Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mendapatkan Ide Tulisan Blog Dengan Mudah

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]

Ide-Tulisan-Blog
Dalam proses ngeblog, banyak yang akan kita alami. Dari proses pengaturan blog sampai dengan menulis artikel. Kadang ada rasa malas dan ingin berhenti ngeblog. Soalnya bingung mau nulis apa lagi. Otak berasa berat untuk memikirkan ide tulisan apa yang menarik untuk kita bahas. Hampir sebagian blogger memiliki masalah yang sama. 

Nah…. Postingan kali ini, Tahapan ID ingin memberikan tips ringan agar mudah menemukan topik menulis blog. Sehingga mudah untuk mengisi blog dengan banyak artikel. Dan Tahapan ID sudah merangkumnya dalam satu artikel yang mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk membacanya.

Sebaiknya siapkan kopi atau teh untuk membaca postingan ini dengan santai. Siapa tau nantinya ada cara menemukan topik tulisan blog yang bisa untuk langsung diterapkan. Yuk…. Kita bahas langsung

Ide Tulisan Dari Proses Membuat Blog

Yang sangat sering saya lakukan adalah menceritakan apa yang saja  pernah dilakukan. Misalnya cara membuat blog, pasang favicon, ganti tema, beli template blog, cara daftar adsense dan semua yang pernah kita lakukan saat ngeblog dapat kita jadikan sebuah tulisan.

Tidak usah malu atau takut, ceritakan saja apa yang pernah kita lakukan. Selain mendapatkan artikel, sekaligus belajar mengembangkan ide menjadi tulisan yang menarik.

Kadang banyak yang punya prinsip, malu mau nulis tutorial blog. Blog sendiri aja masih acak-acakan. Ngapain loe nulis begituan segala. Beda orang tentu saja beda pandangan. saya tetap nulis tutorial walau belum jago nulis. 

Yah…. Minimal saya bisa terus belajar menulis, siapa tau dengan rajin membuat artikel mampu meningkatkan kemampuan dalam bidang menulis artikel blog ( aamiin ) 

Jika nantinya ada tulisan yang kurang tepat, tinggal kita perbaiki dan terima jika ada masukan. Hal seperti ini banyak manfaatnya. Bisa menambah ilmu setiap saat dan tentu saja menambah jumlah artikel blog.

Mendapatkan Topik Tulisan Blog Setelah Membaca

Beruntung orang yang suka membaca, karena hal ini akan mempermudah saat kita menjadi blogger. Dengan banyak membaca, kita akan bisa menemukan banyak ide dan pandangan terhadap sesuatu. Saat ini kita sudah dipermudah dengan dunia digital. 

Kita dengan mudah untuk memuaskan hasrat untuk membaca. Banyak situs berita online, sosial media dan semua sumber yang bisa kita jadikan untuk tempat mencari ilmu.

Jika punya dana lebih, sesekali kita bisa membeli buku impian. Atau bisa juga beli dalam bentuk ebook. Pokoknya saat ini sangat mudah untuk mendapatkan informasi, asalkan mau berusaha.

Kalau media sosial, saya sering mendapatkan ide tulisan blog dari qoura dan linkedin. Lumayanlah, sambil main sosmed sambil mencari inspirasi. Sudah bisa chatting dengan teman-teman, dapat ilmu dan yang paling menyenangkan saat mendapatkan konsep yang nantinya dapat kita kembangkan melalui tulisan untuk mengisi blog. 

Mendapatkan Gagasan Setelah Ngobrol

Saat ketemu teman atau siapa saja, kadang ada hal yang menarik dan bisa menjadi gagasan menulis untuk blog. Misalnya teman mengeluarkan statement atau pendapat mereka tentang sesuatu. Jika menarik untuk dibahas, kenapa ga ditulis untuk artikel blog kamu. Lumayan Kan….

