Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Promosi Blog Untuk Mendapatkan Pengunjung Dengan Cepat| Tips Jitu NgeBlog

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]
Cara Promosi Blog

Saat memutuskan membuat blog dan menulis banyak artikel, tentu tugas kita belum selesai. Kita harus bisa mendatangkan pengunjung agar tulisan kita banyak yang membacanya. Rasanya akan kurang seru jika selesai menulis namun belum ada yang membacanya.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendatangkan pengunjung blog. Promosi blog merupakan pilihan yang tepat. Karena dengan cara inilah kita bisa mendatangkan pengunjung dengan cepat.

Selain Promosi blog, kita bisa mengoptimasinya untuk mendapatkan pengunjung organik dari mesin pencari. Namun cara ini tidak bisa instan, membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Misalnya mulai menata backlink dan meningkatkan kualitas konten. Semuanya harus kita lakukan dengan sabar dan telaten.

Sesuai dengan judulnya, maka artikel ini tentu akan membahas poin yang pertama. Yaitu cara promosi blog untuk mendapatkan pengunjung. Untuk itu, saya bagi menjadi dua bagian cara promo blog yang akan kita bahas. Yups… Langsung simak ya…..

Cara Promosi Blog Dengan Media Online

Seperti memiliki toko online, blog juga perlu kita buatkan list cara memperkenalkan produk yang kita miliki agar banyak orang yang mengetahuinya. Cuma perbedaanya, artikel blog bukanlah suatu barang. Namun kita tetap harus melakukan promosi blog untuk memperkenalkannya kepada khalayak ramai.

Namun sebelum melakukan cara promosi blog dengan maksimal, sebaiknya kita persiapkan dahulu blog tersebut agar pengunjung merasa betah dan berkunjung kembali karena mendapatkan manfaat atau kepuasan setelah mereka membaca. 
  • Mengisi blog dengan artikel yang unik, menarik dan bermanfaat. Langkah ini sejalan dengan adagium yang mengatakan Content is the King. Semakin menarik dan bermanfaat artikel kamu maka akan semakin menarik perhatian orang lain, terutama bagi para pencari ilmu atau informasi guna mendukung pendidikan maupun pekerjaannya. Lakukan poin ini dengan baik agar pengunjung mendapatkan manfaat setelah mengunjungi blog.
  • Membuat tampilan blog yang menarik, mudah menemukan artikel, mudah mengaksesnya. Blog yang terlalu banyak pernak-pernik yang tidak penting dan navigasi yang tidak jelas serta lama membukanya akan segera ditinggalkan oleh pengunjungnya, cepat atau lambat. Mungkin salah satu solusinya adalah dengan menggunakan template premium
  • Mendaftarkan blog kamu di Google.com, Yahoo.com, Bing.com dan search engine lainnya. Daftarkan ke semua webmaster agar blog mudah untuk ditemukan.
Setelah mempersiapkan blog dengan baik, barulah kita melakukan langkah memperkenalkannya kepada banyak orang. Berikut ini tahapan yang dapat kita tempuh untuk mengaplikasikan cara promosi blog dengan maksimal untuk mendatangkan trafik.
  1. Mengirimkan artikel ke beberapa social bookmark misalnya mojok.com, medium, dan lain sebagainya. Jika artikel kamu menarik dan bermanfaat maka pengunjung social bookmark tersebut akan berusaha untuk mengunjungi blog yang kita miliki.
  2. Memanfaatkan Facebook, Twitter, dan situs jejaring sosial lainnya untuk memperkenalkan blog atau artikel yang baru terbit. Tapi ingat, lakukan dengan cara yang benar dan jangan sampai terindikasi “spam”. Perlu melakukan pendekatan terlebih dahulu, misalnya dengan sering memberikan tips.
  3. Bergabung dalam berbagai forum grup yang ada untuk membangun persahabatan, menyerap ilmu sambil mempromosikan blog. Sama seperti poin sebelumnya, lakukan dengan cara promosi blog dengan baik melalui pendekatan.
  4. Mengunjungi blog lain untuk membangun persahabatan, silaturahmi,menyerap ilmu dan mempromosikan blog. Berilah komentar yang baik saat berkunjung. Jangan hanya menebar puluhan komentar basa-basi atau istilahnya “nyepam”. Dengan memberikan komentar yang baik dan bermanfaat maka pengunjung yang lain kemungkinan akan tertarik untuk mengunjungi blog kamu.
  5. Menambahkan link blog melalui email, whatsapp atau metode berkirim pesan digital lainnya. Bagikan dengan teman dan orang yang sekiranya akan menyukai artikel tersebut. Sehingga sahabat yang menerima email akan tertarik dan membuka link tersebut.
  6. Mengikuti aneka kontes /kuis/giveaway yang diselenggarakan oleh para blogger. Dengan mengikuti kontes banyak manfaat yang bisa diambil antara lain : blog kamu akan dikenal dan dikunjungi oleh peserta kontes dan jika beruntung akan menerima hadiah kontes, bukan. Langkah inilah yang paling sering saya lakukan dalam rangka promosi blog.
  7. Menulis artikel di situs yang menyediakan wahana untuk itu, misalnya kompasiana.com. Jangan lupa membubuhkan alamat blog pada akhir artikel.
  8. Memberikan bonus kepada pengunjung. Bonus tak selalu harus berupa uang atau barang tetapi juga bisa berupa sesuatu yang bermanfaat atau berkesan bagi pengunjung misalnya download gratis e-book, download gratis software, themes, dan lain sebagainya. Pemasangan nama Top Komentator di sidebar juga termasuk bonus non materi
  9. Mengadakan giveaway,kuis,kontes. Acara ini juga sangat digemari oleh para blogger sehingga dapat  meningkatkan kualitas atau trafik blog. Hadiah kontes/kuis/giveaway tentu tak harus barang atau benda yang mewah atau mahal.
Untuk cara yang lain masih jarang saya lakukan. tapi bisa sobat tambahkan pada kolom komentar jika kamu memiliki cara promosi blog tersendiri. Siapa tau bisa saya terapkan dan semakin meningkatkan jumlah pengunjung TahapanID.

Promosi Blog Secara Offline

Promosi blog secara offline dilakukan tanpa menggunakan internet. Beberapa cara yang layak untuk dicoba dalam rangka mempromosikan blog secara offline diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Membuat kartu nama dengan mencantumkan alamat blog.
  2. Membuat T-shirt dengan alamat blog.
  3. Membuat amplop khusus dengan mencetak alamat blog pada kopstuknya.
  4. Membuat stiker  logo dengan  nama dan alamat blog kemudian menempelkannya pada kendaraan. Tapi ingat, kendaraan sendiri ya. Nanti malah nekad nempelin di mobil yang sedang parkir.
  5. Mengikuti acara kumpul dan seminar blogger. Biasanya bisa juga disebut kopdar. Lewat pertemuan seperti ini, tentu saja kita bisa mempromosikan blog yang kita miliki.
Bagaimana kawan ? Tertarik untuk mencoba salah satu cara promosi blog yang telah kita bahas ? Atau kamu punya cara  tersendiri untuk memperkenalkan blog agar banyak pengunjungnya ? 

Posting Komentar untuk "Cara Promosi Blog Untuk Mendapatkan Pengunjung Dengan Cepat| Tips Jitu NgeBlog"