Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips dalam Memilih Cat Pelapis Anti Kebocoran untuk Perbaikan Beton Bocor

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]
cat-pelapis-anti-bocorSumber image : wallmaxpaints.com

Sebagian bangunan, terutama gedung, dilengkapi dengan dak yang terletak pada bagian paling atas dan sering dimanfaatkan sebagai area ekstra untuk mencuci pakaian serta menjemurnya.

Meskipun dak beton populer sebagai salah satu bagian hunian di masyarakat karena ketahanan dan kemampuannya meredam panas terik sinar matahari, Anda tetap harus melapisinya dengan Cat pelapis untuk perbaikan beton bocor.

Terutama dengan iklim tropis negara kita yang bercurah hujan cukup tinggi, dak beton pada bangunan sangat memerlukan perhatian khusus. Itulah sebab ditemukannya cat pelapis anti bocor atau dalam istilah bahasa asingnya, waterproofing coating.

Namun, Anda tetap harus memilih cat pelapis yang tepat untuk mengatasi perbaikan beton bocor. Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Cat Pelapis Anti Bocor?

Cat waterproofing coating merupakan suatu prosedur perbaikan beton bocor, terutama di area dak bangunan, kolam renang, dan bagian lainnya.

cat-pelapis-anti-bocorSumber Image : yunyanchina.com

Cara penerapan cat pelapis ini adalah dengan melapisi bagian permukaan beton yang retak atau bocor dengan selapis tipis cat anti bocor. Gunakan sebuah kuas cat biasa atau paint roller untuk menerapkan waterproofing coating pada permukaan beton.

Tips dalam Memilih Cat Pelapis Anti Bocor yang Tepat


Di Toko Bahan Bangunan , terdapat berbagai merek waterproofing coating, namun tak semuanya tepercaya. Oleh karena itu, sebelum membeli, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips dalam memilih cat pelapis anti bocor berikut ini.

1. Perhatikan Ukuran Keretakan Beton dengan Saksama

cat-pelapis-anti-bocorSumber Image : nbmcw.com

Cek kebocoran permukaan beton sebelum menentukan cat pelapis anti bocor yang tepat. Bila kerusakannya relatif sangat besar, Anda dapat menambahkan bahan lainnya seperti semen berkemampuan rekat tinggi atau lapisan aditif bonding adhesive agent. Sebelum melakukan prosedur perbaikan beton bocor, jangan lupa untuk membobok kebocoran pada permukaan beton dahulu, sehingga hasilnya terlihat rapi. 

2. Pelajari Cara Penerapan Cat Pelapis Kebocoran dengan Teliti

Bacalah cara pemakaian cat pelapis anti bocor dengan teliti sebelum menggunakannya. Setiap produk mungkin saja menyarankan prosedur perbaikan beton bocor yang berbeda.

Hal yang terpenting lagi adalah membersihkan bagian beton yang hendak ditambal dari debu dan jamur agar waterproofing coating dapat bekerja secara optimal.

3. Pilih Produk yang Kuat Terpapar Panas Matahari

atap yang sudah dilapisi cat anti bocorSumber Image : winklerchimica.com

Jika dak bangunan Anda hanya terdiri atas selapis beton saja, pilihlah produk pelapis anti bocor dengan ketahanan tinggi terhadap paparan terik matahari.

Pemilihan produk waterproofing coating yang buruk akan membuat dak beton Anda cepat bocor lagi.

4. Tentukan Pilihan Anda Berdasarkan Jenis Cat Pelapis Anti Bocor

Kini, terdapat tiga macam waterproofing coating di pasar untuk melakukan perbaikan beton bocor, seperti berikut:

  • Pelapis Tipe Styrene Acrylic

Produk coating berdaya rekat serta ketahanan tinggi umumnya dibuat dari styrene acrylic. Hanya saja, harganya cukup jauh di atas jenis pelapis lainnya.

Namun, bila kekuatan adalah prioritas Anda, produk ini sangat layak digunakan. 

  • Pelapis Tipe Cementius

Bila ingin cat pelapis anti bocor yang lebih ekonomis, gunakan saja coating tipe cementius yang mengandung dua bahan aditif lain, yakni semen dan bonding adhesive agent. Agar hasilnya optimal, sapukan pelapis jenis ini pada permukaan beton yang bocor lebih dari sekali dengan arah sapuan yang berlawanan. 

  • Pelapis Tipe Membrane

Sebagai produk alternatif, cat pelapis anti bocor membrane yang mengandung minyak dan tampak seperti aspal ini juga lebih murah. Namun, bentuknya bukan cairan, melainkan lembaran yang mengandung zat perekat serta polyester.

5. Utamakan juga Produk Coating Anti Jamur


contoh cat pelapis anti bocor

Karena negara kita bercurah hujan tinggi, sebaiknya pilih produk pelapis anti bocor yang mengandung zat anti jamur pula.

