Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membangun Blog Untuk Pemula | PENTING !! Apalagi Buat Yang Jomblo

Daftar Isi Artikel Tahapan ID [Klik Disni Untuk Melihatnya]

membangun-blog-untuk-pemula
Pada postingan sebelumnya Tahapan ID sudah membahas tentang cara membuat blog. Itu merupakan tahap awal. Selanjutnya adalah membangun blog. 


Nah, postingan ini cocok banget karena kita bisa belajar bareng dan saling memberikan tips. Baik itu dari segi cara menulis artikel ataupun cara mendapatkan pengunjung blog.

Tahapan ID sudah merangkum beberapa hal yang harus dilakukan untuk membangun blog biar banyak pengunjung. Mendapatkan banyak trafik dan bisa menghasilkan uang dari blog

Mungkin semua akan sepakat bahwa membangun blog bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika ingin menargetkan mendapat penghasilan dari blog. Makin sulit dan membutuhkan perjuangan, waktu, tenaga bahkan biaya. 

Tapi bukan berarti tidak bisa. Untuk itulah, Tahapan ID sudah merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membangun blog yang sobat baru buat.

Tips Membangun Blog Untuk Pemula

Saat membaca kisah blogger yang sudah sukses, semangat ngeblog langsung timbul. Bukan hanya yang sudah memiliki blog, yang belum juga jadi tergiur untuk membuatnya. 

Jangan hanya berpatokan kepada penghasilannya saja, seharusnya kita juga mempelajari perjuangan blogger tersebut. Bagaimana dia memulai dan membangun blog tersebut. 

Silahkan cari di google, begitu banyak kisah blogger yang bisa membuat semangat ngeblog karena tergiur dengan penghasilan mereka. 

Kita juga bisa seperti mereka, tapi membutuhkan waktu dan perjuangan. Jika ada cita-cita untuk menghasilkan uang dari blog, postingan ini sangat cocok untuk di baca sampai selesai.

Menikmati Proses Membangun Blog

Sebagai blogger pemula, perjalanan masih sangat panjang. Proses ini akan memakan waktu yang tidak sedikit. Untuk itulah, harus santai dan jalani aja proses ini dengan baik. Perlahan tapi terus berusaha untuk menyajikan konten yang bermanfaat.

Namanya juga baru memulai ngeblog. Pengunjung masih puluhan setiap hari. Jangan putus asa karena nantinya akan meningkat seiring umur blog dan banyaknya konten yang dibuat untuk memuaskan minat baca pengunjung blog.

Dalam proses membangun blog akan banyak rintangan yang akan kita hadapi. Biasanya tentang ide tulisan yang semakin hari semakin susah untuk didapatkan. Kadang otak ini berasa tidak mampu berpikir. Mau nulis apa lagi, akhirnya bingung sendiri.

Biar bisa selalu mendapatkan ide yang segar untuk ditulis, Tahapan ID pernah membuat satu postingan bagaimana cara  mendapatkan ide untuk menulis artikel saat masih proses membangun blog. Baca DISINI

Bukan hanya ide, tantangan selanjutnya adalah trafik blog. Kadang merasa bosan menulis artikel karena sedikit sekali yang membacanya. 

Padahal sudah semaksimal mungkin menyajikan konten yang bermanfaat. Jangan mengeluh, sabar saja dan terus bikin artikel sebanyak mungkin. Tapi tetap memperhatikan kualitas ya….

Kalau konten sudah banyak dan pembaca masih sedikit. Jangan kecewa. Ini salah satu proses yang harus kita nikmati. Lihat ke belakang kembali, apa kekurangan dari blog kita dan perbaiki secara perlahan.

Pernah ga merasa konten kita lebih lengkap dan rinci tapi tidak mendapatkan trafik karena tidak muncul di halaman satu. Tapi ada artikel yang biasa saja namun nangkring di halaman depan google mengalahkan konten kita. Sakit banget kan ? HA HA HA

Coba cek DA/PA blog tersebut. Biasanya udah gede. Jika iya, berarti kita harus belajar bagaimana caranya bisa seperti mereka. Dan ini adalah salah satu proses yang harus kita nikmati sambil membangun blog.

tips-membangun-blog-untuk-pemula

Membangun Blog Dengan Konsisten

Seperti yang Tahapan ID sudah singgung pada point sebelumnya. Ada masanya kita merasa jenuh, tidak ada ide atau malas untuk ngeblog. Jangan biarkan ini berlarut-larut. Bangkitkan lagi semangat.

