Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penerapan SEO pada blog untuk pemula dengan mudah dan tepat

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]

Penerapan SEO pada blog untuk pemula

Dalam proses membangun blog, banyak hal yang harus kita pelajari. Salah satunya adalah meningkatkan pengunjung blog. Karena tanpa mereka, rasanya blog kurang lengkap. Untuk mendapatkan trafik blog yang bagus, kita harus mendatangkannya dari hasil pencarian google atau Serp lainnya.

Yang berarti kita harus mampu menempatkan artikel pada halaman satu. Dan untuk bisa melakukan hal ini, sedikit banyaknya kita harus mengerti tentang seo blog. Hal Ini merupakan sesuatu yang menakutkan untuk blogger pemula. Seperti sebuah dilema, karena bukan hal yang mudah untuk mempelajarinya.

Tapi tenang saja, sobat berada ditempat yang tepat. Karena Tahadapan ID ingin berbagi tips tentang cara penerapan seo pada blog. Dan postingan ini sangat cocok untuk pemula karena kita hanya akan mempelajari teknik seo dasar untuk bisa menampilkan artikel pada halaman satu google.

Sebelum melanjutkan pembahasan, ada baiknya sobat mengenali istilah-istilah berikut ini 
  • Keywords : kata kunci
  • SERP : Halaman hasil pencarian
  • Anchor Text : teks yang terhubung dengan link
  • Title tag : Halaman judul
  • Meta Description : Tulisan yang tampil di bawah judul SERP

Apa Itu SEO ? 

SEO adalah suatu proses optimasi untuk menempatkan sebuah konten website pada halaman satu mesin pencarian. Baik itu Google, Bing, Yahoo dan lain-lain dengan tujuan mendapatkan pengunjung atau traffic. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan Pengunjung blog.

Melihat dari pengertiannya, tentu hal ini sangat penting untuk membantu dalam membangun blog. Apalagi jika sobat memiliki tujuan menghasilkan uang dari blog. Baik itu dengan menempatkan iklan, menjual produk, jasa atau hal lainnya yang memungkinkan kita menghasilkan uang.

Apapun tujuannya, belajar seo tetap menjadi hal yang sangat penting. Karena tanpa ini, sepertinya blog akan sulit untuk berkembang. Bukan hanya untuk mendapatkan rangking, teknik ini juga sangat berguna saat kita sedang menulis artikel. Karena dengan cara ini kita bisa membuat topik yang dibahas tidak melebar kemana-mana.

Bagaimana ? Tertarik untuk mempelajarinya ? Kita lanjutkan ke poin berikutnya….

Cara Kerja SEO

Mesin pencari bekerja dengan algoritma tertentu untuk mendapatkan website yang layak untuk menempati halaman satu pencarian. Website atau blog yang memenuhi kriteria akan berada pada halaman depan. Hal ini berlaku pada google, Yahoo, Bing maupun yang lainnya.

Tugas Untuk kita sebagai pemilik blog atau website adalah membuat konten yang sesuai dengan kriteria mesin pencari tersebut. Dengan harapan website kita miliki memiliki kedudukan yang baik. 

Untuk berada pada halaman satu mesin pencari, kita harus menyajikan konten seperti apa yang mereka inginkan. Konten yang ramah mesin pencari sekaligus ramah terhadap pembaca. 

Menulis artikel blog seperti ini yang tidak mudah. Saya sendiri masih perlu belajar untuk melakukannya. Sama seperti kalian. Dan proses saya belajar ini saya tulis dan menjadi seperti artikel yang sobat baca ini. 

Untuk menempatkan konten pada halaman satu mesin pencari, kita harus menerapkan teknik seo. Tapi... penerapan SEO bukanlah segalanya. Tanpa optimasi SEO secara optimal pun, konten bisa saja menempati posisi yang baik. Tergantung kualitas dan isi konten. Tapi sangat sulit, karena sedikit banyaknya penulis akan mengoptimasi tulisan mereka.

Tanpa belajar SEO, konten bisa pada halaman satu asalkan isinya benar-benar berkualitas dan berbobot. Karena tanpa sadar, proses pembuatan konten yang berkualitas akan memasukkan teknik seo secara alami dan tanpa kita sadari. Semoga saja keberuntungan itu kita miliki.

Penerapan SEO pada Blog untuk pemula

Pada proses penerapannya, ada beberapa aturan yang perlu kita pelajari. Mulai dari teknis menulis dengan penempatan kata kunci yang tidak berlebihan, optimasi gambar, judul tulisan, permalink dan penerapan Heading dan subheading.