Dengan demikian, dak beton Anda tak hanya anti bocor tapi juga mudah dibersihkan dari bakteri, jamur, dan debu, serta tak mudah lapuk.
Nah, sekarang saatnya lakukan perbaikan beton bocor pada bangunan Anda. Semoga berhasil!

5 Cat Pelapis Anti Bocor Terbaik untuk Melindungi Rumah Saat Musim Hujan

Musim hujan memang merupakan sebuah berkah, tetapi ia tentu akan menjadi masalah jika atap rumah Anda bocor. Anda tidak bisa mengontrol dan memprediksi kapan hujan akan datang, tetapi pencegahan dari dalam tentu bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan cat pelapis anti bocor.

Cat waterproofing akan melindungi dinding dari rembesan air dan juga mencegah kebocoran atap. Harganya terjangkau dan pengaplikasiannya pun cukup mudah. Jadi, Anda tak perlu cemas lagi jika musim hujan tiba. Ucapkan selamat tinggal pada ember penadah air hujan dan cat dinding yang retak.

Jika Anda masih bingung memilih cat pelapis anti bocor yang cocok baik untuk kantong sekaligus rumah Anda, mari simak beberapa rekomendasi dari kami:

1. Drylok

Dengan daya tahan air hingga tekanan 10 psi, cat asal Amerika Serikat ini tidak akan mengecewakan Anda. Ia mampu menghindarkan rumah dari kebocoran dan rembesan air, bahkan saat hujan badai sekali pun.

Drylok menyediakan dua jenis cat, yakni tipe original latex dan latex extreme. Latex extreme cocok dipakai sebagai cat untuk bagian luar rumah karena ia lebih kuat dalam menahan tekanan angin dan hujan deras.

Jika Anda adalah pencinta lingkungan, maka Drylok adalah produk yang sesuai untuk Anda. Ia telah memiliki sertifikat Green Wise, sehingga dapat dipastikan bahwa cat ini sangat ramah lingkungan dan tidak memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan Anda.

2. Aquaproof

Klaim anti-bocor adalah bahan jualan utama dari cat asal Indonesia ini, dan rupanya Aquaproof dapat mempertanggungjawabkan klaim tersebut. Aquaproof memang terkenal sebagai pelapis anti-bocor dengan kualitas jempolan sekaligus warna-warna menawan. Bahan polimer thixotropic yang dipakai oleh Aquaproof membuat cat menjadi tahan lama dan warnanya pun tidak mudah kusam.

Selain digunakan sebagai pelapis dinding bagian luar, Aquaproof bisa digunakan sebagai pelapis atap dan juga talang air. Bahannya pun tergolong aman dan tidak berbahaya bagi pernapasan.

3. No Drop

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa jaminan anti-bocor adalah sesuatu yang ditawarkan oleh cat No drop. Cat yang satu ini memang terbukti ampuh dalam menghalau rembesan air. Bukan hanya untuk tembok semen atau talang air saja, No Drop juga bisa dipakai sebagai pelapis terakota, beton, bahkan galvanis!

Produk anti-jamur ini juga memiliki warna yang apik dan kualitas yang tinggi. Untuk rumah cantik sekaligus sehat dan anti-bocor, No Drop selalu dapat diandalkan.

4. Propan Decorlotus

Masalah yang kerap menimpa rumah bukan hanya rembesan air saja. Jamur, lumut, dan debu juga merupakan musuh besar bagi seluruh penghuni rumah. Hunian yang penuh jamur dan lumut tentu bukan sebuah pemandangan yang menyenangkan, bukan

Problem tersebut dapat diatasi dengan Propan Decorlotus. Tipe cat yang satu ini dilengkapi dengan Fluoropolymer dan Pearl Lotus Effect yang bisa mencegah kebocoran di dalam rumah dengan maksimal dan membuat lapisan dapat 'mengusir' debu dengan sendirinya. Meskipun lebih mahal daripada varian Propan lainnya, Propan Decorlotus sangat layak untuk dibeli.

5. Welproof

Untuk Anda yang mencari cat pelapis anti-bocor dengan harga terjangkau, Welproof adalah jawaban yang tepat. Hanya dengan beberapa kali oles, Welproof dapat mencegah kebocoran dan rembesan air di rumah Anda. Warna-warnanya pun relatif bersahabat untuk rumah-rumah dan bangunan lain di Indonesia.

Bahan cat Welproof juga anti-alkali sehingga aman untuk dihirup dan digunakan di seluruh penjuru rumah.

Dengan cat pelapis anti bocorsingkirkan rasa khawatir jika hujan badai melanda dan warna rumah pun akan lebih tahan lama. Sudahkah Anda memilih cat yang sesuai dengan keperluan dan budget Anda?