Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Untuk Pemula | Beres Dalam Kedipan Mata

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]

cara-membuat-blog
Dalam kehidupan sehari-hari, sobat pasti pernah membaca-baca informasi melalui internet. Nah, sebagian besar informasi yang sobat baca tersebut diterbitkan melalui blog ataupun website.

Banyak orang yang memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Tapi tidak sedikit juga yang membuatnya cuma karena iseng menyalurkan hobi menulis. Apapun tujuannya, selagi memberikan dampak yang positif, kita boleh saja melakukannya.

Postingan Cara Membuat Blog ini cukup panjang karena saya buat selengkap mungkin. Mulai dari memilih platform yang akan digunakan sampai pemilihan template juga akan dibahas. Lebih enak membacanya sambil menikmati kopi hitam dan beberapa batang rokok. (Iya kali loe ngopi) Ha Ha

Saya membuat postingan ini dengan tahapan yang lengkap dengan tujuan agar yang baru berniat bikin blog dapat mengikutinya dengan mudah.

Apa Itu Blog Dan Bagaimana Cara Membuat Blog ?

Saya yakin. untuk sobat yang menemukan postingan ini pasti sedang tertarik untuk membuatnya Sebelum kita melanjutkan ini postingan tentang cara membuat blog, ada baiknya sobat mengetahui dahulu penjelasan singkatnya.

Menurut wikipedia, blog merupakan salah satu jenis website yang memuat tulisan dengan berbagai topik. Dan bukan hanya tulisan, biasanya diisi juga dengan berbagai media misalnya video ataupun gambar. Sesuai dengan tujuan pembuatannya

Saat ini, bukan hanya untuk menuangkan karya tulisan. Tapi kita juga dapat menggunakannya sebagai salah satu sumber yang dapat menghasilkan uang. Baik dengan menerbitkan iklan dan berjualan produk.

Untuk menghasilkan uang melalui iklan, kita bisa menggunakan adsense, mgid dan lainnya. Sedangkan berjualan produk, kita bisa membuka toko online, berjualan produk orang lain, penyedia jasa review dan masih banyak lagi lainnya. 

Untuk lebih detailnya tentang cara menghasilkan uang, saya sudah membuat postingan secara terpisah. Jika sobat ingin membacanya, dapat mengikuti tautan berikut ini : Cara Menghasilkan Uang dari blog

Persiapan Membuat Blog

Sebelum memutuskan membuatnya, banyak hal yang harus kita perhatikan. Dan ini nantinya akan sangat membantu untuk kita dapat mengembangkannya. 

Dan sebenarnya, cara membuat blog bukanlah perkara yang susah. Tidak memerlukan keterampilan khusus, asalkan ada kemauan untuk belajar kita bisa membuatnya. 

Yang cukup sulit dan membutuhkan ketekunan adalah mengembangkan dan meningkatkan jumlah pengunjungnya biar banyak dikenal orang. Tapi tenang saja, semua pasti bisa kita lakukan. Asalkan kita mau mencoba dan selalu berusaha.

Karena bisa menjadi sumber penghasilan, sebaiknya sobat benar-benar serius dalam membangunnya. Siapa tau kita beruntung, apa yang kita buat ternyata disukai banyak orang dan mendatangkan banyak pengunjung.

Untuk membuat blog yang menarik dan menghasilkan uang, kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tenaga, biaya dan tentu saja harus berpikir keras agar apa yang kita buat disukai banyak orang.

Pilih Platform Blog

cara-Membuat-blog-untuk-pemula

Saat memutuskan untuk membuat blog, tentunya sobat sudah mengetahui platform yang akan dipakai. Saat ini ada dua jenis yang paling umum digunakan yaitu blogger atau wordpress.

Tentukan platform terlebih dahulu. Jangan sampai salah, karena nantinya akan membuat kita menjadi tidak nyaman saat ngeblog. Saya sendiri pernah mengalaminya.

Sebelum memutuskan memilih platform, saya juga mencari tutorial cara membuat blog untuk mendapatkan informasi yang lengkap. Setelah baca sana sini, baru memutuskan untuk memilih blogger sebagai tempat ngeblog. Awalnya memang hanya menggunakan platform ini.

Karena ingin belajar, akhirnya saya mencoba menggunakan platform wordpress dengan self hosting. Karena tidak terbiasa, saya menemukan beberapa kesulitan dan beberapa kali mengalami error. Karena merasa ribet, akhirnya saya pindah lagi ke blogger. 

Sebagai pemula atau yang baru ingin memulai, saya lebih merekomendasikan blogger sebagai tempat untuk mempublikasikan tulisan. Menurut saya pribadi, blogger lebih mudah digunakan. Dan tidak perlu direpotkan dengan pengelolaan hosting. Tapi yang menginginkan kebebasan, bisa memilih wordpress dengan segudang fitur yang mereka tawarkan.