Bukan itu saja, kita juga harus mengoptimasi tulisan dari luar blog. Proses membangun dan mendapatkan backlink juga harus diterapkan. Tapi harus hati-hati, karena cara ini rentan dengan pelanggaran. Salah langkah dapat menyebabkan blog kita ditendang oleh google.

Bukannya mendapatkan rangking, malah blog akan hilang dari halaman pencarian karena pembuatan backlink yang terdeteksi tidak wajar. Bukan itu saja, jika pelanggaran terlalu parah dapat menyebabkan website kita dihapus oleh pihak google. Untuk itu, kita harus menerapkan cara optimasi website dengan benar dan hati-hati. Nanti akan kita bahas bagaimana cara mendapatkan backlink.

Mengenal Jenis SEO pada blog

Melihat cara optimasi sebuah blog, teknik Seo dapat terbagi dalam dua jenis yaitu optimasi dari dalam website dan yang kedua optimasi dari luar. Kedua cara ini sangat penting kita lakukan dengan sejalan dan seimbang. Untuk memudahkan pembahasan, kita bagi saja menjadi dua poin.

Optimasi Website Dari Dalam

Seo on page adalah cara optimasi dari dalam website itu sendiri. Caranya sangat beragam. Mulai dari optimasi judul, meta tag, url artikel, gambar, link antar artikel dan penerapan Subheading.

Judul Artikel

Penerapan SEO pada judul artikel termasuk pilihan yang tepat. Caranya cukup mudah, tinggal cantumkan Keywords yang dibidik ke dalam judul konten. Tapi bukan itu saja, kita harus bisa menyajikan judul yang mengundang klik.

Soalnya sering terjadi, konten berada pada halaman satu google tetapi sedikit mendapatkan klik. Salah satu penyebabnya karena judul artikel tidak menarik sehingga pengguna internet lebih memilih artikel blog lain.

Membuat judul yang menarik dapat kita lakukan dengan memasukkan unsur ajakan, rasa penasaran, menonjolkan kelebihan konten atau memberikan janji kepada calon pembaca bahwa konten kita layak untuk mereka baca.

Deskripsi Meta tag Mengandung Seo

optimasi-seo-meta-tag

Deskripsi meta tag adalah bagian tulisan yang tampil pada bagian bawah judul halaman pencarian. Tulisan ini bisa tampil otomatis mengambil dari kalimat dalam artikel. Selain teks otomatis, kita bisa mengoptimasinya dengan menyertakan kata kunci pada bagian ini. 

Meta tag terdapat pada bagian settingan artikel. Ada disebelah kanan. Kita bisa merubahnya sebelum publish artikel. Kalau lupa, bisa saja kita tambahkan setelah artikel diterbitkan.

Bagian meta tag ini sangat penting kita gunakan. Karena meta tag muncul tepat dibawah judul artikel pada halaman pencari. Untuk mendapatkan klik, buat bagian ini semenarik mungkin. Tapi tetap harus sesuai dengan isinya ya. 

Isi Artikel Teroptimasi Seo

Pernah dengar konten adalah raja ? Ya, itu sangat tepat sekali. Karena apapun itu, bagian yang paling penting itu adalah isinya. Begitu juga dengan artikel. Kita harus menyajikan bacaan yang memberikan manfaat untuk pengunjung. Bisa juga dengan menghibur atau dengan sentuhan lainnya sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Penerapan seo pada blog dapat kita lakukan pada bagian isi artikel juga. Caranya adalah dengan menempatkan keyword sasaran pada paragraf awal artikel, meletakkan kata kunci pada subheading, membuat link antar artikel yang berkaitan dan optimasi gambar.

Sebaiknya gunakan variasi kata kunci agar artikel enak dibaca dan terhindar dari stuffing keyword. Sebisa mungkin gunakan keyword secara natural. Untuk mempermudah, kita bisa menggunakan keyword turunan dan sejenisnya. 

Tempatkan kata kunci pada awal paragraf. Minimal ada penyebutan pada 100 kata pertama pada bagian pembukaan artikel. Jangan terlalu berlebihan dan memaksa, karena itu akan membuat artikel tidak enak dibaca.

Begitu juga dengan subheading. sertakan  juga keyword disana. Selain untuk meletakkan kata kunci, subheading ini juga berfungsi untuk membagi postingan. Jadi pembaca blog bisa membaca bagian penting yang mereka inginkan. Subheading ini sangat bermanfaat untuk artikel yang panjang.

