Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor Sampai Tuntas

Kolam renang adalah sebuah fitur bangunan yang mewah, tidak semua orang berkesempatan memilikinya di rumah. Namun, maintenance yang baik juga dibutuhkan agar kolam renang Anda tetap dapat berfungsi secara optimal hingga bertahun-tahun lamanya. Nah, salah satu masalah yang dihadapi para pemilik kolam renang adalah kebocoran. artikel kita kali ini adalah seputar tips cara mengatasi kolam renang bocor.

Berbagai faktor dapat menyebabkan kebocoran pada kolam renang. Faktor utamanya adalah kesalahan pada proses pembangunan, baik itu pada bagian fondasi maupun pada pelapisan. Namun, tenang saja, pada umumnya, masalah kebocoran ini dapat diatasi dengan beberapa solusi. Berikut ini Tahapan ID memberikan beberapa solusi untuk anda.
Cara Mengatasi Kolam Renang Bocor

Penyebab Kolam Renang Bocor

Jika ingin memperbaiki kolam renang bocor, tentu saja langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Untuk itu, harus dilakukan pengecekan secara keseluruhan. Mulai dari bagian dalam sampai dengan ke bagian luar kolam.

Untuk mempermudah pengecekan, Tahapan ID membuatkan list beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kolam renang mengalami masalah bocor :
  1. Terdapat area yang retak sehingga air meresap ke dalam beton.
  2. Nat keramik banyak yang rusak
  3. Beton keropos
  4. Lapisan waterproofing rusak. Bisa saja tergores atau sobek saat pemasangan keramik
  5. Pergeseran tanah sehingga ada bagian kolam renang yang mengalami retak
  6. Cek dari bagian luar kolam renang, biasanya akan terlihat area yang mengalami bocor dan dari sinilah kita bisa menentukan jenis perbaikan. Jika kolam renang tertanam dalam tanah, tentu saja ini tidak bisa dilakukan.
Dari identifikasi sesuai dengan perkiraan diatas, maka kita bisa menentukan jenis sesuai jenis kerusakan yang ada. Untuk lebih jelasnya, berikut ini pembahasan tentang cara mengatasi kolam renang bocor.

Memperbaiki Nat Keramik Pada Kolam Renang Bocor

Yang paling umum dilakukan adalah melakukan perbaikan pada nat keramik. Dengan kondisi nat rusak akan menyebabkan air meresap kedalam beton. Cara perbaikan kolam renang seperti ini adalah cara yang paling ekonomis. Tapi cara ini tidak mengatasi sepenuhnya masalah tersebut.

Untuk sementara waktu, sampai menunggu waktu yang tepat untuk memperbaiki secara keseluruhan. Bisa saja penggantian nat keramik sebagai solusi sementara waktu.

Mengatasi Kolam Renang Bocor Dengan Metode Injeksi

Cara perbaikan yang kedua adalah dengan melakukan injeksi pada area yang bocor. Ada 3 jenis injeksi beton yang bisa digunakan yaitu injeksi semen, injeksi epoxy dan injeksi Polyurethane. Perbedaan ketiganya terlihat dari jenis material yang digunakan.

Secara fungsi, ketiga injeksi diatas memiliki fungsi yang sama yaitu mengatasi masalah beton bocor. Cuma berbeda dari segi penggunaan saja. 

Injeksi semen lebih tepat digunakan pada area beton bocor karena keropos atau tingkat keretakan cukup besar. Jika retak beton kurang dari 3 mm, dapat menggunakan injeksi epoxy dan injeksi PU. 

Injeksi PU merupakan metode injeksi yang paling cepat dari sistem kerjanya. Karena jenis injeksi PU bisa langsung dilakukan penyeuntikan setelah pasang nepel injeksi. Berbeda dengan injeksi epoxy dan semen yang harus menunggu perekat nepel injeksi kering terlebih dahulu.