Kadang memang sulit kita tebak. Ide untuk menulis bisa saja terjadi kapanpun. Entah itu karena obrolan dengan sahabat atau dengan siapapun. Bisa jadi konsep tulisan muncul karena bos kita yang bawel. Dan apapun itu, selama hal tersebut menarik, bisa dijadikan bahan untuk menulis.

Mendapatkan Ide Menulis BLog dari sebuah kegembiraan atau kesedihan

Kisah hidup memang merupakan topik yang menarik. Ada Kalanya kita membutuhkan tempat untuk membagikan kisah pilu agar pembaca blog kita bisa mengambil hikmahnya. Atau bisa juga dengan berbagi kebahagian. 

Percayalah, kisah hidup itu sangat menarik untuk kita bagikan. Dengan sedikit sentuhan, tentu cerita yang kamu buat akan menjadi bahan bacaan yang menarik.

Jadi pengen punya blog untuk tempat curhat-curhatan…. Hmmmzzz

Hobby tentu merupakan Ide Untuk Membuat Tulisan Yang Menarik

Kalau sudah membahas hobby, tentu akan sangat membantu dalam mendapatkan ide tulisan blog. Dan tentu saja hal ini akan membuat hasilnya semakin menarik. Karena memang kita menulis sesuatu yang kita sukai. Kadang sampai lupa bahwa tulisan sudah sangat panjang hanya untuk menceritakan apa yang sedang kita sukai tersebut.

Topik tulisan yang memang kita sukai memang membangkitkan hasrat dan emosi. Sama seperti saya, jika menulis sesuatu tentang  kegiatan yang saya sukai, tentu sangat antusias dan bersemangat. 

Lumayanlah untuk menghilangkan kebosanan dalam mengelola blog. Oleh sebab itulah, tahapan ID membahas banyak niche, Kadang pengen juga nulis sesuatu menjadi Hobby. sayang, sampai saat ini saya belum bisa untuk mewujudkannya. 

Perjalanan Merupakan Topik Tulisan Blog Yang Menarik

Traveling merupakan topik yang segar. Habis menghilangkan rasa lelah kemudian kita kemas dalam bentuk satu artikel. Sekaligus memajang hasil photo waktu jalan-jalan. Tentu hal ini menjadi keseruan tersendiri.

Cara Mendapatkan Ide tulisan blog seperti ini biasanya dilakukan oleh blogger traveling. Karena itu memang niche mereka. Kita yang batu memulai ngeblog juga bisa memanfaatkan momen seperti ini untuk menambah artikel blog kita. Walau belum sebagus tulisan mereka yang sudah menjadi travel blogger.

Informasi penting dan hangat atau film Baru

Punya informasi yang menarik untuk dibagikan ? Lumayanlah untuk menambah artikel jika info tersebut masuk dalam niche blog kamu. Dan tentu saja hal ini banyak yang menantikannya. 

Banyak kok yang menceritakan ulang isi film yang baru mereka tonton. Selain itu, memang banyak yang membutuhkan informasi tentang film tersebut sebelum memutuskan untuk menontonnya. Ada juga yang ada niat nonton setelah membaca artikel di internet.

Kata Kunci Adalah Sumber Ide Tulisan Blog Tanpa Batas

saya sering melakukan hal ini. Jika sedang tidak ada kegiatan, sambil iseng-iseng buka Google Keyword Planner atau ubersuggest. Kadang kita menemukan gagasan yang tidak terduga setelah beberapa kali mengecek keyword tertentu.

Atau sekalian sama, semua kata kunci yang dimunculkan GKP kita copy dan jadikan konsep tulisan. Biasa cara ini saya lakukan jika membuat blog baru dengan niche baru. Maka semua kata kunci yang keluar dari GKP disalin semua. 

Kemudian pilih yang sesuai dengan apa yang kita mau. JIka kita tulis semua, bisa ga habis untuk satu tahun. Karena sangat banyak.