Selain melakukan pemetaan artikel dengan subheading, berikan juga sentuhan artikel dengan memasukkan link antar artikel. Dan tentu saja link ini kita buat harus satu topik. Misalnya memberikan link untuk artikel pendukung yang sedang kita bahas.

Tujuan pembuatan link ini untuk memberikan referensi kepada pembaca. Jadi mereka dengan mudah bisa membaca jenis artikel lainnya. Ini bisa mengurangi resiko pembaca langsung meninggalkan blog jika isi artikel tidak sesuai dengan harapan mereka.

Selain untuk pembaca, permalink antar artikel ini akan memberikan sinyal kepada googlebot. Boot ini biasanya akan menelusuri link yang kita buat. Ini akan membantu untuk meningkatkan posisi artikel pada serp sekaligus mempercepat index pada artikel baru.

Bisa sih dicoba, kadang ada jenis artikel yang sangat lama terindexnya. Untuk membantu mempercepat, kita bisa menggunakan link menuju artikel tersebut dari artikel lainnya yang memiliki peringkat bagus. Biasanya cara ini akan memudahkan proses pengindexan artikel.

Dan yang terakhir, gambar perlu kita optimasi untuk meningkatkan seo blog. Kita bisa menggunakan alt text untuk menyisipkan keyword. Saya juga selalu menggunakan cara ini. Dan lumayan berhasil. Walau artikel tidak di halaman satu, tapi masih mendapatkan pengunjung melalui gambar yang ditemukan pengguna internet.

penerapan-seo-blog

Selain itu, kita bisa mengoptimasi gambar dengan merubah nama filenya sebelum kita upload ke dalam blog. Ubar juga ukurannya menjadi lebih kecil agar tidak memberatkan loading blog. Sekalian masukkan keyword sebagai watermark. 

Katanya, saat ini google sudah mulai mengenali gambar, terutama pada youtube. Oleh sebab itulah, thumbnail youtube saat ini selalu disertai tulisan. Semoga saja blog juga berlaku hal yang sama. Jadi kita bisa semakin memaksimalkan gambar untuk optimasi seo blog.

Penggunaan Template Premium Yang Seo Friendly

Apa hubungannya template dengan seo blog ? Mungkin ada yang bertanya seperti itu. 

Awalnya, saya membeli template premium itu untuk mempercantik tampilan blog biar lebih menarik. Saat mau beli template, saya searching di google tentang tema blog yang bagus. Dan saya banyak menemukan artikel yang membahasnya.

Dari sinilah saya mendapatkan informasi bahwa template premium yang bagus adalah yang sudah teroptimasi. Jadi bukan hanya tampilan yang bagus, kita harus memperhatikan kecepatan loading template, kerapihan, dan lainnya. 

Saya membuat artikel secara terpisah yang membahas tentang template premium. Sobat bisa membacanya DISINI

Optimasi Seo Blog dari Luar

Seo off page Adalah serangkaian optimasi dari luar website dengan tujuan mendapatkan pengunjung. Bukan itu saja, jenis optimasi seo ini bertujuan untuk memperkenalkan blog dengan mesin pencari. 

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan Misalnya dengan mendapatkan backlink dari situs lain, share ke media sosial, berkomentar di blog lain, membagikan artikel di forum blogger, quest post dan cara lainnya untuk menempatkan link menuju website atau blog yang kita miliki.

Media sosial dan Forum

Cara yang paling umum untuk memperkenalkan blog dan mendapatkan pengunjung. Kita bisa membagikan postingan ke media sosial. Kita bisa memanfatkan facebook, twitter, instagram, pinterest, linkedin dan jenis media sosial lainnya.

Tapi ingat, jangan berkomentar dengan menyertakan link secara membabi buta. Karena hal ini dapat menyebabkan akun medsos kita dikenal sebagai tukang spam. Bukan pengunjung yang didapatkan, malah dilaporkan pengguna lain. 

Kita bisa melakukan pendekatan terlebih dahulu. Misalnya dengan memberikan tips, memberikan solusi permasalahan, bercanda dan apapun untuk saling mengenal di media sosial. Jika kehadiran kita sudah dianggap, barulah sesekali membagikan link jika ada permasalahan yang memang sudah kita tulis dalam blog.

Satu lagi, hati-hati saat membagikan link di media sosial. Apalagi di grup blogger. Karena bisa saja blog kita kena jingling oleh orang iseng. Bukan berprasangka buruk terhadap blogger, tapi kejadian seperti ini sudah sangat sering.

