Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan uang dari Blog yang wajib di coba tahun 2021

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]
Menghasilkan-uang-dari-blog

Saat ini pengguna internet semakin meningkat dan semakin bertambah setiap tahunnya. Lihat saja, banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan mengakses ponsel. Mulai dari memesan makanan,  belanja, mencari informasi dan banyak hal lainnya. 

Berdasarkan asumsi ini, sudah pasti bisa menghasilkan uang dari blog. Karena begitu banyaknya orang yang membutuhkan informasi. Bahkan banyak juga yang menggunakan internet untuk memenuhi kebutuhannya.

Seorang blogger sangat berpotensi untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Baik itu dengan menjual produk, jasa, pasang iklan, ikut program afiliasi dan banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan uang dari internet. 

Untuk menjawab rasa penasaran orang yang ingin menghasilkan uang dari blog, maka Tahapan ID buat postingan ini. 

Menghasilkan Uang Dari Blog Itu Tidak Mudah

Yang baru berencana membuat blog atau baru mengenal dunia blogging, informasi ini sangat penting. Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya bahwa blogger sangat berpotensi untuk menghasilkan  uang dari blog. Tapi.. Ada tapinya… 

“Menghasilkan Uang dari blog bukanlah Hal Yang Mudah” 
“Membutuhkan Waktu, tenaga, Kesabaran, Semangat dan keterampilan”

Jangan berpikir setelah membuat blog dan mengisinya dengan konten terus uang akan datang dengan sendirinya. Hanya duduk mengetik artikel kemudian mendapatkan uang dari blog yang bisa mengalir lancar setiap bulannya.

Prosesnya sangat panjang. Membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan sampai tahunan. Bagi yang ingin menghasilkan uang dari blog dengan mudah dengan waktu yang sesingkat-singkatnya, lebih baik closed tab perangkat anda dan tinggalkan postingan ini. Karena artikel ini tidak ada akan membahas hal tersebut.

Tapi, bagi yang menyukai blog, memiliki semangat, berani berkorban, punya waktu yang banyak, Mari kita belajar bersama. Kita analisa bareng. Karena tidak ada metode yang pasti berhasil jika menjelaskan cara menghasilkan uang dari blog.

Semua tergantung individu masing-masing. Kerja keras, konsisten, mau belajar, bersabar sambil mengejar keberuntungan. Siapa tau bisa menjadi salah satu blogger yang memiliki penghasilan dari blog.

Bagi yang masih melanjutkan membaca, Kita mulai dari hal yang mendasar. Mari kita cermati bersama. Siapa tau artikel ini mampu membuka pikiran dan mulai berkreasi di dunia internet.

Pikirkan Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Sebelum melanjutkan lebih jauh lagi. Sebaiknya pikirkan cara yang akan diambil untuk mendapatkan uang dari blog. Apakah akan memasang iklan, mau ikut afiliasi, jualan produk atau ingin jual jasa. Pilih sesuai dengan minat dan kemampuan.

Kalau masih bingung, Tahapan ID merekomendasikan beberapa cara berikut ini :

Memasang Iklan

Ada dua jenis iklan yang umum digunakan. Iklan mandiri dan iklan monetisasi seperti adsense dan Mgid. Keduanya memiliki cara yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Sudah pasti tujuannya untuk mendapatkan uang.

Jenis iklan adsense merupakan yang paling disukai. Karena caranya lumayan mudah. Tinggal daftar, jika akun di approve, maka sudah mulai bisa menghasilkan uang. Untuk cara daftar google adsense, Tahapan ID sudah membuat postingan secara terpisah. Silahkan bagi yang berminat untuk membacanya: Cara Daftar Google Adsense

Sedangkan iklan mandiri termasuk metode tidak banyak digunakan. Karena cara ini lumayan rumit, Membutuhkan kemampuan diatas rata-rata. Cara ini biasanya digunakan oleh blogger yang profesional dan memiliki pengalaman yang cukup. Terutama pada topik yang akan dibahas.

Untuk poin yang kedua, minimal blog sudah memiliki otoritas dan kepercayaan pengunjung. Dengan jumlah traffic yang banyak sehingga menarik perhatian pemasang iklan. Sebagai pemula, jangan berharap banyak dengan cara ini. Lebih baik kita pilih cara yang pertama.

