Solusi Terlengkap Mengatasi Kamar Mandi Bocor Sampai Tuntas

Beranda
Injeksi Beton
Solusi Terlengkap Mengatasi Kamar Mandi Bocor Sampai Tuntas
Postingan kali ini, Tahapan ID membahas tentang cara mengatasi kamar mandi bocor. Sebelum ke pokok pembahasan, ada baiknya mengetahui dahulu langkah yang bisa diambil untuk mencegah kamar mandi bocor. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu pepatah yang sering saya dengar.

Untuk langkah pencegahan agar kamar mandi tidak mengalami bocor dapat dilakukan dengan memasang lapisan waterproofing. Jenis waterproofing yang tepat untuk kamar mandi adalah waterproofing coating. Pilih jenis yang non ekspose aja.

Tahapan untuk melakukan pekerjaan waterproofing  coating, sudah Tahapan ID bahas pada postingan sebelumnya. Silahkan baca pada artikel ini : Waterproofing Coating

Solusi Mengatasi Kamar Mandi Bocor

Mengatasi Kamar Mandi Bocor

Kamar mandi yang ada di lantai dua atau lebih sering banget mengalami masalah bocor. Sehingga merusak plafon dan perabot rumah yang ada di bagian bawahnya. Untuk memperbaikinya, harus diketahui dahulu penyebabnya. Biar bisa menentukan solusi yang paling tepat.

Bocor Melalui sisi Pipa Kamar Mandi

Paling banyak ditemui pada area seperti ini. Bocor pada bagian sisi-sis pipa. Air meresap dari pinggir pipa kemudian menetes ke lantai bagian bawah.

Area pipa sering mengalami bocor karena tidak dilakukan grouting saat pembangunan. Bisa jadi area tersebut hanya diisi adukan saat akan aplikasi waterproofing. Sehingga bagian ini terdapat celah yang memungkinkan air di kamar mandi meresap ke dalam beton..

Proses grouting pipa penting untuk dilakukan jika pemasangan pipa menggunakan metode coring beton. Bukan pipa yang langsung ditanam saat pengecoran lantai.

Cara mengatasi kamar mandi bocor melalui pipa dapat dilakukan dengan memasang waterplug dari bagian bawah lantai. 

Waterplug adalah semen dengan campuran bahan kimia khusus untuk mempercepat massa setting semen. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup ciping pada sekeliling pipa sekitar 4-5 cm kemudian tambah dengan waterplug.

Kamar Mandi Bocor Melalui Retakan Beton

Masalah umum yang terjadi, masalah bocor melalui retakan beton. Air meresap melalui retakan dan menembus beton. Kejadian seperti ini akan merusak plafon bahkan perabot yang ada di bawah area bocor. Segera perbaiki untuk mencegah kerusakan lebih parah.

Cara memperbaiki kamar mandi bocor seperti ini dapat dilakukan dengan metode injeksi beton. Gunakan injeksi epoxy atau polyurethane untuk mengatasinya.

Tahapan ID sudah membahas secara terpisah tentang kedua jenis injeksi beton diatas. Silahkan baca melalui artikel berikut : Jenis Injeksi beton

Beton Kamar Mandi Keropos Dan Bocor

Banyak hal yang menjadi penyebab kamar mandi bocor. Salah satunya lantai beton keropos. Seharusnya masalah ini tidak terjadi jika beton diperbaiki dahulu saat melakukan pekerjaan waterproofing. 

Jika sudah terjadi, mau tidak mau kita harus memperbaikinya. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan injeksi semen. Biar bagian keropos terisi kembali dengan semen.

Pembahasan tentang injeksi semen sudah Tahapan ID bahas pada postingan sebelumnya. Silahkan baca melalui postingan berikut : Injeksi Semen

Memperbaiki Kamar Mandi Bocor Dari Bagian Atas

Ketiga cara yang sudah dibahas pada poin sebelumnya dapat dilakukan untuk memperbaiki kamar mandi bocor dari bagian bawah. Selanjutnya bisa juga melakukan perbaikan melalui bagian atas atau dari dalam.

Tapi cara ini memerlukan ketelitian untuk mengecek area yang bocor. Bagian mana saja yang menjadi penyebab masalah bocor. Berikut ini cara melakukan pengecekan bocor dari dalam kamar mandi :

Cek Bagian Pipa Pembuangan Air dan Kloset Kamar Mandi

Area yang paling sering mengalami masalah bocor adalah bagian sekeliling pipa. Karena beton tidak bisa menyatu dengan material pipa. Apalagi jika area tersebut dilakukan coring beton saat melakukan pemasangan pipa. Jika menggunakan material grouting untuk mengisi celah bekas coring, mungkin masalah ini tidak akan terjadi.

Cek bagian pipa pembuangan air. Apakah ada bagian yang retak atau bolong. Jika ada, perbaiki area tersebut menggunakan waterplug.

Area closed juga perlu dicek jika menggunakan kloset duduk, biasanya area tersebut sering menjadi penyebab masalah bocor. Perbaiki dengan menambal area yang rusak dengan waterplug.

Periksa Nat Keramik Kamar Mandi

Nat keramik yang rusak sering menjadi penyebab utama kamar mandi bocor. Melalui celah pada nat keramik yang rusak, air masuk ke dalam beton.

Periksa semua kondisi nat, jika ada yang rusak, segera diperbaiki dengan cara menggantinya dengan yang batu. Gunakan material nat keramik yang berkualitas bagus untuk mencegah masalah seperti ini terulang kembali.

Perhatikan semua sudut pertemuan lantai dan dinding

Bagian sudut kamar mandi merupakan salah satu area yang rentan mengalami masalah bocor. Karena area ini sering tergenang air. Apalagi jika kemiringan lantai keramik tidak bagus, sehingga air menggenang pada bagian pinggir lantai kamar mandi.

Cek semua nat, perhatikan dengan teliti pada bagian pinggir atau sudut lantai. Jika ada kerusakan, segera perbaiki dengan mengganti nat keramik.

Memasang Kembali Waterproofing Pada Kamar Mandi Bocor

Pada bangunan yang sudah berumur 5 tahun atau lebih, bagian kamar mandi pasti banyak mengalami masalah. Salah satunya bocor. Hal ini bisa terjadi karena umur material waterproofing sudah tidak berfungsi dengan baik.

Jika kondisi seperti ini, sebaiknya mengganti lapisan waterproofing dengan yang baru. Tahapan ID sengaja menempatkan bagian ini pada akhir postingan karena membutuhkan biaya sangat banyak.

Jika ingin mengganti lapisan waterproofing kamar mandi dengan yang baru, maka anda harus membongkar keramik, screeding kemudian baru bisa memasang waterproofing yang baru.

Jika melakukan pembongkaran keramik, anda harus menyediakan dana yang cukup besar karena harus mengganti semua keramik lantai kamar mandi dengan yang baru.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa perbaiki juga kerusakan lantai beton. Misalnya ada bagian yang retak, sebaiknya lakukan dengan metode injeksi epoxy sebelum memasang lapisan waterproofing yang baru.

Terima kasih sudah membaca postingan tentang cara mengatasi kamar mandi bocor. Semoga postingan ini bermanfaat.