Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kirim Paket Melaui Gojek | Aman dan Cepat

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]
Cara kirim paket lewat gojek

Dalam rutinitas sehari-hari, ada kalanya mengharuskan kita untuk mengirim barang untuk seseorang. Baik itu berupa makanan, kartu ucapan, dokumen atau barang lainnya. Baik dengan jarak yang jauh sampai luar kota ataupun cuma dalam kota.

Banyak pilihan cara kirim paket. Mulai dari yang murah, mahal, cepat ataupun membutuhkan waktu. 

Dari berbagai jenis layanan, saya lebih menyukai kirim barang melalui gojek. Karena aplikasinya memang sudah terinstall lama di Hp yang saya pakai.

Keunggulan Kirim Paket Melalui Gojek 

Sebelum membahas keunggulannya, ada baiknya berkenalan dahulu dengan layanan kirim paket melalui gojek. Go send nama layanannya. Go send melayani jasa pengiriman barang bahkan sampai bisa keluar kota. 

Selain go send, kita juga bisa menggunakan go box untuk melayani pengiriman dalam jumlah yang banyak.

Perbedaan antara go box dan go send adalah dari segi kendaraan yang digunakan untuk mengangkut barang. Go Box menggunakan mobil box dan go send menggunakan motor. Dan kedua layanan ini bisa melayani dalam dan luar kota.

Penggunaan gojek sebagai pilihan mengirim paket memiliki beberapa keunggulan. 

Kirim Paket Lebih Cepat

Kirim paket pakai go send tentu lebih cepat dan efisien karena driver langsung ambil kerumah dan langsung mereka antar saat itu juga. 

Driver gojek langsung menjalankan orderan pengiriman tanpa menunggu orderan lainnya. Berbeda dengan metode pengiriman lewat JNE atau sejenisnya.

Kecepatan pengiriman paket dengan diantar langsung ini merupakan keunggulan tersendiri dan memang sering kita butuhkan. Apalagi untuk pengiriman dokumen atau makanan yang membutuhkan kesegaran saat sampai ke penerima paket.

Komunikasi langsung dengan driver

Pengiriman paket memakai go send bisa berkomunikasi langsung dengan driver yang melakukan pengiriman. 

Bahkan kita bisa memberikan wanti-wanti jika barang yang kita kirim agar tidak rusak. Misalnya paket yang mudah pecah, kita bisa minta tolong untuk membawanya dengan hati-hati.

Bukan itu saja, kita bisa minta pastikan bahwa penerima barang merupakan orang yang tepat. Misalnya kita minta kasih kabar dan kirim photo saat barang yang kita kirim telah diterima oleh orang yang kita inginkan.

Langsung memantau paket

Hampir sama dengan poin sebelumnya. Tapi pemantauan perjalanan driver dapat kita lakukan secara langsung melalui aplikasi gojek. Kita bisa memastikan bahwa driver sudah melewati jalan yang benar dan lebih cepat. 

Apalagi jika yang kita kirim merupakan barang yang berharga, misalnya dokumen. Kita bisa memantau driver setiap saat dan menghubungi driver jika kita perlukan. 

Ini merupakan keunggulan kirim paket melalui gojek. Asal jangan terlalu bawel aja agar driver tidak menjadi BT.

Menerima notifikasi saat barang telah selesai diantar

Selain meminta laporan langsung, kita akan menerima notifikasi jika paket kita sudah diantar oleh driver. Notifikasi ini bisa kita jadikan patokan bahwa orderan telah selesai. 

Untuk memastikan barang telah sampai dengan baik, kita bisa menghubungi penerima paket setelah mendapatkan notifikasi dari gojek.

Dapat memberikan rating atas layanan yang diberikan driver

Puas atau tidak atas layanan driver, kita bisa memberikan rating dan komentar atas pelayanan driver gojek tersebut. Dan sebaiknya berikan komentar yang jujur. 

Tapi hati-hati saat memberikan rating dan komentar karena ini dapat mempengaruhi kinerja akun driver tersebut.

Dan ini merupakan hal yang saya sukai, karena dengan adanya rating ini berarti driver akan sangat hati-hati dan bertanggung jawab terhadap barang yang kita kirim tersebut. Dan tentu saja driver tidak menginginkan akun mereka kena suspend hanya karena pelayanan yang kurang memuaskan.