Pada bagian bawah postingan akan dibahas bagaimana cara membangun blog biar mendapatkan banyak pengunjung. Karena untuk bisa menghasilkan uang dari blog harus mendapatkan trafik yang tidak sedikit.

Affiliasi

Cara mendapatkan uang melalui blog juga bisa dengan ikutan afiliasi. Dan cara ini tentu lebih menguntungkan karena langsung mendapatkan persentase dari pemilik produk. Walau hasilnya lumayan, tapi bukan hal yang mudah untuk bisa menghasilkan uang dengan cara ini.

Sama dengan pemasangan iklan. Tetap membutuhkan pengunjung blog yang memadai untuk mendapatkan uang. Sebagai alternatif, bisa menggunakan media sosial untuk menjaring calon pelanggan. 

Biasanya, untuk blogger yang sudah memiliki pengalaman yang cukup tentang seluk beluk dunia internet lebih memilih untuk menggunakan cara ini karena langsung mendapatkan persentase dari jumlah klik yang melakukan transaksi.

Affiliate marketing ini cukup  simple, hanya menyediakan link yang menuju website pemilik produk. Jika ada pengunjung blog yang klik tautan yang telah disediakan dan melakukan transaksi, maka kita akan mendapatkan pembayaran atas tindakan tersebut.

Blog yang ingin menghasilkan uang dengan cara ini, sebaiknya fokus membahas satu topik sesuai dengan affiliate marketing yang diikuti. Ada affiliasi tertentu yang cocok kita sandingkan dengan pemasangan iklan adsense. Karena link ini kita samarkan seolah-olah tidak menjual produk. Kita hanya mereferensikannya saja.

Jualan

Bagi yang memiliki produk sendiri, bisa menggunakan blog sebagai tempat untuk memajang jualan. Apalagi jika blog tersebut dibuat khusus membahas topik sesuai dengan produk yang dijual.

Jika tidak ada produk sendiri, coba aja jadi reseller. Tapi sama saja dengan cara menghasilkan uang dari blog yang lainnya. Kita tetap membutuhkan jumlah pengunjung yang tidak sedikit. Untuk itulah perlu dibahas.

Jasa

Sebagai blogger, tentu sudah terbiasa dengan mengetik dan membuat artikel setiap hari. Kenapa tidak dimanfaatkan saja keterampilan seperti ini. Bisa mencoba dengan menyediakan jasa pembuatan artikel. Banyak yang membutuhkan yang membutuhkannya.

Tapi harus memiliki kemampuan menulis yang baik sekaligus memahami seo. Karena sebagian besar pengguna jasa seperti ini adalah blogger dan perusahaan yang membutuhkan branding produk mereka.

Tidak terlalu pintar untuk membuat artikel seperti saya ? 

Jangan kecil hati. Jika mau belajar pasti ada jalan. Misalnya membangun backlink yang berkualitas. Jika sudah bisa membuat backlink yang diinginkan blogger, banyak juga yang membutuhkannya.

Intinya, apapun kemampuan kita, insyaallah ada jalan jika mau berusaha. Termasuk dalam menghasilkan uang dari blog.

Pilih Niche Yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Namanya juga mau nyari duit. Banyak rangkaian panjang yang harus dilewati. Begitu juga dengan menghasilkan uang dari blog. Setelah menentukan cara yang akan ditempuh untuk mendapatkan uang, kita juga harus menentukan niche atau topik yang tepat untuk blog kita.

Pemilihan niche blog ini untuk mempermudah dalam merangking keyword. Misalnya kita memilih untuk memonetisasi blog menggunakan adsense. Maka kita harus tau dulu jenis topik blog yang mudah untuk diterima. 

Misalnya niche kesehatan atau tutorial. Kita harus fokus membuat postingan satu topik yang kita pilih. Tujuannya tidak lain agar mudah mendapatkan akun adsense sekaligus merangking keyword.

Begitu juga jika kita ingin mengikuti afiliasi, blog harus fokus membahas topik yang menjadi pilihan. Membahas banyak topik membuat blog tidak tau arahnya kemana. Seperti blog yang kalian baca ini. Salah satu korban tidak fokus niche. Akhirnya membahas banyak topik.

Untung saja berubah gado-gado setelah mendapatkan akun adsense. Awalnya sih fokus niche. Membahas tentang ojek online sampai mendapatkan akun adsense. Dan kemudian terjebak membahas banyak niche.

