Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cat Pelapis Anti Bocor Untuk Dak Beton Dan Tips Memilih Produk Yang Tebaik

Memiliki rumah dengan atap dak beton bisa menjadi pilihan. Sifat beton yang mampu menahan panas menjadikan rumah adem dan sejuk. Selain itu, dak beton bisa dialih fungsikan sesuai kebutuhan. Misalnya menjadi tempat jemur pakaian, taman, kolam ikan, dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Masih seputar atap dak, postingan kali ini akan membahas seputar tips memilih cat pelapis anti bocor untuk dak beton. Dengan lapisan cat berjenis waterproofing akan memungkinkan rumah aman dari masalah bocor. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, harus bisa memilih jenis cat yang baik dan kuat. Selain itu, perlu melakukan treatment yang bagus agar pekerjaan ini benar-benar memberikan hasil memuaskan. Jika tidak, rumah tetap bocor dan rembes saat musim hujan.

Tips Mempersiapkan Dak Beton Sebelum Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Cat Pelapis Anti Bocor Untuk Dak Beton
Apapun jenis cat pelapis anti bocor yang akan digunakan, kesiapan atap dak akan mempengaruhi hasil. Pelapis anti bocor tidak akan berfungsi dengan baik jika dikerjakan dengan kondisi beton masih kotor, banyak kerusakan, retak, bolong dan keropos.

Untuk itulah, sangat penting memperhatikan dan  memperbaiki semua kerusakan yang ditemukan pada area yang ingin dipasang cat pelapis anti bocor atau waterproofing.

Tambal dengan semen setiap area yang berlubang. Buang bagian yang keropos kemudian tambal dengan campuran semen dan pasir. Jika memungkinkan, pakai material grouting untuk mendapatkan kualitas beton yang lebih baik.

Pada area beton retak struktur, sebaiknya lakukan injeksi epoxy untuk memperbaikinya. Dengan metode ini akan memungkinkan area retak terisi kembali sehingga mengurangi resiko beton mengalami bocor.

Buatkan juga champer pada setiap sudut pertemuan lantai dan beton. Apalagi jika terdapat dinding. Area sudutan sangat sering menjadi masalah utama dan menjadi penyebab masalah bangunan bocor.

Penutupan sudut pertemuan lantai atau sering disebut champer ini bertujuan untuk mengurangi resiko material waterproofing terlalu menekuk dan bisa menyebabkan lapisan waterproofing menjadi patah. Selain itu, champer akan menutup sudutan yang sering mengalami masalah retak dan keropos.

Langkah persiapan aplikasi cat pelapis anti bocor adalah dengan membersihkan sisa kotoran beton, debu, air, minyak atau material sisa lainnya yang mungkin akan menjadi penyebab kurang melekatnya material yang akan digunakan. 

Saat melakukan pembersihan, cek juga stek atau besi yang tidak terpakai dan keluar dari dalam beton. Potong besi tersebut sampai ke dalam beton kemudian tambal kembali lobang yang dibuat untuk memotong besi.

Pastikan area atap dak sudah benar-benar siap untuk dipasang cat pelapis anti bocor. Beton harus bebas dari kotoran, sisa adukan, air, minyak, debu dan bekas stek yang sering menjadi penyebab masalah bocor. 

Jenis Cat Pelapis Anti Bocor Untuk Dak Beton

Jika dak beton sudah siap untuk pengaplikasian cat pelapis anti bocor, tiba saat untuk menentukan jenis material yang akan digunakan. Pilih sesuai dengan kebutuhan atau minta rekomendasi orang yang memiliki pengalaman dalam bidang waterproofing.

Cat pelapis anti bocor yang bagus untuk dak beton harus memiliki sifat tahan terhadap sinar matahari, daya rekat yang kuat, elastisitas yang tinggi dan tentu saja harus anti jamur. 

Atap dak beton terpapar sinar matahari sepanjang tahun, untuk itulah membutuhkan cat pelapis anti bocor yang tahan terhadap sinar matahari. Daya rekat juga harus kuat, jangan sampai karena terjemur seharian membuat material terkelupas. 

Cat Pelapis anti bocor yang memiliki sifat mencegah jamur sangat baik untuk atap dak. Jamur akan mudah tumbuh pada beton saat musim hujan. Daya elastis yang tinggi juga menjadi syarat utama untuk cat dak beton karena area ini bisa saja mengalami retak karena penyusutan beton yang sering basah kering karena perubahan cuaca.