Untuk mengatasi kolam renang bocor dengan metode injeksi tidak bisa dilakukan pada setiap kolam renang. Khususnya kolam renang yang tertanam dalam tanah. Karena pekerjaan injeksi harus bisa melihat area yang mengalami bocor untuk memasang nepel injeksi.

Jika merasa kesulitan menerapkan cara memperbaiki kolam renang dengan metode injeksi, anda bisa menggunakan solusi yang ketiga.

Memang Lapisan Waterproofing Untuk Kolam Renang Bocor

Jika kedua cara mengatasi kolam renang bocor diatas belum membuahkan hasil dan kolam renang tetap saja mengalami masalah bocor, terpaksa menggunakan solusi yang ketiga ini untuk memperbaikinya.

Kelemahan cara ini adalah dari segi biaya yang sangat besar. Dengan memasang lapisan waterproofing yang baru, berarti anda harus membongkar semua keramik dan menggantinya dengan yang baru. Tentu ini sangat berat, tapi tidak ada solusi lain lagi. 

Oleh sebab itulah, setiap pembuatan kolam renang harus dilakukan oleh tenaga yang ahli dan dilakukan dengan penuh perhitungan. Salah satu komponen yang penting adalah pemasangan waterproofing.

Jika memutuskan untuk memasang ulang waterproofing untuk kolam renang, sebaiknya lakukan dengan perhitungan yang teliti. Berikut ini tahapan yang bisa dilakukan untuk menciptakan kolam renang bebas bocor versi Tahapan ID
  1. Bongkar semua keramik dan plesteran
  2. Bersihkan sampai menemukan beton utama
  3. Periksa kerusakan beton dengan teliti. Lakukan injeksi epoxy pada bagian beton retak. Untuk beton keropos bisa diperbaiki dengan metode grouting.
  4. Setelah perbaikan beton selesai dan sudah yakin tidak ada bocor lagi, sebaiknya lakukan test rendam terlebih dahulu. Bisa dilakukan dengan 2 hari atau lebih untuk memastikan tidak ada lagi masalah bocor.
  5. Jika kondisi kolam renang sudah benar-benar aman dan tidak ada bocor lagi. Baru langkah selanjutnya memasang Waterproofing.
  6. Jika pemasangan lapisan waterproofing sudah selesai, lakukan test rendam kembali untuk memastikan kolam sudah benar-benar bebas bocor.
  7. Kalau sudah aman dan tidak ada bocor, pemasangan keramik bisa dilakukan. Saat melakukan pemasangan keramik, pastikan pekerja tidak melukai lapisan waterproofing. Pekerja dilarang keras menggunakan paku atau benda tajam lainnya diatas lapisan waterproofing.
Sebagai tambahan untuk poin nomor 5 tentang pemasangan waterproofing pada kolam renang. Sebagai tips, sebaiknya gunakan jenis waterproofing coating sebagai pelapis anti bocor. Tambahkan material pendukung untuk menambah kekuatan lapisan waterproof. Bisa menggunakan serat fiber atau kain kasa.

Sebagai rekomendasi waterproofing untuk kolam renang, Tahapan ID menyarankan untuk menggunakan Brushbond Flex dengan material tambahan kain kasa.Gunakan dosis yang lebih tebal dari biasanya. Bisa diaplikasikan dengan 3 kali coating atau lebih.

Berikut ini keunggulan Brushbond Flex :

  • Daya rekat kuat, sehingga material bisa menempel sempurna pada setiap bagian beton bahkan di area sudut beton.
  • Sangat Elastis sehingga cocok untuk melindungi kolam renang
  • Material sangat kuat. Bisa menambahkan kain kasa sebagai material tambahan
  • Dosis bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Semakin tebal, maka semakin baik
  • Cara aplikasi yang mudah, cukup menggunakan kuas.
  • Tidak beracun
Walau cara aplikasi yang mudah, sebaiknya gunakan tenaga yang ahli dalam bidang ini untuk membantu memastikan bahwa kondisi beton, cara aplikasi yang benar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga postingan cara mengatasi kolam renang bocor ini bermanfaat dan silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan seputar waterproofing.