Pilih Platform Dan Buat Blog Untuk Mendapatkan Uang

Sekedar tips aja untuk yang belum menemukan platform apa yang pas untuk digunakan. Kalau saya memberi pilihan, seandainya pilih blogger atau wordpress. Saya akan coba dua-duanya agar dapat memilih yang paling cocok untuk digunakan.

Coba versi gratis aja dulu. Nanti disini akan bisa melihat lebih nyaman menggunakan yang mana. Fitur apa saja yang bisa kita gunakan dengan maksimal. Kalau sudah ketemu, baru beli domain sebagai alamat blog yang akan digunakan untuk menghasilkan uang.

Jika hanya membaca informasi yang ada di internet malah akan membingungkan. Karena setiap platform memiliki kelebihan. Dan masing-masing penggunanya akan menonjolkan kelebihannya saat memberikan informasi. Oleh sebab itu, lebih baik dicoba sendiri sambil membuktikan informasi yang telah kita kumpulkan.

Untuk saya sendiri, saya lebih nyaman pakai blogger. Saya sudah dua kali beli hosting. Keduanya tidak ada yang saya perpanjang. Yang pertama cukup lama menggunakannya. Tapi yang kedua, tidak sampai 3 bulan kemudian saya putuskan untuk pindah ke blogger lagi dan meminta domainnya saja.

Kan sayang banget sebenarnya, tapi sudah terlanjur ga nyaman karena beberapa kali blog saya tersebut error sampai tidak bisa dibuka. Sampai harus meminta bantuan pihak penyedia hosting. Dari sini saya putuskan untuk menggunakan blogger, mungkin suatu saat baru mencoba kembali. 

Setelah berhasil menentukan cara yang akan dipakai untuk menghasilkan uang dari blog, menentukan niche blog dan memilih platform. Saatnya membuat blog. Kebetulan saya sudah membuat artikel terpisah tentang cara membuat blog. 
Bagi yang ingin membacanya : Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Membangun Blog

Kalau sudah memiliki blog, sudah tau cara yang akan dipakai untuk mendapatkan uang dari blog dan sekaligus menentukan topik yang akan dibahas. Maka pada tahapan ini kita mulai membangun blog. Biar mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya.

Karena dengan trafik blog yang tinggi akan mempermudah untuk menghasilkan uang dari blog. Karena merekalah yang akan kita jadikan sebagai jalan untuk mendapatkan penghasilan.

Tanpa pengunjung yang banyak, rasanya sangat sulit untuk mendapatkan uang. Yang ada malah stress memikirkan trafik yang tak kunjung meningkat. Untuk itu, diperlukan langkah yang tepat agar bisa menjaring pengunjung. 

Terus caranya bagaimana ? Kita lanjut ke poin berikutnya….

Membuat Konten

Seseorang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi, hiburan, iseng, mencari sesuatu dan banyak lagi yang lainnya. Yang sudah pasti, seseorang membuka internet pasti membutuhkan sesuatu. Baik itu informasi ataupun hiburan.

Sebagai blogger yang ingin menghasilkan uang, blog harus kita isi dengan banyak informasi yang orang butuhkan. Baru nantinya orang akan dengan senang hati mengunjungi blog kita. Ini merupakan bagian yang sangat penting untuk dipahami.

Karena harus menyajikan informasi yang berguna, maka buatlah konten atau isi blog dengan sesuatu yang memberikan nilai dan kepuasan kepada pengunjung.

Caranya bagaimana mas ? Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas ?

Mungkin singkat saja. Kita sajikan konten yang lengkap, detail dan enak untuk dibaca. Saking lengkapnya artikel yang kita buat, orang tidak perlu mencari informasi ke website lain lagi. Saat selesai membaca postingan kita, orang tersebut merasa mendapatkan solusi atas masalah yang mereka hadapi. Jika seperti ini, berarti konten tersebut sudah berkualitas.

Agak sedikit susah untuk dijelaskan. Intinya, jika ingin membuat konten yang berkualitas, maka buatlah konten yang lengkap. Saya rasa seperti itu saja biar mudah dipahami.

Setelah berhasil membuat konten yang bagus, terus pengunjung akan langsung berdatangan ?  Dan kita sudah bisa menghasilkan uang dari blog ?
Tidak semudah itu perguso…. 
Lanjut ke poin berikutnya….