Untuk membantu anda menemukan jenis material yang baik, Tahapa ID sudah merangkum beberapa merk cat pelapis anti bocor yang dapat digunakan untuk atap dak beton. Berikut ini rekomendasi kami

Sikalastik 590

Material waterproofing produk SIKA ini cukup terkenal dan banyak digunakan untuk melindungi dak beton dari masalah bocor. Dengan kualitas material yang sangat bagus sehingga Sikalastic 590 banyak digunakan pada proyek gedung bertingkat ataupun rumah tinggal.

Berikut ini keunggulan Sikalastic 590 :
  1. Berbahan satu komponen sehingga sangat mudah untuk diaplikasikan dengan semua jenis kondisi bangunan
  2. Tahan Sinar Ultraviolet sehingga tidak perlu memasang lapisan pelindung waterproofing
  3. Sangat elastis sehingga bisa digunakan untuk memperbaiki retak rambut
  4. Dapat diaplikasikan tanpa sambungan sehingga memperkecil resiko kegagalan
  5. Dapat digunakan dengan material tambahan seperti kain kasa dan serat fiber
  6. Dapat diaplikasikan pada area beton miring, datar bahkan screed

Drylok

Drylok juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan material cat pelapis anti bocor lainya. Banyak keunggulan yang bisa didapatkan jika menggunakan drylok untuk melindungi dak beton dari masalah bocor. Kebetulan Tahapan ID sudah membuat artikel yang membahas tentang drylok. 

Baca artikel berikut : Keunggulan Drylok

Aquaproof

Siapa sih yang tidak mengenal aquaproof. Sangat banyak peminatnya dan mudah untuk didapatkan. Hampir semua toko bangunan menjual produk ini. 

Mengenai keunggulan dan cara pemakaiannya sudah Tahapan ID bahas pada postingan sebelumnya.

Tips Merawat Dak Beton

Setelah pekerjaan cat pelapis anti bocor selesai, jangan lupa lakukan perawatan atap dak beton. Misalnya dengan mengecek lapisan cat waterproofing, pembersihan dari daun dan sampah yang bisa menyumbat saluran air, pengecekan kelancaran saluran pembuang dan jangan lupa untuk memperbaiki bagian yang rusak. Misalnya menambal cat yang terkelupas dan lain sebagainya.

Lakukan pengecekan minimal tiga bulan sekali atau saat mendekati musim hujan. Jangan biarkan saluran air tersumbat saat musim hujan yang bisa menimbulkan masalah baru bangunan anda

Cara Mengatasi Dak Beton Bocor

Sangat sering menemukan kasus masalah dak beton yang mengalami bocor dan kemudian minta dipasang cat pelapis anti bocor. Langkah ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Tapi bukan hanya melakukan pemasangan cat pelapis anti bocor saja, perlu diadakan perbaikan terlebih dahulu terutama pada area yang mengalami bocor.

Periksa area yang mengalami bocor. Lihat jenis kerusakannya. Apakah karena betonnya mengalami retak, keropos atau rapuh. Bisa jadi kebocoran disebabkan saluran air yang tidak lancar karena tersumbat sampah.

Untuk beton yang mengalami retak struktur, bisa menggunakan metode injeksi untuk memperbaikinya. Dengan metode injeksi beton akan memungkinkan mengisi celah beton yang kosong. Selain untuk memperbaiki bocor, injeksi beton juga mampu merekatkan kembali bagian beton yang terpisah karena retak.

Pada beton retak struktur, sebaiknya gunakan metode injeksi epoxy. Dengan material epoxy khusus yang memiliki sifat sangat cair dan kuat bisa mengisi celah dalam beton yang berukuran kecil sekalipun.

Selain dengan metode injeksi, bisa juga dengan melakukan penambalan dari bagian atas atap dak. Cutting area retak kemudian kucurkan material injeksi epoxy pada bagian retak yang telah dipotong. Tujuannya sama dengan melakukan injeksi yaitu mengisi celah yang terdapat pada beton retak.

Setelah selesai melakukan perbaikan area kerusakan atap dak, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cat pelapis anti bocor untuk melindungi dak beton dari masalah bocor.

Terima kasih sudah membaca postingan tentang cat pelapis anti bocor untuk dak beton. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan solusi untuk anda.