Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Penyebab Blog Sepi Pengunjung Yang Jarang Disadari

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]
penyebab-blog-sepi-pengunjung

Sebagai pemilik blog, pengunjung merupakan salah satu alasan untuk tetap menulis. Ada kebanggaan tersendiri saat tulisan banyak yang membacanya. Tapi sayang, tidak semua blog bisa mendapatkan pengunjung yang banyak. 

Dan topik kali ini, tahapan ID akan membahas tentang penyebab blog sepi pengunjung. Mengingat ini cukup penting. Karena siapa yang mau mengalami nasib seperti ini. Blog tidak memiliki trafik yang cukup. Berasa sia-sia cape nulis artikel karena sedikit yang membacanya.

Blog Sepi Pengunjung Karena Masih Baru

Untuk blog yang masih baru, jangan terlalu berharap untuk mendapatkan trafik dulu. Lebih baik fokus untuk mengisi blog dengan artikel. Lupakan dulu apakah artikel ada yang akan membacanya atau tidak.

Bagi yang penasaran, beberapa poin di bawah akan menjelaskan penyebab blog sepi pengunjung karena masih baru. Yups… Berikut sedikit gambarannya.

Artikel Masih sedikit

Namanya masih baru, blog masih sepi jangan terlalu dipikirkan. Apalagi jika artikelnya masih sedikit. Kalau masih 10 atau 20 artikel, jangan berharap pengunjung yang begitu besar. Ada yang nyasar aja udah lumayan.

Artikel yang masih sedikit menjadi penyebabnya. Dengan tulisan yang sedikit, berarti blog tersebut baru merangking keyword. Itu juga kalau penulisan artikelnya sudah benar dan power full. Kalau masih belajar seperti saya, jangan berharap pengunjung blog akan banyak dengan jumlah artikel yang berbanding terbalik.

Jadi, jumlah artikel mempengaruhi berapa banyak trafik yang akan dihasilkan. Semakin banyak artikel, seharusnya semakin banyak pula pembaca blognya. Dengan syarat artikel berkualitas dan menerapkan Teknik seo kedalamnya. 

Tahapan ID membuat artikel secara terpisah tentang cara menulis artikel blog. Baca DISINI aja.

Artikel Belum terindex

Penyebab blog sepi pengunjung berikutnya adalah artikel belum terindex. Sudah jelas tidak akan mendapatkan trafik jika belum di crawler sama google. Kecepatan index google berbeda setiap blognya. Ada yang cepat bahkan ada yang susah banget.

Biasanya index google juga terpengaruh oleh kualitas tulisan yang sering kita publish. Jika banyak artikel yang berkualitas, biasanya pengindexan saat memposting artikel baru akan lebih mudah.

Backlink

Blog baru tentu belum punya backlink. Walau konten adalah raja, tapi jangan remehkan kekuatan backlink. Backlink bisa mendongkrak posisi artikel jika dilakukan dengan benar. Dan backlink juga bisa membuat blog menjadi terpuruk. Misalnya tidak di index sama Google.

Yang ingin mencoba keberuntungan di dunia blogging, banyak atau dikitnya harus mengetahui cara membuat backlink. Saya juga baru belajar untuk urusan yang satu ini. Bagi yang punya pengalaman tentang pembuatan backlink, bolehlah share di kolom komentar.

Malas update lebih fokus ke statistik blog

Waktu pertama-tama memiliki blog, inilah yang saya lakukan. Tiap hari cek statistik blog. Berapa banyak kunjungan hari ini. Artikel mana saja yang dibaca pengunjung. Sepertinya tidak ada yang salah dengan perilaku seperti ini. Tapi sayang banget kalau buka blog cuma mau lihat jumlah pengunjung doang.

Lebih baik bikin artikel atau lakukan update blog. Misalnya menambahkan link antar artikel, gambar atau memperbaiki kesalahan ketik. Terlalu sering mengecek statistik akan membuat kita lupa apa tugas utama sebagai pemilik blog. 