Belajar SEO

Pernah dengar istilah “Konten adalah raja”. Seperti pembahasan sebelumnya. Itu sangat tepat sekali. Tapi konten berkualitas saja tidak cukup. Karena konten kita harus muncul dipermukaan agar banyak orang yang melihatnya. 

Rasanya sangat sayang jika konten yang sangat bagus namun jarang orang yang membacanya cuma karena susah untuk ditemukan oleh pengguna internet. Demi menghindari hal seperti ini, ada baiknya sedikit mengetahui tentang seo. 

Jika belum tahu tentang seo, maka sebaiknya mulai belajar dari sekarang. Apalagi untuk yang ingin menghasilkan uang dari blog. Rasanya sangat wajib untuk belajar. JIka tidak, jangan terlalu berharap. Karena kedepannya akan menghadapi persaingan konten untuk berada pada posisi paling depan di halaman google. 

Tidak harus jago seo banget. Minimal kita mengetahui dasar-dasarnya. Mengerti poin-poin penting seo. Biar kita bisa untuk mengoptimasi website, artikel dan sebagai patokan atau benang merah saat menulis artikel. 

Dengan menerapkan seo saat menulis artikel, berarti kita akan mengetahui garis besar tulisan yang akan kita buat. Sehingga kita tidak perlu takut pembahasan sampai keluar jalur sampai jauh.

Karena dengan seo ini, secara otomatis kita akan mengumpulkan kata kunci, mencari informasi tambahan yang kemudian dapat kita jadikan kerangka artikel. Sehingga menulis artikel blog akan terasa nyaman karena mengikuti kerangka artikel yang telah kita buat.

Kalau membahas tentang seo secara detail, rasanya postingan ini akan semakin panjang. Dan kebetulan saya sudah membuat artikel tentang seo. Kalian bisa membacanya jika ingin belajar tentang dasar seo. Silahkan Baca melalui artikel ini : Penerapan Seo Pada Blog Untuk Pemula

Promosi Blog

Setelah membuat artikel, optimasi seo dan saatnya promosikan konten biar semakin banyak yang membacanya. Cara yang paling sederhana adalah membagikannya ke media sosial.

Tapi ingat, tanamkan sebagai prinsip. Jangan pernah melakukan spam untuk melakukan promosi. Ini bukan cara yang baik untuk memperkenalkan blog.

Sebagai pengguna media sosial, saya merasa risih dengan promosi blog atau jualan yang tidak pada tempatnya. Asal share link secara brutal. Silahkan tanya ke pelakunya, apakah cara tersebut berhasil atau tidak. Saya rasa sangat jarang yang mendapatkan hasil yang memuaskan dengan cara ini.

Kalau banyak yang berhasil, tentu tidak akan ada fb ads, google ads dan media promosi lainnya. Tentu semua akan memilih untuk melakukan spam sesering mungkin. 

Sepertinya tidak usah kita lanjutkan tingkah laku mereka yang mengurangi kenyamanan media sosial tersebut. Lebih baik kita fokus bagaimana cara berpromosi dengan lebih bijak agar bisa menghasilkan uang dari blog.

Lakukan Pendekatan 

Yang pertama kita lakukan untuk promosi konten adalah dengan masuk ke grup media sosial dan forum. Lakukan pendekatan terlebih dahulu. Sebagai anggota baru, kita harus memperkenalkan diri kita dahulu agar banyak yang mengenali.

Caranya dengan sering berkomentar, becanda, menanggapi obrolan dan memberikan solusi. Jangan pernah melakukan promosi link sebelum yakin banyak yang mengenal kita. Minimal ada kesan bahwa kita aktif dalam group atau forum tersebut.

Kapan kita promosi ? 

Saat kehadiran kita mulai dianggap, baik itu sebagai orang yang suka bercanda, orang yang lucu atau anggota yang aktif. Barulah sesekali memperkenalkan blog yang kita miliki, Itu juga kalau ada yang membutuhkan solusi dan kebetulan blog kita membahas tentang hal tersebut.

Biasanya ada saja orang yang bertanya tentang sesuatu hal yang mereka tidak mengerti. Baik itu group media sosial ataupun forum. Kalau kita sudah dikenali, cara ini cukup efektif untuk mempromosikan blog. 