BlogWalking

seo-pada-blog

Blogwalking adalah kegiatan yang kita lakukan dengan mengunjungi blog lain dengan tujuan tertentu. Misalnya mencari ide tulisan, bersosialisasi, mencari bantuan, mendapatkan pengunjung atau bisa kita gunakan untuk mendapatkan backlink.

Aktivitas BW ini bisa memberikan dampak yang positif terhadap seo blog jika dilakukan dengan benar. Kita bisa mendapatkan pengunjung bahkan backlink. Tapi jangan spam ya, berkomentar sesuai topik. 

Ada sedikit tips untuk menarik perhatian pengunjung blog dan admin blog. Kita bisa memberikan pertanyaan di kolom komentar, siapa tau admin tertarik untuk menjawabnya. Selain pertanyaan, kita juga bisa memberikan komentar koreksi. Misalnya ada kesalahan penulisan. Siapa tau admin penasaran dengan komentar kita. Dan melihat profil blog kemudian berkunjung ke blog kita.

Menjadi Penulis Tamu

Salah satu cara untuk menempatkan backlink adalah dengan menjadi penulis tamu pada blog lain. Biasanya admin akan mengizinkan memasukkan satu link yang bisa kita pakai untuk mendapatkan backlink sekaligus trafik.

Saat ingin menjadi penulis tamu, usahakan blog satu tema. Biar backlinknya berkualitas tinggi. Cari mendapatkan backlink ini juga tidak bisa kita lakukan secara membabi buta. Kita tetap harus memperhatikan kualitas konten yang akan kita kirim. 

Pemilihan blog tempat membuat artikel juga harus kita seleksi. Jangan sampai menulis pada blog yang memiliki spam score tinggi. Kita bisa melakukan pengecekan menggunakan tools yang banyak tersedia di internet. 

Membuat Backlink Untuk Memperkuat Seo

WARNING !!!!
Lakukan cara ini dengan hati-hati dan benar. Kesalahan bisa saja terjadi yang dapat mengakibatkan blog kita kena pinalti dari mbah Google.

Membuat backlink bukan urusan yang mudah. Memerlukan waktu yang cukup panjang. Kita tidak bisa membuat backlink dengan cepat dan dalam waktu singkat.

Ada beberapa tips untuk membuat backlink. Salah satunya adalah dengan mencari link mati pada sebuah website atau blog. Kita dapat menghubungi pemilik blog untuk melakukan penggantian link yang sudah tidak aktif dengan link artikel blog kita. Tap ingat, kita sudah menyiapkan artikel yang berkualitas sebagai link pengganti.

Kita bisa menghubungi pemilik blog tersebut atau penulisnya. Cara ini memang sangat sulit mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Toh kita hanya mengirimkan email perkenalan dan meminta pemasangan referensi artikel untuk menunjang tulisan mereka. Inilah yang mengharuskan kita menyiapkan konten yang benar-benar berkualitas dan lengkap agar mereka suka rela memberikan backlink. 

Salah satu cara untuk mendapatkan backlink untuk meningkatkan seo blog adalah dengan membuatnya.Dan cara ini banyak dilakukan oleh blogger walau penuh resiko. Blog bisa saja kena penalti oleh google dilakukan sembarangan. Apalagi jika membuat backlink pada situs yang sudah deteksi spam. Hindari membuat backlink pada situs yang memiliki spam score tinggi. 

Lihat saja, situs tempat pembuatan backlink dengan cara membuat komentar. Pasti spam skor nya sangat tinggi. Saya sendiri tidak menghindari website yang memiliki spam score di atas 10%. Walau katanya masih aman, lebih baik kita menghindarinya. 

Untuk blog ini, saya sudah berusaha untuk memblokir link spamnya. Tapi tetap aja masih banyak. Padahal sudah saya disapprove. Mungkin membutuhkan waktu.

Hati-hati jika ingin membeli backlink. Alih-alih ingin meningkatkan seo blog, malah akan merusak jika melakukan pembelian backlink pada tempat yang salah. Saat ini sangat banyak website yang menyediakan layanan ini. Sekali lagi, hati-hati. Karena banyak website yang menjual backlink yang berkualitas rendah.

Sebenarnya saya belum layak untuk memberikan tips seperti ini. Karena saya sendiri belum bisa melakukannya dengan baik. Jika sobat ingin belajar tentang backlink lebih jauh, saya hanya bisa merekomendasikan website yang banyak membahas tentang backlink untuk mengoptimasi seo blog. Silahkan Sobat Klik DISINI untuk mencobanya.

Posting Komentar untuk "Penerapan SEO pada blog untuk pemula dengan mudah dan tepat"