Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sika Untuk Dak Beton | Jangan Sampai Salah Pilih !

Sika Untuk Dak Beton

Pada postingan sebelumnya,Tahapan ID sudah membahas tentang waterproofing atap dak beton. Hampir sama dengan artikel sebelumnya, kali ini kita bahas tentang sika untuk dak beton. Jadi lebih fokus ke satu jenis produk yaitu sika. Kalau sebelumnya, dibahas secara umum termasuk produk fosroc.

Ada beberapa produk sika untuk dak beton yang bisa menjadi pilihan sebagai pelindung atap dak. Jadi tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan atau biaya sesuai dengan budget. 

Produk sika untuk Dak beton

Karena jenis waterproofing yang dibahas hanya produk sika, Tahapan ID sudah merangkum beberapa material yang menjadi rekomendasi untuk area atap dak beton.

Sebelum membahas produknya, ada baiknya mengulang sedikit tentang persiapan lokasi sebelum melakukan pekerjaan waterproofing. Persiapan lokasi ini sangat penting karena akan mempengaruhi hasil pekerjaan. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum aplikasi waterproofing pada atap dak beton :
  • Pastikan area retak, keropos dan bolong sudah diperbaiki
  • Buatkan champer pada setiap sudut pertemuan dinding dan beton
  • Perhatikan area full drain, pastikan air mengalir dengan baik ke saluran pembuangan.
  • Lokasi harus dibersihkan dari sisa-sisa beton, adukan, air, minyak dan sisa material lainnya.
  • Perhatikan juga kemiringan beton, perbaiki area yang sering tergenang air.
Jika semua persiapan diatas sudah selesai, maka lokasi tersebut sudah siap di aplikasi waterproofing. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus bisa menentukan jenis waterproofing yang tepat. 

Apalagi untuk atap dak, bagian ini sangat beresiko mengalami masalah bocor. Jadi harus memilih jenis material yang memiliki kekuatan yang baik.

SIKALASTIC 560 DAN 590

Untuk atap dak beton yang menginginkan waterproofing exposed tanpa menambah beban, cocok menggunakan sikalastic 590 atau 560. Dengan material jenis coating satu komponen yang tahan terhadap sinar matahari sehingga material bisa dibiarkan terbuka setelah pemasangan.

Dengan bahan yang sangat elastis sampai bisa melindungi dari masalah bocor karena retak sampai dengan 2 mm. Produk sangat mudah diaplikasikan karena terdiri dari satu komponen saja. 

Tahapan ID sudah membahas secara terpisah, silahkan baca melalui postingan berikut : 

Sika BITUSEAL T-130 SG

Sika BituSeal T-130 SG adalah lembaran waterproofing berbahan Atactic Polypropylene (APP) modifikasi bitumen yang sangat kuat karena mengandung polyester non woven. Sangat cocok untuk area atap dak beton yang membutuhkan perlindungan yang ekstra.

Membrane Sika Bituseal memiliki permukaan berlapis pasir sehingga material screed dapat menempel dengan sempurna.

KARAKTERISTIK DAN KELEBIHAN
  1. Kuat dan tahan lama
  2. Tahan terhadap cuaca extrim
  3. Mempunyai kekuatan daya tarik dan elongasi yang bagus
  4. Tahan Lembab
  5. Stabil dan dimensi yang baik
  6. Fleksibel untuk suhu rendah
  7. Metode aplikasi menggunakan torching (bakar)
  8. Daya tahan terhadap benturan 
  9. Diaplikasikan pada permukaan yang rata, bebas debu, air, minyak dan kotoran

Sikatop 107

Sikatop 107 merupakan Material waterproofing dua komponen, sangat cocok untuk pilihan pelapis anti bocor yang menginginkan harga yang lebih ekonomis. 
Cara penggunaan menggunakan kuas. Dapat diaplikasikan sesuai dengan dosis yang diinginkan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca melalui postingan berikut : Sikatop 107

Menentukan Material Sika untuk Atap Dak Beton

Dari ketiga jenis produk sika untuk area atap dak beton diatas, mana yang paling tepat untuk dijadikan pilihan. Tahapan ID memberikan sedikit gambaran tentang produk yang paling tepat dengan kondisi bangunan. 

Atap Dak Dengan Finishing Keramik Atau Screed
Untuk kondisi tertentu, biasanya atap dak bisa dialih fungsikan. Misalnya sebagai tempat bersantai atau kepentingan lainnya.

Apabila atap dak akan dipasang keramik atau dibuat screed untuk membuat kemiringan lantai, sebaiknya memilih membrane bakar sebagai waterproofing. Dengan pertimbangan material lebih kuat dan tahan lama. Gunqkan membrane bakar non exposed. 

Dari segi biaya, lumayan mahal karena harus memasang membrane bakar sekaligus pelindungnya agar tidak terpapar sinar matahari.

Atap dak Yang Sudah Dengan Desain Miring 
Pada saat memutuskan untuk menggunakan dak beton sebagai atap bangunan, tentu saja sudah memikirkan resiko dan mengambil langkah yang tepat untuk membuat atap dak bebas dari masalah bocor. 

Salah satu cara mengurangi resiko kebocoran adalah membuat atap dak yang sedikit miring dengan tujuan air langsung mengalir ke pipa pembuangan. Dalam kondisi seperti ini, kita bisa menggunakan waterproofing coating saja sudah cukup. 

Gunakan material waterproofing coating yang sudah tahan terhadap sinar matahari agar biaya lebih ekonomis karena tidak memerlukan lapisan pelindung waterproofing lagi. Seperti sudah dibahas pada poin sebelumnya, kita bisa menggunakan sikalastic 560 atau 590.

Untuk mendapatkan lapisan waterproofing yang lebih kuat, dapat menambahkan kain kasa atau serat fiber sebagai material tambahan.

Pemakain waterproofing coating eksposed dapat dilakukan apabila sudah dipastikan area atap dak tidak terdapat area yang tergenang air. Jika masih banyak genangan air saat musim hujan, sebaiknya pilih waterproofing membrane bakar.

Semoga postingan tentang waterproofing sika untuk atap beton ini bermanfaat dan jangan lupa share ke media sosial jika anda menyukai postingan ini. Terima kasih sudah berkunjung.