Untuk media sosial non group, saya suka menggunakan quora. Karena disana sudah jelas. Banyak pertanyaan yang dapat kita jawab sambil sesekali memberikan link. Selain traffic, kita juga akan mendapatkan backlink saat memberikan jawaban dengan menyertakan link.

Sama seperti sebelumnya, lakukan dengan bijak. Jangan hanya menjawab pertanyaan cuma karena ingin menyebar link. 

Perbanyak Memberikan Solusi

Ingin dikenal oleh anggota media sosial ? Mau ngetop di forum ? 
Jika iya, anda harus aktif disana. Bukan aktif menebar link, tapi aktif memberikan solusi. Misalnya menjawab sebuah masalah dengan detail. Sehingga yang memberikan pertanyaan merasa terbantu.

Jangan asal jawab pertanyaan yang tidak kita kuasai. Kalaupun mau nimbrung, cukup dengan memberikan dukungan atau sekalian aja ikut bertanya. Biar terlihat bahwa kita aktif dan mau bersosialisasi dengan siapapun.

Jangan nekat memberikan solusi yang ngasal. Ntar ente malah dibully. kalau mau ngasal atau ngawur, jangan nanggung. Biar viral sekalian. Siapa tau kita bisa memanfaatkannya. Asal kuat bulian aja HA HA HA HA HA

BlogWalking dan Penulis Tamu

Salah satu cara memperkenalkan blog biar menghasilkan uang. Menjadi penulis tamu atau bersosialisasi dengan berkomentar pada blog lain. Baik itu bertanya, komentar kekaguman, memberikan dukungan atau apa saja untuk melakukan interaksi. Asal jangan berkomentar hanya untuk menyebar link. 

Berkomentar dengan memberikan link hanya akan membuang tenaga saja. Malah komentar tidak pernah muncul, bisa-bisa langsung di delete oleh admin blog.

Mungkin hanya itu pengalaman saya saat mempromosikan blog melalui media sosial. Silahkan tambahkan cara promosi lainnya di kolom komentar. Siapa tau banyak yang ingin mencobanya.

Bonus

Banyak cara menghasilkan uang melalui internet. Mungkin saja banyak yang belum saya ketahui. Bagi yang ingin berbagi pengalaman, silahkan bagikan kisah sobat melalui kolom komentar. Atau hubungi saya melalui halaman About.

Jika menghasilkan uang melalui blog terlalu rumit. Jangan cepat mundur dan menyerah. Sambil belajar membangun blog dan menulis, tidak ada salahnya untuk tetap bertahan sampai benar-benar yakin bahwa cara ini tidak mungkin mampu untuk dilakukan.

Diluar urusan topik blog, banyak cara menghasilkan uang di internet. Salah satunya dengan mendesain gambar kaos atau lainnya. Jangan takut karena tidak ada modal untuk memproduksinya. Disini kita hanya menjual desainnya saja.

Jika desain kaos kita ada yang menyukai dan ingin membelinya, maka akan ada pihak yang akan memproduksinya. Kita akan mendapatkan bayaran fee sebagai pemilik desain. 

Cocok untuk kita sebagai blogger. Lagi tidak ada ide untuk menulis, kita bisa berkreasi dengan membuat desain gambar untuk baju, sweater, casing hp, tas dan sebagainya.

Namanya TEEPUBLIC. Sebuah website yang menampung semua desain gambar yang nantinya akan digunakan untuk baju kaos, sweater, tas, mug dan lain-lainnya. 

Caranya cukup mudah. Kita hanya perlu mendaftar pakai email dan akan mendapatkan akun. Tugas kita hanya membuat desain gambar dan menguploadnya ke website TEEPUBLIC. Jika ada yang membeli kaos dengan desain yang kita buat, maka kita berhak mendapatkan fee.

Tapi ingat, gunakan desain sendiri. Jangan menggunakan gambar buatan orang lain. Karena akan menyebabkan akun kita dihapus oleh pihak TEEPUBLIC.

Jika berminat untuk mencobanya, silahkan kunjungi website TEEPUBLIC dan lakukan pembuatan akun. Silahkan KLIK DISINI untuk mendaftarkan akun TEEPUBLIC.

Saya rasa cukup sampai disini saja artikel tentang cara menghasilkan uang dari blog. Semoga bisa diterapkan dan menjadi sesuatu informasi yang memberikan manfaat. Terima kasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Cara Menghasilkan uang dari Blog yang wajib di coba tahun 2021"