Biasanya, abis liat statistik akan timbul pertanyaan. Kenapa ya artikel dikit banget yang baca. Lalu buka internet dan mulai baca-baca tentang penyebab blog sepi pengunjung. Dan akhirnya menemukan artikel ini. Bagus sih kalau ilmu hasil membaca langsung diterapkan. Yang sering terjadi, malah ngantuk saat habis baca banyak tutorial.

Artikel Tidak Bisa Bersaing Sehingga Trafik Blog Sedikit

Penyebab blog sepi pengunjung yang berikutnya karena artikel belum mampu bersaing di SERP. Tentu saja blog akan tetap sepi. Karena sebagian besar calon pengunjung blog berasal dari mesin pencari.

Banyak yang menyebabkan artikel belum mampu tampil dihalaman depan. Misalnya artikel terlalu pendek, menggunakan keyword dengan persaingan tinggi, Keyword dikuasai web besar, kurang optimasi dan DA blog masih kecil.

Oleh sebab itulah, kita harus berusaha lebih keras lagi untuk meningkatkan kualitas konten dengan membuatnya lebih lengkap. Mulai belajar seo dan membuat backlink untuk meningkatkan posisi artikel agar bisa masuk ke halaman depan google.

Untuk cara menulis artikel blog, saya sudah membuat postingannya secara terpisah. Silahkan baca melalui artikel ini : Cara Menulis Artikel Blog Biar Ramai Pengunjung

Blog Sepi Pengunjung Karena Tidak Memiliki Target 

Sebagai pemilik blog, kadang kita sangat ingin menulis sesuatu sesuai dengan passion. Karena topik yang dibahas kita banget, jadi tulisan akan terlihat bagus dan berkualitas sehingga menduduki peringkat pertama pada halaman depan. Tapi sayang tidak mendapatkan pengunjung karena topiknya sudah basi.

Misalnya kita menulis review tentang hp nokia 232. Sudah sangat jarang orang yang mencari informasi tersebut. Dan jelas saja, blog tidak akan mendapatkan pengunjung yang banyak. Ini salah satu contoh artikel blog yang tidak tertarget. Dan menjadi penyebab blog sepi pengunjung walau artikel menduduki halaman satu Google.

Menulis Tanpa Seo Susah Dapat Pengunjung Blog

Saya udah rajin membuat artikel. Tapi blog masih saja sepi. Coba cek kembali artikel yang ditulis. Apakah sudah menerapkan konsep seo didalamnya. Minimal dasar-dasar membuat artikel seo saja.  Baca DISINI untuk mempelajari konsep dasar SEO.

Menulis artikel dengan lengkap itu penting. Tapi akan lebih bagus jika ditambah dengan penerapan seo kedalamnya. Jika kedua hal ini dilakukan dengan baik, ada kemungkinan artikel bisa menduduki posisi yang baik di menu pencarian Google.

Kalau cuma menulis artikel semaunya saja lalu langsung publish, jangan berharap banyak dengan tulisan seperti ini. Karena tulisan seperti ini menjadi salah satu yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung.

Topik Berpengaruh Terhadap Trafik Blog

Niche atau Topik sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung blog. Jangan-jangan topik yang kita bahas jarang dicari orang sehingga menyebabkan blog kita sepi pengunjung. Membahas topik yang populer bukan berarti akan langsung mendapatkan trafik blog. Karena pasti banyak saingannya.

Oleh sebab itulah, sangat penting menentukan niche yang akan dibahas sebelum membuat blog. Karena ini akan mempengaruhi berapa banyak trafik yang akan kita dapatkan. Silahkan tentukan sendiri. Pilih topik yang ramai dengan persaingan ketat atau pilih niche yang persaingan rendah tapi sedikit peminatnya.