Mungkin suatu saat akan saya bahas secara terpisah, apa saja keunggulan masing-masing antara kedua platform ini. Doain ya….

Tentukan Niche Blog

Sebelum membuat blog, tentunya kita ada angan-angan akan membangunnya menjadi seperti apa. Sebaiknya fokus dalam satu niche agar mudah dikembangkan dan mempermudah saat daftar adsense. Pemilihan topik yang dibahas sangat membantu untuk bisa mendapatkan akun google adsense.

Bukan hanya itu, dengan fokus niche akan sangat membantu dalam mengembangkan blog. Karena lebih mudah dalam merangking keyword. 

Tahapan ID juga dulunya fokus satu topik bahasan. Karena sesuatu hal, akhirnya membahas banyak topik. Terus terang, saya menyesal telah menjadikan topiknya menjadi gado-gado. Jadi kurang fokus saat menulis. Kadang mau bahas ini, itu bahkan kadang sampai jadi batal menulis karena terlalu sibuk memilih apa yang ingin dibahas lebih dulu.

Pilih Alamat Blog

Setelah menentukan platform yang akan digunakan dan sekaligus memilih niche yang akan dibahas, langkah selanjutnya adalah memikirkan domain atau alamat blog. 

Walau tidak begitu besar, namun memiliki alamat blog yang mengandung keyword sangat menguntungkan untuk seo blog. 

Pilih domain yang sesuai dengan niche yang akan kita bahas. Misalnya kita akan membuat blog tentang makanan, ada baiknya memilih domain yang mengandung keyword yang berhubungan dengan makanan. Minimal ada sedikit kaitannya.

Lihat saja Website tentang resep makanan yang sudah populer, namanya mengandung keyword yang berhubungan dengan masak. Contohnya cokpad.com, craft.com dan lain sebagainya.

Untuk postingan lebih lengkap membahas tentang tips memilih domain, Bisa Baca DiSINI

Cara Membuat Blog Melalui Blogger

Setelah menentukan platform yang akan dipakai, kemudian pilih niche dan domain. Selanjutnya tinggal mengeksekusi apa yang kita bayangkan tersebut. Yaitu dengan langsung membuatnya.

Dan cara membuat blog yang akan bahas ini tentunya menggunakan platform blogger. Karena saya sendiri ngeblog memakai platform tersebut. Pernah sih mencoba memakai wordpress dan sampai membeli hosting sendiri. Tapi saya merasa kurang nyaman dan akhirnya kembali ke blogger lagi. 

Langsung saja, berikut ini tahapan cara membuat blog menggunakan Blogger:

  1. Buat Akun Google. Jika sudah ada, skip langsung ke poin berikutnya
  2. Ketik Blogger.com pada Browser. Disini saya menggunakan Chrome dan kondisi akun google dalam keadaan login untuk mempermudah proses pembuatan. Jika belum login, sebaiknya login akun google terlebih dahulu
  3. Setelah masuk pada blogger. Kamu tidak akan menemukan blog apapun jika tidak pernah membuatnya. Langkah selanjutnya tinggal klik “buat Blog
    cara-Membuat-blog-untuk-pemula

  4. Pada halaman selanjutnya, Isi "Nama blog" sesuai dengan  yang diinginkan kemudian klik “Berikutnya
    cara-mulai-membuat-blog

  5. Pada halaman berikut, isi alamat blog sesuai dengan keinginan. Lihat keterangan pada bagian bawahnya. Jika keluar tulisan merah pada bagian bawahnya, kamu tidak bisa menggunakan alamat tersebut. Silahkan ganti dengan nama yang lain. Sampai muncul keterangan “blog ini tersedia” lalu klik “Simpan”
    Membuat-blog-menggunakan-blogger

  6. Sampai disini, sobat sudah berhasil membuat blog. Selanjutnya sobat tinggal melanjutkan sedikit setting blognya agar tampilannya menarik.

Beli Template Setelah Membuat Blog

Pada poin sebelumnya, sobat sudah berhasil menerapkan tutorial cara membuat blog. Dan ini merupakan langkah awal. Selanjutnya sobat lihat tampilannya dengan cara klik “lihat blog” yang ada pada pojok kiri bawah. Begitulah tampilan awal website yang sudah sobat buat.

Untuk mempercantik dengan tampilan yang menarik, dapat merubah tampilannya melalui Tema. Klik saja "Tema" dan sobat bisa klik “sesuaikan” untuk penyetelan warna, jenis font dan lain sebagainya. 

Coba saja satu-satu sampai menemukan tampilan yang sesuai dengan keinginan.