Mungkin butuh waktu untuk  istirahat. Melupakan sejenak proses membangun blog yang semakin berat. Tinggalkan sejenak dan jangan lupa kembali lagi dengan semangat baru. Kembali ngeblog dengan pemikiran yang lebih jernih.

Konsisten membangun blog memang sangat penting. Tapi jangan terlalu dipaksakan. Takutnya malah semangat ngeblog hilang kemudian pasrah dan menyerah HU HU HU

Kalau lagi tidak ada ide untuk menulis, jangan terlalu dipaksakan menulis. Kita tetap bisa update blog. Bisa dengan memperbaiki kesalahan ketik pada artikel, menambahkan gambar, membuat backlink dan sebagainya yang bisa memperlihatkan kepada google bahwa blog kita selalu update setiap hari.

Sangat jarang blogger yang mampu setiap hari menulis artikel selama bertahun-tahun. Solusinya bisa seperti tadi jika tidak ada ide tulisan. Yang penting blog terlihat aktif di mata Google.

Banyak Belajar Tentang Blog

Seperti saya singgung sebelumnya bahwa proses membangun blog membutuhkan waktu yang panjang. Perlu pengorbanan waktu, tenaga bahkan biaya. Harus rela bersusah-susah dahulu entah senang kapan tau. Tidak ada yang bisa memastikan kapan blog akan dianggap berhasil.

Walau tidak pasti waktunya, selama tetap mau belajar dan berusaha pasti akan ada hasilnya. Tidak ada perjuangan yang sia-sia. Cuma waktu yang akan menjelaskannya….cie….

Belajar Seo

Salah satu hal yang wajib untuk dipelajari adalah seo. Karena ini merupakan salah satu senjata yang akan dipakai untuk membangun blog. Dengan teknik seo, sangat mungkin blog dapat tumbuh dengan baik.

Jika menerapkan unsur seo kedalam artikel blog, tentu artikel akan menjadi terarah. Seo bisa menjadi benang merah agar pembahasan tidak keluar jalur. Selain itu, dengan menerapkan unsur seo akan mempermudah penulisan artikel.

Tertarik untuk belajar seo ? Saya sudah membuat postingannya secara terpisah dan lebih lengkap. Sangat cocok untuk blogger pemula karena saya hanya membahas konsep dasarnya saja. ini artikelnya Penerapan Seo pada Blog

Belajar Membuat Backlink

Konten adalah raja dan Backlink merupakan ratunya. Sangat cocok jika keduanya bersatu membangun sebuah kerajaan. Kerajaan blogger HA HA HA HA

Pernahkan dengar istilah seperti diatas tadi. Jika iya, berarti sudah paham betapa pentingnya backlink dalam membangun blog. Blog akan seperti ada yang kurang jika tidak pernah membuat backlink.

Kalau cuma berharap dari kerelaan website lain memberikannya, rasanya sangat sulit. Walau banyak artikel kita yang bermanfaat, belum tentu ada orang yang akan memberikan backlink secara cuma-cuma.

Jadi bagaimana cara mendapatkan backlink ?

Saya rasa tidak susah untuk dijawab, tapi tidak mudah untuk dilakukan. Cara mendapatkan backlink dengan cepat adalah dengan cara membuat atau membelinya. Saya rasa kedua cara ini yang akan lebih cepat untuk mendapatkannya.

Jika tidak mau melakukan keduanya, coba dengan cara yang ketiga. Buat program afiliasi. Dan tentu saja harus memiliki produk yang populer untuk bisa melakukan hal ini. Kalau bisa melakukan ini, tentu saja akan banyak link yang menuju blog kita. Tapi rada sulit sih….

Yang lebih simple adalah dengan cara membuat atau membeli backlink. Inilah sebabnya banyak blogger yang menyediakan jasa pembuatan backlink. 

Karena banyak blogger baru seperti saya membutuhkan backlink. Saya tidak akan membahas cara membuat backlink, karena blog saya sendiri aja masih belepotan dalam hal ini.

