Cara Aplikasi Epoxy Lantai

Beranda
Epoxy Lantai
Cara Aplikasi Epoxy Lantai
cara aplikasi epoxy lantai

Epoxy lantai merupakan salah satu cara untuk menyulap lantai bangunan menjadi lebih eksklusif dan awet. Biasanya, epoxy lantai ini dilakukan pada beton dengan menggunakan cat epoxy
Cat epoxy merupakan kombinasi resin dan hardener yang dapat membentuk lapisan pada lantai.
Aplikasi epoxy lantai perlu dilakukan secara hati-hati agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut tahapan cara aplikasi epoxy lantai yang dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menyiapkan Permukaan Lantai Yang Akan di Epoxy

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menggunakan epoxy lantai yaitu menyiapkan permukaan lantai. Tahap ini disebut juga pretreatment. Lantai perlu dibersihkan agar dapat menempel kuat dengan cat epoxy.
Metode yang digunakan untuk membersihkan lantai yaitu pengamplasan atau diamond grinding
Proses ini bertujuan membersihkan lantai dari minyak, debu, oli, dan bahan kimia lainnya yang dapat menghambat adesi cat dengan lantai.
Selain membersihkan, tahapan ini membuat permukaan lantai menjadi lebih kasar sehingga material epoxy dapat merekat kuat pada beton. 

Membersihkan Lantai 

Setelah dilakukan diamond grinding, langkah selanjutnya yaitu membersihkan permukaan lantai dari sisa pengamplasan. 
Lantai harus dipastikan benar-benar bersih agar tidak ada partikel kotoran yang tertinggal dan terjebak di dalam cat epoxyKotoran tersebut dapat menurunkan daya rekat epoxy serta membuat lapisannya lebih mudah rusak.
Pembersihan dapat dilakukan menggunakan vaccum cleaner. Pastikan semua kotoran dan debu tidak ada yang tertinggal.

Priming dan Filling

Langkah berikutnya yaitu priming atau penggunaan primer pada lantai. Hal ini merupakan salah satu bagian penting dalam pemasangan epoxy lantai, sering disebut juga undercoat process
Proses priming dapat meningkatkan ketahanan epoxy lantai dan membuat daya rekatnya semakin kuat. Jika terdapat lantai yang permukaannya tidak rata, diperlukan epoxy grout untuk mengisi celah dan membuat permukaan lantai menjadi rata. 
Saat priming dan filling ini terkadang ditambahkan epoxy mortar untuk memberikan efek anti bocor sehingga tidak lembab.
Ada yang harus dipethatikan sebelum aplikasi primer epoxy. Pastikan permukaan beton sudah bersih dari debu, minyak dan kotoran lainnya.
Jika terdapat area beton yang keropos atau retak, sebaiknya lakukan perbaikan terlebih dahulu. Biasanya, bahan primer dapat dijadikan material untuk menambal area beton yang rusak. Mungkin diperlukan bahan tambahan seperti semen atau sejenisnya.

Aplikasi Cat Epoxy

Dalam mengaplikasikan cat epoxy pastikan takarannya tepat. Takaran ini disesuaikan dengan kebutuhan lantai dan kemungkinan padatnya lalu lintas yang terjadi pada permukaan lantai tersebut. 
Lantai parkir misalnya, tentu membutuhkan takaran cat epoxy yang lebih banyak dibanding lantai sekolah.
Dalam aplikasi cat epoxy ini terdapat tahap body coat dan top coat. Body coat merupakan tahap penutupan lubang-lubang kecil pada lantai menggunakan tambahan silika yang dapat menutupi keretakan lantai. Proses ini lebih mudah diaplikasikan menggunakan raskam atau scrab.
Langkap berikutnya yaitu top coating yaitu memberikan lapisan akhir untuk mendapatkan ketebalan lapisan epoxy sesuai dengan kebutuhan. Proses ini membutuhkan sekitar 8 hingga 16 jam untuk kering secara sempurna.
Agar pengaplikasian epoxy lantai berjalan lancar dan maksimal, terdapat beberapa tip yang dapat membantu Anda yaitu:
  1. Lantai beton yang akan dilakukan epoxy lantai mampu menahan beban minimal 225 kg/cm2 tanpa ada penurunan kekuatan saat diberi beban.
  2. Lantai beton sudah berusia lebih dari 28 hari. Selain itu, diperlukan lantai dengan kelembapan hingga 80 RH.
  3. Lantai beton yang langsung berada di atas permukaan tanah, sebaiknya menggunakan water vapour barrier untuk menghalangi uap air dan melapisi permukaan lantai.
  4. Saat pengaplikasian epoxy lantai, seluruh pekerja yang terlibat dilarang merokok agar tidak ada abu yang tercecer pada lantai.
  5. Kendaraan berat baru diperbolehkan melewati lantai yang diepoxy setelah hari ke 7 pemasangan epoxy lantai.
Demikian cara aplikasi epoxy lantai. Cukup praktis dan mudah, kan? Semoga bermanfaat.