Jika merasa tidak cocok dengan template blog. Sobat dapat menggantinya dengan template lainnya. Di bagian bawah sesuaikan, banyak template gratis yang sudah disediakan. Sobat bisa mencobanya satu persatu.

Hanya sebagai rekomendasi, sebaiknya sobat gunakan template premium. Sobat bisa membelinya. Sudah banyak tersedia di google, banyak orang atau developer yang menyediakan template premium untuk blogger.

Jika sobat berminat membeli template premium seperti Tahapan.ID, sobat bisa membelinya di mas sugeng. Tahapan ID menggunakan template viomagz. Silahkan kunjungi website mas sugeng dengan mengikuti tautan yang saya sediakan. 

Silahkan KLIK DISINI untuk mengunjungi website mas sugeng, sobat bisa menemukan beberapa pilihan template premium keren buatan mas sugeng. 

Jika sobat benar-benar baru mengenal blog, sabar dan belajar pelan-pelan. Saya juga sama. Dengan latar belakang pendidikan yang seadanya. Asalkan mau belajar dan berusaha, kita pasti bisa mewujudkan apa yang kita inginkan.

Saya malah tidak memahami script, kode html dan tidak tahu sama sekali tentang coding. Sedikit demi sedikit dan perlahan, saya mulai belajar. Bahkan sampai saat ini, saya masih bingung jika mengharuskan untuk menggunakan script. Tapi bisa kita cari tutorialnya di Google. 

Beruntung saya menemukan template premium mas sugeng ini, jadi tidak banyak memerlukan perubahan yang banyak dan rumit. Cukup mengganti warnanya saja dan blog langsung terlihat keren. Hmmzzzz…. Keren menurut saya ya…. HA HA HA

Target Pembaca Blog

Langkah selanjutnya adalah mengisi blog dengan tulisan. Tapi… Sebelum mulai menulis artikel, ada baiknya kita menentukan target pembaca terlebih dahulu. Dan sebagian besar website yang membahas tentang cara membuat blog menyarankan seperti ini. Tujuannya untuk mempermudah menentukan gaya tulisan dan pengembangannya.

Misalnya umur yang akan membaca artikel. Dengan sedikit mengetahui target pembaca, setidaknya kita bisa menentukan jenis bahasa yang tepat. Mau pakai bahasa gaul sehari-hari atau pakai bahasa formal. Sesuaikan dengan topik.

Saya sendiri belum begitu bisa menerapkan metode ini. Saya belum begitu memahami jenis pembaca blog ini. Oleh sebab itulah, saya menggunakan bahasa yang umumnya digunakan. Bisa dibaca oleh anak muda bahkan cocok juga untuk yang sudah berumur.

Tadinya Tahapan ID menggunakan bahasa keseharian. Yaitu loe gua gitu. Tapi akhirnya saya ganti menjadi seperti sekarang ini agar bisa diterima oleh semua kalangan. Mau muda, tua ataupun sudah renta. Ha Ha

Bagi yang ingin mengisi blog dengan gaya bahasa apa adanya seperti keseharian, rasanya itu juga cukup seru. Selain itu, kita bisa menjadi diri sendiri. Tapi sayang, saya sendiri belum bisa menjadi diri sendiri. Masih campur-campur. Sesuai dengan kebutuhan tulisan aja.

Mulai Belajar SEO Untuk Membangun Blog

Setelah selesai membuat blog dengan sempurna, rasanya kurang lengkap jika tidak mengetahui tentang SEO. Tidak harus sampai jago banget, minimal mengetahui konsep dasarnya.

Kita bisa menggunakan SEO untuk membuat benang merah saat menulis. Biar tulisan tidak melebar kemana-mana. Bisa fokus dengan target keyword yang ingin kita bidik.

Saya sudah membuat cara penerapan SEO Dasar yang sangat cocok untuk blogger pemula. Sama seperti saya, hanya menggunakan konsep dasar seo untuk membuat artikel.

Ini postingannya : Penerapan Seo Pada Blog

Tips Ngeblog

Sebagai blogger pemula, ada beberapa hal yang dapat dilakukan setelah selesai membuat blog. Dan saya sudah merangkumnya untuk melengkapi postingan ini. Berikut tips ngeblog versi Tahapan ID

Jangan Jadikan Uang sebagai Target Utama

Menghasilkan uang dari blog bukan proses yang mudah. Memerlukan banyak waktu dan tenaga. Jika terlalu fokus ingin mendapatkan uang, dikhawatirkan anda kecewa dan berhenti ngeblog.

Biar betah ngeblog, sebaiknya fokus dengan konten dan terus berusaha berbagi hal yang menarik dan bermanfaat sampai mendapatkan trafik yang banyak. Jika pengunjung sudah ramai, menghasilkan uang dari blog bukanlah hal yang mustahil.