Bagi yang berminat belajar tentang cara membuat backlink, silahkan kunjungi BLOG INI. Disana banyak dibahas bagaimana cara membuat dan mendapatkan backlink.

Belajar Menulis Artikel

Saya sebagai pemilik blog, masih dalam tahap ini. Masih dalam proses belajar menulis. Bagaimana cara untuk membuat artikel dengan baik agar blog mendapatkan banyak pembaca.

Sambil belajar, yang paling penting adalah rajin menulis artikel. Anggap saja sebagai latihan biar bisa meningkatkan kualitas tulisan. 

Saya sedang fokus melakukan ini. Menulis setiap hari. Apa saja yang ada dalam otak saya, maka itu yang saya tulis. 

Kalau lagi ga ada ide, saya nulis curhatan aja yang panjang. Terus publish di blog yang memang dibuat untuk menampung curhatan saya HA HA HA HA

Tapi beneran, saya membuat satu blogspot yang khusus memuat curhatan saya kalau lagi gabut. Anggap saja sebagai latihan ngetik sama nulis. Pernah saya baca sendiri tuh blog, sampai malu ngebacanya. Untung jarang ada yang baca. Hi Hi Hi

Perbanyak Membaca Blog Lain

Internet adalah jendela dunia, mungkin sekarang peribahasanya sudah seperti ini. Kalau salah di maafin aja. Kalau amatiran yang nulis, emang suka ngasal.

Dari serpihan peribahasa tadi, kita bisa jadikan internet untuk menimba ilmu. Bacaan seperti apa saja ada. Tinggal mau pilih yang seperti apa.

Kalau lagi tidak ada ide yang bisa diketik, biasanya saya mulai berlayar di dunia maya dan singgah ke blog-blog para master. Belajar disana. Siapa tau menemukan ide tulisan. Tapi jangan sesekali melakukan copas ya…. Berbahaya…. Takutnya ketagihan HA HA HA

Jangan Terobsesi Dengan Uang Saat Membangun Blog

Mau cari uang dengan menjadi blogger ? Boleh saja, tapi jangan terlalu nafsu. Takutnya kecewa. Karena mendapatkan uang di blog itu tidak mudah. 

Bagusnya lebih baik fokus membangun blog terlebih dahulu, kalau sudah banyak pengunjungnya, baru dipikirkan lagi cara yang tepat untuk mendapatkan uang dari blog.

Banyak blogger yang berhenti ngeblog karena tujuannya hanya mencari uang. Saat menemukan banyak rintangan, akhirnya meninggalkan dunia blog. 

Akhirnya blog tidak terurus kemudian domainnya tidak diperpanjang lagi. Atau blog di tukar dengan gopay he he 

Menjadi Diri Sendiri

Saya lagi belajar ini. Menjadi diri sendiri dalam mengelola blog. Tapi kayaknya sedikit sulit. Karena kepikiran juga, apa nantinya tulisan bisa diterima. Jangan takut, ini kan blog kita sendiri, Kenapa harus jadi orang lain.

Di artikel-artikel sebelumnya, sebagian besar saya menulis menjadi orang lain. Setelah dibaca ulang. Terus terang saya tidak menyukainya. Perlahan aja, nanti akan saya ganti sesuai dengan diri saya sendiri.

Bagi yang baru mulai ngeblog, ini penting banget. Menulis dengan dengan gaya sendiri. Jangan seperti saya, banyak menulis dengan mengikuti tulisan orang lain. Akhirnya bingung mau edit semua artikel. 

Terus dan Terus Membangun Blog

Kalau sudah membuat blog dan terlanjur terjun ke dunia blogging. Jangan sampai menyerah. Teruslah menulis dan membagikan apa yang kita punya. 

Berbagi ilmu tidak ada ruginya. Minimal kita mendapatkan pahala. Tapi berbagi hal yang positif. Jangan link 19 detik yang di share, ntar malah kebagian dosanya.

Saya rasa cukup segini aja dulu. Terima kasih sudah mau mampir. Kalau masih ada yang kurang, boleh ditambahkan komentar biar tips membangun blog ini semakin lengkap. 

Posting Komentar untuk "Tips Membangun Blog Untuk Pemula | PENTING !! Apalagi Buat Yang Jomblo"