Khayalan Bisa Menjadi Ide Tulisan Blog

Pernah kan membayangkan sesuatu ? Memilikinya atau merasakannya ? Hmmzzzz…. Ide-ide liar itu kadang menjadi bahan untuk menulis. Jika belum pernah merasakannya, tinggal cari informasi di Google aja.

Menurut saya itu tidak jelek-jelek banget. Asalkan jangan menghayal yang aneh-aneh aja. Kasihan kalau dijadikan konsep tulisan, nanti malah dihapus sama Google.

Pertanyaan Akan Melahirkan Ide tulisan Untuk Mengisi Blog

Inspirasi atau ide tulisan itu bisa datang dari mana saja. Untuk blog tutorial, saya sangat sering membuat tulisan karena ada orang yang bertanya tentang hal tersebut. Minimal kita udah punya semangat bahwa masih ada orang yang membutuhkan konten seperti itu.

Apalagi jika pertanyaan yang ada di grup whatsapp, dengan senang hati saya jadikan ide kemudian saya kembangkan untuk menjadi tulisan. Grup blogger juga bisa menjadi sumber saat sedang mencari gagasan untuk Tulisan.

Ada yang suka baca dan jawab pertanyaan di Quora ?  Mungkin disana banyak ide tulisan yang bisa kita kembangkan untuk mengisi blog.

Dari pengalaman menggunakan produk

Bagi yang suka review, kenapa ga review saja produk yang kita gunakan. Misalnya kartu internet, baju, sepatu, barang-barang kecantikan atau apapun yang punya hubungan dengan blog kita, semua dengan mudah kita jadikan ide tulisan untuk blog. 

Karena memang kita punya pendapat yang real karena memang menggunakan produk tersebut. Siapa tau nantinya malah ada produk lain yang minta kita buatkan review. Kan lumayan HA HA HA

Dari kejadian sehari-hari

cara-mendapatkan-gagasan-tulisan-blog
Untuk kegiatan sehari-hari mungkin bisa kita jadikan tulisan untuk mengisi blog. Apalagi jika kegiatannya bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Asal jangan curhat sepanjangan aja. Tapi bisa juga sih, curhat-curhatan dikemas semenarik mungkin untuk bacaan disaat orang-orang sedang santai.

Sebenarnya apa saja bisa kita jadikan tulisan. Tergantung bagaimana sudut pandang dan cara mengembangkannya. Kalau cuma ide, mungkin dengan mudah untuk kita dapatkan. Tapi pengembangannya yang kadang membutuhkan banyak waktu dan  tenaga.

Experiential learning

Menjadikan pengalaman sebagai konsep tulisan; untuk hal ini mungkin banyak yang melakukannya, karena mirip dengan menulis diary. Pengalaman baik ataupun buruk bisa jadi ide tulisan yang menarik. Apalagi ditambah dengan bumbu dramatisasi dan cara penulisan yang bikin orang penasaran.

Praktek Melakukan Sesuatu Sering Menjadi Konsep Tulisan Blog

Jika kamu adalah orang yang kreatif, misalnya suka membuat mainan anak-anak, hiasan dinding atau apapun yang mungkin kamu buat untuk mengisi waktu luang. Jika sudah berhasil membuatnya, kamu buat aja jadi sebuah tulisan tentang tutorial. Dan bisa jadi banyak yang menyukainnya. 

Jangan remehkan ide seperti ini, jika banyak yang menyukainya bisa menjadi lahan untuk menghasilkan uang. Misalnya dengan menjual hasil karya tersebut. Lumayan jika kamu berhasil. Siapa tau dengan kreatifitas seperti ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang disekitarmu.

Tentu saja ide tulisan seperti ini sangat bermanfaat untuk orang banyak. Jika sering melakukannya, niscaya blog kamu memiliki penggemar tersendiri yang akan menantikan karya kamu berikutnya.

Mencari Ide Tulisan Di Blog Archive 

Sedikit mulai agak membandel, dan menurut saya ini sah-sah saja. Kita menulis ulang isi blog dan postingan yang mungkin sudah dihapus atau blognya sudah tidak aktif lagi. Walau artikelnya sudah tahunan dan mulai ketinggalan jaman, dengan kita perbaharui isinya mungkin bisa akan terlihat segar lag.