Kalau saya disuruh memilih, tentu saja saya akan memilih topik yang banyak peminatnya tapi rendah persaingannya HA HA HA HA 

Kualitas Konten Mempengaruhi Jumlah Pengunjung Blog

Seseorang menggunakan internet dengan membaca blog tentu memiliki tujuan tertentu. Mengumpulkan informasi, mencari hiburan, mengisi waktu luang dan sebagainya. Apapun tujuannya, yang jelas mereka ingin mendapatkan manfaat.

Sebagai pemilik blog, jika ingin mendapatkan pengunjung yang setia. Kita harus bisa memberikan apa yang mereka butuhkan secara lengkap. Sehingga mereka tidak perlu membuka website lain lagi. Jika artikel kita sudah memenuhi standar ini, berarti konten kita sudah berkualitas.

Kalau blog kita dibuka sebentar kemudian mereka meninggalkannya, sebaiknya cek lagi artikel yang telah kita publish. Sebisa mungkin kita perbaiki isi artikel tersebut. Untuk melihat kasus ini, saya menggunakan google analytics. Cari artikel mana yang paling banyak menjadi tempat pengunjung meninggalkan blog kita. Kemudian perbaiki konten tersebut.

Loading Dan Tampilan Blog Tidak Bersahabat 

Kalau membahas loading blog, erat kaitannya dengan template blog yang kita gunakan. Bisa jadi template tersebut tidak memiliki kecepatan yang cukup. Walau tidak sepenuhnya hanya template yang menyebabkan blog menjadi lambat.

Blog dengan loading yang lama cenderung akan ditinggalkan calon pengunjung. Siapa yang mau buka blog yang seperti ini. Termasuk saya. Kalau loadingnya sudah terlalu lama, saya akan langsung closed tab atau pencet back untuk mencari website lain lagi. Sayang banget jika dibiarkan berlama-lama.

Bukan saja kehilangan pengunjung saat itu, kita akan membuat pengguna internet kapok membukanya. Apalagi jika kejadian seperti ini berlangsung lama. Bukan saja penilaian dari pengunjung blog, google juga akan mendeteksi kenapa blog kita sangat sering ditinggalkan calon pengunjung.

Dalam kasus ini, berarti akan mempengaruhi kualitas seo. Artikel yang tadi sudah memiliki peringkat yang bagus perlahan akan bergeser turun. Jika dibiarkan, bisa saja kita ditendang dari halaman depan google. Karena banyak blog lain yang mengincar posisi tersebut. Dan mereka terus memperbaiki kualitas blog mereka.

Untuk masalah pemakaian template blog, saya sudah membahasnya pada postingan yang lain. Silahkan Baca melalui artikel Ini : Tempalte Blog 

Konten Tidak Original

Artikel yang kita ketik sendiri aja belum tentu dibaca banyak orang. Apalagi artikel hasil copas. Google akan mendeteksi hal seperti ini. Bukan hanya itu, menggunakan karya orang lain tanpa izin itu merupakan pelanggaran dan bisa saja pemilik aslinya melaporkan blog kita.

Konten hasil copas merupakan salah satu penyebab blog sepi pengunjung. Karena konten seperti ini tidak akan bisa bersaing. Malah cenderung akan memperburuk kualitas blog. Belum lagi jika diketahui pemiliknya. Siap-siap saja mendapatkan masalah.

Rasa malas dan keinginan mendapatkan tulisan dengan cepat sering menjadi penyebab utama banyak blogger yang menghalalkan segala cara. Salah satunya adalah melakukan copy paste karya orang lain.

Dari sekian Penyebab blog sepi pengunjung yang telah dibahas, yang mana masuk kriteria blog kamu ? Jika ada segera perbaiki. Yang mau meningkatkan jumlah penggunjung blog, bisa baca DISINI tipsnya.

Udah dulu, lain kali saya tambahin lagi kalau dapat mimpi....