplikasi adalan 250 micron. Untuk mendapatkan ketebalan 250 micron, aplikasikan no drop sebanyak 2 kali menggunakan roller.

Memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk material dapat kering sentuh dan sekitar 24 jam agar material dapat kering sempurna. Proses pengeringan juga tergantung kondisi area aplikasi. Misalnya cuaca dan sirkulasi udara. Semakin lembab udara, maka semakin lama proses pengeringan material

Cara aplikasi dapat menggunakan kuas, roll dan spray. Untuk hasil yang lebih baik dapat menggunakan spray dan roll. Jika hanya sebagai waterproofing, bisa menggunakan kuas. 

Daya Sebar No Drop sekitar 2 m²/ kg tergantung kondisi beton atau material yang dilapisi. Semakin poros area aplikasi, maka semakin banyak material yang dibutuhkan.  Untuk menghindari pemakaian material yang berlebihan, sebaiknya tambahkan air pada saat aplikasi lapisan pertama sebagai primer.

Untuk data lebih lengkap, bisa download DISINI

Persiapan Area Aplikasi No Drop

Sebelum langsung mengaplikasikan produk avian paint, ada baiknya lakukan persiapan dahulu. Biar hasilnya memuaskan dan awet. Karena berfungsi sebagai cat pelapis anti bocor, area yang akan dikerjakan harus benar-benar disiapkan. 

Tips mempersiapkan Area Aplikasi No Drop :

  • Perbaiki area yang retak, keropos dan berlubang. Tambal menggunakan semen atau perbaiki area retak dengan metode injeksi epoxy.
  • Bersihkan semua sisa beton, sampah, air dan minyak. Pastikan lokasi benar-benar kering saat aplikasi Material Pelapis anti bocor
  • Bersihkan area beton yang berjamur, lumut dan material yang akan mempengaruhi hasil aplikasi No Drop
  • Perhatikan cuaca, jangan sampai turun hujan saat sedang aplikasi produk Avian Paint

Cara Menggunakan No Drop Sebagai cat Pelapis Anti Bocor

Sebelum menggunakan atau mengaplikasikan No Drop, sebaiknya aduk terlebih dahulu agar tidak ada material yang mengendap pada bagian bawah kemasan

No Drop dapat digunakan pada permukaan beton, plesteran, asbes dan jenis material lainnya. Cara menggunakannya dapat disesuaikan dengan kondisi material yang ingin dilapisi No Drop.

Cara Memakai No Drop pada beton, asbes maupun plesteran

  1. Sebelum menggunakan No Drop,  Aduk terlebih dahulu agar tidak ada material yang mengendap di bagian bawah wadah
  2. Tambahkan air sekitar 20 persen pada lapisan pertama, tunggu sampai kering
  3. Aplikasikan lapisan kedua, pakai No Drop tanpa tambahan air. Minimal ketebalan adala 250 micron atau 2 kali aplikasi. Jika ingin mendapatkan lapisan yang lebih tebal, aplikasikan No Drop sebanyak 3 layer

Cara memperbaiki Retak Beton Dengan No Drop

Sangat sering ditemukan, area tembok yang akan di cat menggunakan No Drop dalam keadaan retak. Lebar retakan tidak boleh lebih dari 2 mm. Jika retakan lebih besar, sebaiknya diperbaiki dengan metode injeksi atau ditambal dengan material yang lebih kuat.

Berikut cara memperbaiki retakan menggunakan No Drop

  • Aduk No Drop agar tidak ada material yang mengendap di bagian bawah kemasan
  • Aplikasikan No Drop Sebagai Primer dengan penambahan air sebanyak 10 persen
  • Tambahkan no drop membrane atau kain kasa. Pastikan merekat sempurna lalu biarkan sampai kering
  • Aplikasikan No drop sebagai lapisan kedua. Jangan tambahkan air pada lapisan yang kedua.
  • Selesai

Tips 

  • Cuci semua alat yang digunakan untuk melakukan pekerjaan setelah dipakai
  • Simpan Sisa material pada tempat yang sejuk dan kering.
  • Simpan ditempat yang aman dan tidak terjangkau anak-anak
  • Jangan Simpan pada tempat yang tidak terkena percikan api
  • Tidak diperkenankan merokok saat sedang aplikasi No Drop

Semoga artikel tentang No Drop ini bermanfaat. Apalagi jika anda ingin membeli No Drop, semoga artikel ini bisa menjadi sebagai pertombangan anda dalam memilih cat pelapis anti bocor.

Fadli
Fadli Walau masih perlu banyak belajar, tidak ada salahnya berbagi apa yang saya ketahui. Karena sehari-hari bekerja sebagai aplikator waterproofing, maka sebagian besar isi blog akan membahas seputar pekerjaan yang saya tekuni terutama waterproofing coating dan membrane bakar. Selain itu, injeksi beton juga sangat menarik untuk dibahas.