Saya sangat sering mencari tulisan seperti ini. Dan lumayanlah untuk sekedar mengisi blog agar terlihat aktif dengan postingan baru. Walau idenya dari blog yang udah lama banget tidak aktif.

Hayooo… Siapa yang sering mencari gagasan di blog archive ? HA HA HA Atau ada yang ingin mencobanya ? Nanti kita buatkan artikel tersendiri aja tentang cara menggunakan fitur ini. Doain aja cepat terealisasi ( Aamiin )

Metode ATM Untuk Mendapaatkan Ide Tulisan Blog

Metode ini gunakan kalau lagi kering ide. Dengan melototin tulisan yang bagus, saya amati, tiru dan modifikasi. Ingat ya, bukan copas. Kita ambil poin-poin penting dan kita tulis sesuai dengan gaya tulisan kita sendiri.

Jangan lupa, cara ini sering banget dianggap copas. Sebelum di publish, sebaiknya cek dulu menggunakan 1text.com untuk memastikan bahwa tulisan kita sudah unik 100%. Hu Hu Hu

Cara mendapatkan konsep tulisan itu memang sangat beragam. Dengan berbagai cara yang mungkin tidak pernah orang pikirkan. Yang penting bukan copy paste, kalau cuma ide yang kita tiru bukanlah hal yang aneh.

Tetap Tidak Menemukan Ide, Coba Tips Berikut

Dari sekian hal yang memungkinkan untuk mendapatkan ide tulisan di atas, tapi tak satupun yang bisa membuat kamu menemukan ide. Jangan putus asa. Tidak usah memaksakan diri juga untuk menulis ide baru. Kita bisa memanfaatkan postingan lama dengan memperbaikinya. 

Ini saja udah cukup membuat google senang. Google tidak menuntut untuk menghadirkan tulisan segar setiap hari. Dia cuma menginginkan blog terlihat hidup dengan adanya update. Salah satunya dengan memperbaiki tulisan yang sudah ada. 

Bisa dengan memperbaiki salah ketik, menambahkan gambar, link atau apapun yang bisa menambah nilai lebih terhadap tulisan yang sudah kita publish.

Sedikit curhat ya bro… Untuk blog ini, saya pernah getol selama satu bulan penuh membuat postingan baru. Dan akhirnya menyerah setelah membaca kembali apa yang sudah saya terbitkan.

Karena memaksakan diri, artikel semakin berantakan. Penggunaan kata yang berulang bahkan sampai membahas topik. Itu terjadi tanpa saya sadari karena terlalu mengejar target untuk tiap hari posting. Hasilnya apa ? NIHIL

Saya berbagi cerita ini tidak untuk mengajari, cuma sekedar membagikan apa yang pernah dilakukan dalam membangun blog ini. Jika ada yang bermanfaat, silahkan diambil. Buang saja bagian yang tidak bermanfaat atau tidak kamu sukai.

Balik lagi ke topik pembahasan. Jika sudah sampai pada paragraf ini belum juga terpikir mau nulis apa. Sebaiknya lebih baik kamu tidur dan beristirahat. Masih ada hari esok dan satu lagi. Dengan kamu memaksa membuat artikel saat ini juga, itu tidak akan membuat blog kamu ramai seketika.

Jadi mau ngapain lagi, lebih baik kita istirahat…. HA HA HA

Sebenarnya, bukan ide tulisan yang harus kita cari. Tinggal kita tanya ke diri sendiri, mau nulis atau ngga ? Itu yang paling penting. Masalah gagasan bisa kita temukan dimana saja asalkan memang kita berniat untuk menulis sudah ada. Terima kasih sudah membaca….

Posting Komentar untuk "10 Cara Mendapatkan Ide Tulisan Blog Dengan Mudah"