Kadang ada promo dan voucher 

Dan tentu saja begitu banyak orang yang menyukai promo dan kode voucer. Karena ini mampu mengurangi ongkos kirim paket. Dan gojek sangat sering memberikan promo tertentu untuk setiap layanan. Termasuk salah satunya adalah go send.

Satu Aplikasi Untuk Semua Layanan

Dari berbagai kelebihan diataslah yang membuat aplikasi gojek tetap  terinstall di hp yang saya pakai. Selain untuk kirim paket, kita bisa menggunakan layanan lainnya sesuai dengan kebutuhan. 

Misalnya untuk pesan antar makanan, antar jemput anak sekolah bahkan untuk urusan pengisian pulsa listrik dan beberapa jenis pembayaran lainnya. Jadi untung banget, dalam satu aplikasi terdapat banyak jenis layanan.

Selain keunggulan, ada beberapa kekurangan kirim paket melalui gojek. Berikut ini beberapa kekurangan dari pengiriman barang melalui gojek :

  • Jarak pengiriman barang terbatas. Walau saat ini sudah bisa kirim paket sampai luar kota
  • Biaya dihitung per sekali order sesuai dengan jarak tempuh. Bukan berdasarkan berat barang.
  • Jika  pengiriman barang terlalu jauh, banyak driver yang akan menolak orderan ini
  • Ada ketentuan maksimal berat dan ukuran barang yang akan kita kirim
  • Biaya lumayan mahal
  • Cara Kirim Paket Melalui Gojek

Kirim paket melalui aplikasi gojek sangat mudah. Langsung saja download aplikasi melalui playstore atau appstore. Setelah aplikasi terinstal, silahkan daftar akun terlebih dahulu. 

Saat pertama kali membuka aplikasi, akan ada pilihan untuk login akun atau mendaftar akun baru. Untuk yang sudah memiliki akun, silahkan login dan daftar terlebih dahulu untuk yang belum memiliki akun.

Setelah berhasil masuk dalam aplikasi, klik Go send untuk melakukan pengiriman paket. Kemudian ikuti saja langkahnya sampai selesai. Jika masih bingung, silahkan ikuti tahapan order go send berikut ini :

  1. Buka Aplikasi Gojek dan pastikan akun sudah dalam keadaan login
  2. Pada halaman beranda, Pilih Go send untuk memulai order jasa pengiriman barang
    Kirim paket

  3. Lalu pilih jenis pengiriman, Dalam kota atau luar kota

  4. Pada menu berikutnya, isi alamat lengkap penerima. Isi juga Detail lokasi misalnya patokan. Pada bagian bawahnya, Isi nama penerima barang dan Nomor Telepon. Kemudian Klik Lanjut



  5. Pada halaman berikutnya diminta untuk mengisi detail pengambilan paket. Isi alamat dengan lengkap, Detail lokasi sebagai patokan. Kemudian nama dan nomor telepon. Jika sudah lengkap klik Lanjut



  6. Halaman berikutnya adalah detail Paket. Isi deskripsi barang dan pilih juga perlindungan barang atau asuransi. Bisa pakai standar jika tidak memerlukan perlindungan extra. Lalu klik Lanjut.

  7. Pada halaman berikutnya, kita bisa melihat harga ongkos kirim yang harus kita bayar. Pada halaman ini juga kita bisa menentukan metode pembayaran. Bisa pakai gopay ataupun cash. Jika semua sudah benar, klik pesan go send.

  8. Setelah mendapatkan driver, chat dan berikan informasi yang dibutuhkan driver. Kemudian tunggu driver sampai ke tempat pengambilan barang sesuai pesanan.
  9. Selesai

Sampai disini kita sudah berhasil melakukan pengiriman paket melalui aplikasi gojek dengan memanfaatkan fitur gosend. Jika ingin memonitor driver, kita bisa melihat orderan yang tadi telah kita buat. 

Baca juga : Cara Menggunakan Gopay

Saat driver sudah menyelesaikan orderan, kita akan menerima notifikasi tentang orderan yang telah diselesaikan driver.

Untuk memastikan barang telah sampai dengan benar, kita bisa menghubungi penerima paket dan konfirmasi apakah pesanan telah diterima dengan baik.

Saya rasa cukup sampai disini tutorial cara kirim paket menggunakan aplikasi gojek. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk melengkapi postingan ini. Terima kasih


Posting Komentar untuk "Cara Kirim Paket Melaui Gojek | Aman dan Cepat"