Perbanyak Membuat konten, Bukan Fokus melihat statistik

Sudah menjadi tradisi blogger baru. Tiap hari cek jumlah pengunjung. Tidak ada yang salah, tapi percayalah bahwa itu hanya membuang waktu. Dan informasi seperti ini hampir saya temukan saat membaca artikel cara membuat blog atau tulisan sejenis yang membahas tutorial blogging.

Akan lebih bermanfaat jika mengetik satu atau dua kalimat yang nantinya akan menjadi konten. Jika tidak ada ide untuk menulis, perbaiki saja artikel yang sudah ada. Misalnya memperbaiki kesalahan ketik, menambah link antar artikel, menambah gambar atau apa saja yang dapat memperbaiki blog.

Tahapan ID pernah membuat postingan tentang cara mencari ide tulisan, silahkan baca DISINI

Jangan Terlalu Sering Ganti Template Setelah Membuat Blog

Saat selesai membuat blog, sebaiknya tentukan template yang paling bagus untuk digunakan. Jika diperlukan, lebih baik menggunakan template premium.

Dengan penggunaan template premium, kita tidak akan sering ganti template. Karena merasa sayang sudah mengeluarkan uang. Jika serius, tidak ada ruginya menggunakan template yang berbayar.

Banyak kelebihan yang didapatkan. Baik dari tampilan, kecepatan loading, seo dan kelebihan dari template premium lainnya. Tahapan ID juga sudah membuat postingan secara terpisah tentang template premium. Silahkan baca melalui postingan ini : Template Premium Yang Keren

Banyakin Praktek Daripada Teori

Beberapa minggu setelah membuat blog, kita akan mulai searching di google tentang cara membangun blog. Baik itu cara menulis artikel, mendatangkan pengunjung, pasang widget, mempercantik tampilan, mengganti favicon dan lain sebagainya.

Membaca itu penting, namun akan terasa sia-sia jika ilmu yang didapatkan tidak langsung dipraktekkan. Lama-lama malah lupa. Sayang waktu yang dihabiskan untuk membaca tadi. Mending tidur, lama-lama penuh bantal ama iler. Kan mahal sekilonya. (Kalau iler burung walet)

Share artikel Ke Media Sosial

Setelah Membuat blog dan mengisinya dengan berbagai jenis artikel, sebaiknya lakukan promosi untuk memperkenalkannya kepada makhluk dimuka bumi. HA HA 

Sama dengan artikel cara membuat blog ini. Saat baru selesai di publish, langsung diposting ke media sosial untuk memperkenalkannya. Saya lebih suka menggunakan twitter. 

Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa mendapatkan trafik sekaligus mengabarkan kepada dunia bahwa kita memiliki blog. Siapa tau viral Hu Hu

Lakukan dengan benar. Jangan share secara brutal tanpa melihat apa dan siapa tempat berpromosi. Apalagi jika sampai share ke semua grup medsos tanpa melihat anggotanya. Bukan trafik yang didapat, tapi malah dicap tukang Spam.

Lakukan pendekatan kepada penduduk dunia maya, berikan tips yang bermanfaat atau hibur mereka dengan kekonyolan. Jika mereka sudah menganggap kehadiranmu, sesekali berikan mereka link saat ada topik yang sesuai dengan isi blog kita.

Bukan tiap jam share link artikel. Ntar di blokir facebook. Jadi ga bisa share link lagi. Ha ha ha

Update Tulisan Secara Berkala

Jangan hanya posting dan posting tanpa dilihat lagi. Bukan sekedar membuat dan mengisinya dengan tulisan. Kita perlu merawat konten yang sudah dibuat.

Kalau lagi iseng atau ide lagi kosong, update dengan memperbaiki isinya. Google juga tidak meminta membuat tulisan setiap hari. Tapi Google menyukai blog yang selalu update. 

Perbaiki artikel secara berkala. Menambahkan isi postingan, keyword, link dan lainnya. Jangan sampai postingan ditinggal begitu saja setelah di publish. Cek kemajuan setiap artikel. Apakah ada yang baca atau tidak. Jika tidak ada yang membacanya, berarti artikel tersebut perlu perbaikan atau penambahan isi.

Konten yang sudah bagus, tetap cek perkembangannya. Apakah sudah sesuai keinginan atau belum.

Saya rasa, cukup segini dulu pembahasan tentang cara membuat blog versi Tahapan ID. Lainkali update lagi. Atau silahkan tinggalkan komentar untuk menambahkan isi postingan ini biar lebih kaya dan menarik. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Untuk Pemula | Beres Dalam Kedipan Mata"